(Mesin Pencari Google)





Vertigo



Vertebral basilar insufficiency

Vertebral basilar insufficiency terjadi ketika ada penyempitan dari arteri-arteri yang mensuplai posterior brain (subclavian, vertebral, atau basilar arteries). Ia biasanya adalah akibat dari pengerasan arteri-arteri (atherosclerosis), dan terjadi diantara pasien-pasien yang lebih tua dari umur 50 tahun. Arteri-arteri yang menyempit mengurangi aliran darah dan, oleh karenanya, oksigen ke pusat vestibular dalam otak. Karena sistim vestibular adalah sangat sensitif pada kekurangan oksigen, persoalan-persoalan keseimbangan adalah seringkali salah satu dari gejala-gejala pertama dari vertebral basilar insufficiency.

Tanda-tanda lain dari oksigen yang berkurang pada otak biasanya juga hadir. Tanda-tanda ini termasuk perubahan-perubahan visual, kelemahan, dan pingsan. Pasien-pasien cenderung menggambarkan ketidakseimbangan mereka sebagai lightheadedness yang seringkali terjadi ketika berdiri secara cepat. Faktanya, pasien-pasien jarang mendapat lightheaded atau pening ketika berbaring rata atau beristirahat dalam bangku. Mengukur kejatuhan dalam tekanan darah dan peningkatan nadi ketika pasien berdiri tegak dapat mengkonfirmasi vertebral basilar insufficiency. Penyebab-penyebab lain dari tipe kepeningan ini termasuk persoalan-persoalan jantung dan efek-efek sampingan obat.

Labyrinthitis

Labyrinthitis adalah peradangan dari telinga bagian dalam yang bertulang atau berselaput (labyrinth). Ingat bahwa telinga bagian dalam terbentuk dari komponen-komponen keseimbangan (vestibular) dan pendengaran (auditory). Labyrinth yang bertulang melingkungi dan melindungi labyrinth berselaput yang lembut. Pada umumnya, infeksi-infeksi bakteri mempengaruhi labyrinth bertulang dan infeksi-infeksi virus mempengaruhi labyrinth berselaput.

Bacterial labyrinthitis: Ada tiga tipe-tipe dari infeksi-infeksi bakteri yang dapat menjurus pada labyrinthitis: toxic labyrinthitis, acute suppurative (mengandung nanah) labyrinthitis, dan syphilitic labyrinthitis.

Pada toxic labyrinthitis, racun-racun bakteri dari telinga bagian tengah menyerang telinga bagian dalam dengan melewati (diffusing) melalui jendela yang bulat dari telinga bagian dalam. Kehilangan pendengaran dan ketidakseimbangan kedua-duanya dapat terjadi. Perawatan termasuk antibiotik-antibiotik yang diarahkan pada bakteri-bakteri, sayatan dari gendang telinga, dan pengaliran dari ruang telinga bagian tengah.

Suppurative labyrinthitis adalah relatif tidak umum. Ia adalah infeksi bakteri yang dikarakteristikan oleh penimbulan yang tiba-tiba (akut) dari vertigo yang berhubungan dengan kehilangan pendengaran. Ia seringkali adalah akibat dari infeksi-infeksi telinga bagian tengah yang kronis yang menciptakan massa yang mengeras dari puing-puing dan kolesterol (cholesteatoma). Massa yang keras mengikis kepadatan yang mengelilingi tulang dari telinga bagian dalam, dengan demikian memaparkan telinga bagian dalam pada infeksi. Sumber lain dari suppurative labyrinthitis adalah dari peradangan selaput otak (meninges) yang disebut meningitis.

Syphilitic labyrinthitis juga adalah infeksi bakteri dari telinga bagian dalam. Ia dapat hadir pada kelahiran (congenital) atau diperoleh. Gejala-gejala biasanya berfluktuasi dan berkembang secara perlahan. Namun ada kemajuan yang tak menaruh kasihan ke kehilangan pendengaran dan keseimbangan yang sangat besar atau total. Episode yang tiba-tiba (akut) dari ketulian atau dizziness (kepeningan), bagaimanapun, mugkin terjadi.

Bentuk bawaan (sejak lahir) dari syphilitic labyrinthitis mungkin mempunyai penimbulan-penimbulan gejala-gejalanya dimanapun dari kelahiran sampai umur 70 tahun. Kejadian puncak adalah antara umur 30 dan 50 tahun. Tanda-tanda lain dari congenital syphilis seringkali juga hadir, seperti peradangan mata (interstitial keratitis) yang kronis pada 90% dari pasien-pasien, Hutchinson's notched teeth, hidung bentuk pelana atau sadel, dan pembengkakan dahi (frontal bossing).

Syphilitic labyrinthitis seringkali dikacaukan dengan penyakit Meniere. Diagnosis dari syphilis ditegakan dengan menemukan tes penyerapan serum antibodi fluorescent treponemal pada pasien dengan sejarah klinis yang khas dari kehilangan pendengaran dan vertigo yang berfluktuasi dan progresif. Hasil tes serum Venereal Disease Research Laboratory (VDRL) adalah positif pada hanya 75% dari kasus-kasus, membuatnya pengujian yang tak dapat dipercaya untuk syphilitic labyrinthitis. Pemeriksaan dari cairan cerebrospinal (cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang), bagaimanapun, mungkin menunjukan tes VDRL yang positif atau kehadiran dari tipe tertentu dari sel darah putih (lymphocytes) dalam cairan. Perawatan adalah dengan dosis penicillin yang tinggi dan obat-obat tipe cortisone.

Viral labyrinthitis (vestibular neuronitis): Labyrinthitis yang disebabkan oleh infeksi virus adalah kondisi yang umum. Ia biasanya dirujuk sebagai vestibular neuronitis, viral labyrinthitis, atau viral neurolabyrinthitis. Meskipun penyebab virus untuk penyakit ini masih belum dibuktikan dengan tegas, banyak studi-studi populasi (epidemiological) dan jaringan microscoscopy (histopathological) yang dilakukan dengan baik mendukung penyebab virus. Secara khas, penimbulan yang berangsur-angsur dari vertigo, mual, dan muntah terjadi melalui waktu beberapa jam. Gejala-gejala mencapai puncak dalam waktu 24 jam dan kemudian berangsur-angsur membaik melalui waktu beberapa hari. Kebanyakan pasien-pasien mempunyai kesembuhan sepenuhnya dalam waktu 6 minggu. Perawatan diarahkan pada penekanan gejala-gejala. Ini termasuk vestibular suppressants seperti diazepam (Valium), latihan-latihan vestibular, dan hidrasi. Beberapa bukti menyarankan bahwa obat-obat dosis tinggi tipe cortisone yang diberikan pada awal penyakit dengan atau tanpa antiviral agents mungkin bermanfaat.



Alat Steril Botol Susu Bayi