(Mesin Pencari Google)





Vaksin HPV

(Human Papiloma Virus)



Apakah Manfaat Vaksin HPV Dibesar-besarkan ?

Ahli-ahli berdebat apakah pemasaran (Marketing) Gardasil memperkeruh keputusan Risiko/Manfaat

Aug. 18, 2009 Merck's Gardasil memenangkan Pharmaceutical Executive 2006 "brand of the year" award untuk "menciptakan pasar dari udara yang tipis". Namun apakah vaksin HPV terjual terlalu banyak ?

Tuduhan datang dari "special communication" dan editorial terbitan Aug. 19 dari The Journal of the American Medical Association.

Artikel-artikel mengatakan asosiasi-asosiasi medis profesional bekerja dengan Merck untuk terlalu menekankan kemampuan vaksin untuk mencegah kanker cervix -- bahkan sebelum studi-studi membuktikan Gardasil dapat mencegah luka-luka cervix prakanker.

Menjual berlebihan manfaat-manfaat vaksin HPV membuatnya tidak mungkin untuk orangtua-orangtua dan wanita-wanita muda untuk menilai atau menghakimi apakah risiko-risiko vaksin berharga untuk diambil, kata editorialist Charlotte Haug, MD, PhD, kepala editor dari Journal of the Norwegian Medical Association.

"Jika ia benar adalah vaksin yang sempurna anda tidak akan pernah memikirkan tentang kanker cervix lagi. Namun ia efektif terhadap dua dari strain-strain virus, dan disana ada paling sedikit 20 strain-strain yang menyebabkan kanker", kata Haug pada WebMD. "Adalah benar strain-strain ini menyebabkan 70% dari kanker-kanker cervix, namun apa yang terjadi ketika kita mengambil keluar dua strain-strain ini ? Jika anda membunuh rumput-rumput liar di halaman rumput anda, tidak akan selalu ada lubang disana. Sesuatu akan mengambil tempat mereka".

Hanya karena kita tidak mengetahui ini bukan berarti vaksin tidak berharga, kata Janet Englund, MD, dokter anak-anak penyakit infeksius di Seattle Children's Hospital. Englund mengetuai kelompok kerja HPV dari CDC's Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP).

"Adalah benar kita tidak mengetahui dengan pasti tentang kemampuan jangka panjang vaksin untuk mencegah kanker derajat tinggi", kata Englund pada WebMD. "Penilaian saya, sudut pandang pribadi saya, adalah ada bukti yang sangat baik untuk kedua pengurangan dari [precancerous] cervical intraepithelial neoplasia -- ia benar-benar jelas -- dan bahwa ada pengurangan dari kutil-kutil genital".

Untuk Englund, itu bukan melulu opini yang abstrak.

"Saya telah mevaksinasi anak-anak saya", kata ia. "Saya mengambil risiko-risiko dan manfaat-manfaat kedalam pertimbangan saya, dan saya pikir manfaat-manfaat melebihi risiko-risiko".

HPV, human papillomavirus, adalah infeksi yang sangat umum ditularkan melalui hubungan seks. Kebanyakan wanita-wanita dan laki-laki yang secara seksual aktif mendapatkan virus -- seringkali lebih dari sekali, dan seringkali dengan lebih dari satu strain. Biasanya, sistim imun membersihkan virus. Namun adakalanya ia menempel disekitarnya. Beberapa strain-strain dari virus menyebabkan kutil-kutil genital. Strain-strain yang lain menyebabkan kanker.

Gardasil melindungi terhadap empat dari lebih dari 100 strain-strain HPV: dua strain-strain yang menyebabkan paling banyak kanker-kanker cervix, dan dua strain-strain dihubungkan pada kutil-kutil genital. Vaksin adalah paling efektif jika diberikan pada gadis-gadis sebelum mereka menjadi aktif secara seksual. Ia dapat diberikan sedini umur 9 tahun; CDC merekomendasikannya untuk gadis-gadis berumur 11 dan 12 tahun. Vaksin berharga $300 sampai $500, namun ditutupi atau dibayar oleh U.S. Vaccines For Children program.

Gardasil dijual berlebihan oleh kelompok-kelompok medis ?

Peneliti-peneliti Columbia University, Sheila Rothman, PhD, dan David Rothman, PhD, menyarankan bahwa paling sedikit tiga asosiasi-asosiasi medis telah menggunakan dana-dana dan bantuan-bantuan lain dari Merck untuk menciptakan materi-materi pendidikan untuk dokter-dokter bukan spesialis yang mempromosikan Gardasil.

"Dokter-dokter mungkin tidak tahu bahwa pendidikan ini tidak dilakukan oleh kelompok dari ahli-ahli di lapangan namun bahwa semuanya sedang disusun/dikarang oleh pabrik obat", kata Sheila Rothman pada WebMD.

Stewart Massad, MD, kepala etik untuk American Society for Colposcopy and Cervical Pathology -- salah satu kelompok yang disebutkan oleh Rothmans -- mengatakan bahwa meskipun Rothmans benar bahwa kelompoknya mendukung vaksinasi HPV, mereka salah untuk mengatakan Merck telah menulis materi-materi pendidikan mereka.

"Vaksin HPV adalah kemajuan yang revolusioner yang menjanjikan untuk merubah cara kanker cervix dicegah", kata Massad pada WebMD. "Kita pikir anggota-anggota kita perlu tahu tentang itu. Kita mencari pendanaan dari tempat lain, namun kita telah tidak mampu untuk mencari pendanaan nonprofit atau pemerintah untuk mengisi biaya-biaya. Kita mengungkapkan dukungan Merck di semua materi-materi yang kita bagikan, dan Merck telah tidak mempunyai peran dalam menulis mereka. Mereka menyetujui konsep namun tidak diizinkan untuk mempunyai segala masukan pada materi yang dikembangkan".

Society of Gynecologic Oncologists mengatakan dalam pernyataan yang disahkan pada WebMD bahwa materi-materinya adalah tidak berprasangka (bias). Kelompok ketiga yang disebut oleh Rothmans, American College Health Association, tidak merespon pada permintaan WebMD untuk komentar.

Namun artikel Rothmans menyarankan bahwa asosiasi-asosiasi ini terlallu menekankan risiko yang diperlagakan oleh HPV dan terlalu menekankan bukti ilmiah yang mendukung kemampuan Gardasil untuk mencegah kanker.

"Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan dari infeksi-infeksi HPV adalah tanpa gejala; kebanyakan darinya hilang dengan sendirinya", kata Rothman. "Hanya 10% dari infeksi-infeksi berlanjut menjad luka-luka. Ya, kita mempunyai agent kausatif (yang menyebabkan) dan penyakit. Namun itu bukanlah garis yang lurus untuk mencapai disana. Dan apa yang dilakukan oleh perusahaan adalah menciptakan garis lurus dan mendapatkan organisasi-organisasi berjalan bersama-sama dengannya dan mengesahkannya".

Richard M. Haupt, MD, MPH, Merck's executive director of clinical research, kata Rothman adalah salah.

"Ada bukti sangat baik yang menyangkut garis yang menjurus dari infeksi HPV ke kanker". kata Haupt pada WebMD. "Jika anda tidak mendapat infeksi dengan strain-strain HPV yang menyebabkan kanker ini, anda tidak mendapat kanker cervix".

Massad mengatakan garis antara infeksi HPV dan kanker cervix mungkin adalah kabur -- namun ia adalah garis semuanya.

"Kebanyakan wanita-wanita yang mendapat HPV tidak pernah berada pada risiko untuk kanker cervix -- namun kita tidak mempunyi cara untuk memberitahu siapa yang berisiko dan siapa yang tidak berisiko", kata Massad. "Nampaknya adalah lebih baik untuk melakukan vaksinasi yang tersebar luas daripada tidak mengambil segala aksi sama sekali".

Haug mengatakan pendekatan macam ini mengabaikan biaya dari vaksin, dan risiko vaksin pada wanita-wanita yang mungkin tidak pernah mendapat kanker cervix.

Vaksin HPV, Pap Screens, dan Kanker Cervix

Rothman mencatat bahwa apakah wanita-wanita menerima vaksin atau tidak, mereka tetap perlu Pap screening yang teratur untuk mencari tanda-tanda awal dari kanker cervix. Screening memotong risiko kanker cervix mereka, dan jadi memotong manfaat dari vaksinasi HPV.

Haug mencata bahwa wanita-wanita Amerika yang mendapat kanker cervix adalah yang dengan akses yang paling sedikit ke perawatan kesehatan. Mereka yang mendapat tes-tes Pap teratur, ia katakan, tidak mungkin mendapat kanker cervix bahkan jika mereka tidak mendapatkan vaksinasi terhadap HPV.

"Kita telah mempunyai cara mencegah kanker cervix -- itu adalah titik utama, paling sedikit untuk mereka dari kita cukup beruntung mempunyai perawatan kesehatan dan menggunakannya. Jadi ini dapat dicegah tanpa vaksin", kata Haug.

Ini bukan seluruhnya benar, kata Haupt.

"Sementara Pap screening adalah intervensi yang sangat penting, ia tidak sempurna. Tidak semua wanita-wanita mendapatkan pengujian Pap, dan tidak semua wanita-wanita yang mendapat tes-tes Pap akan mendapatkan luka-lukanya terdeteksi", kata Haupt pada WebMD. "Dan bahkan dengan 50 tahun pengujian Pap, kita melihat 30 kasus-kasus kanker cervix sehari di Amerika. Vaksinasi adalah alat lain yang bersama dengan Pap screening akan berkontribusi pada pencegahan kanker. Tidak satupun akan bekerja dengan baik tanpa yang lainnya".

"Kita tetap mempunyai orang-orang yang meninggal karena kanker cervix disini di Amerika", kata Englund. "Adalah mudah untuk mengatakan kita dapat mencegah kanker cervix dengan Pap screening, namun orang-orang tidak mendapatkan Pap screens: wanita-wanita minoritas, orang-orang pribumi kita, orang-orang yang lebih miskin. Jadi jika anda bicara tentang risiko-risiko dan manfaat-manfaat, orang-orang harus menyadari bahwa beberapa tidak mempunyai manfaat dari mempunyai perawatan kesehatan yang sangat bagus yang saya nikmati karena saya mempunyai asuransi kesehatan. Namun mereka tetap mempunya risiko kanker cervix".

Risiko Gardasil

Laporan CDC -- yang nampak pada terbitan yang sama dari The Journal of the American Medical Association -- meringkas kejadian-kejadian yang buruk yang berhubungan dengan Gardasil dari persetujuannya (izinnya) Juni 2006 sampai Desember 2008.

Laporan menemukan hanya satu persoalan keamanan utama yang berharga untuk studi lebih lanjut: Mungkin ada jumlah yang lebih tinggi dari yang diharapkan dari gumpalan-gumpalan darah pada wanita-wanita yang telah menerima vaksin.

Pemimpin studi Barbara A. Slade, MD, medical officer at the CDC, mencatat bahwa laporan-laporan tidak membuktikan hubungan antara vaksin dan kejadian-kejadian yang buruk. Laporan-laporan bagaimanapun menunjuk pada risiko-risiko yang berpotensi yang memerlukan studi lebih jauh.

"Ini adalah sesuatu yang berharga untuk diperhatikan", kata Slade pada WebMD. "Sekarang hampir semua orang-orang dengan gumpalan-gumpalan darah mempunyai salah satu dari risiko-risiko yang dikenal: estrogen pengontrol kelahiran, obesitas, salah satu dari mutasi-mutasi genetik yang menempatkan anda pada risiko. Kebanyakan mempunyai satu jika tidak lebih dari satu dari risiko-risiko ini".

Studi lebih jauh akan diperlukan untuk menunjukan apakah gumpalan-gumpalan darah ini sebenarnya disebabkan oleh vaksin; studi-studi macam ini telah sedang dalam perjalanan.



Next »

Kirim Email Ke Alamat Kami

Alat Steril Botol Susu Bayi