(Mesin Pencari Google)





Nyeri Vagina

(Vaginal Pain)



Definisi Vulvodynia

Wanita-wanita dengan vulvodynia mempunyai nyeri vulva yang kronis dengan sebab yang tidak diketahui. Sampai baru-baru ini, dokter-dokter tidak mengenali ini sebagai sindrom nyeri yang nyata. Bahkan sekarang ini, banyak wanita-wanita tidak menerima diagnosis. Mereka mungkin juga tetap terisolasi oleh kondisi yang adalah tidak mudah untuk didiskusikan. Peneliti-peneliti sedang bekerja keras untuk menemukan penyebab-penyebab dari vulvodynia dan menemukan cara-cara yang lebih baik untuk merawatnya.

Tipe-Tipe Vulvodynia

Vulvodynia mempengaruhi vulva, organ-organ kelamin eksternal perempuan. Ini termasuk labia, clitoris, dan bukaan (mulut) vagina.

Ada dua subtipe-subtipe utama dari vulvodynia:

  • Generalized vulvodynia adalah nyeri di area-area yang berbeda dari vulva pada waktu-waktu yang berbeda. Nyeri vulva mungkin konstan atau terjadi sekali-sekali. Sentuhan atau tekanan mungkin atau mungkin tidak menimbulkannya. Namun ini mungkin membuat nyeri lebih buruk.
  • Vulvar vestibulitis syndrome adalah nyeri di vestibule. Ini adalah jalan masuk ke vagina. Seringkali perasaan terbakar, tipe dari nyeri vulva ini datang hanya setelah sentuhan atau tekanan, seperti sewaktu berhubungan seks.

Penyebab-Penyebab Yang Mungkin Dari Vulvodynia

Dokter-dokter tidak tahu penyebab-penyebab dari vulvodynia. Dan tidak ada bukti bahwa infeksi-infeksi, seperti penyakit-penyakit yang ditularkan melalui seks, menyebabkan vulvodynia.

Penekiti-peneliti sedang mencoba untuk menemukan penyebab-penyebab dari vulvodynia. Mereka mungkin termasuk:

  • Luka atau iritasi syaraf
  • Respon yang abnormal dalam sel-sel vulva pada infeksi atau trauma
  • Faktor-faktor genetik yang membuat vulva merespon secara buruk pada peradangan kronis
  • Hipersensitifitas pada infeksi-infeksi ragi
  • Spasme-spasme otot
  • Alergi-alergi atau iritasi pada kimia-kimia atau senyawa-senyawa lain
  • Perubahan-perubahan hormon
  • Sejarah penyalahgunaan seks
  • Penggunaan antibiotik yang seringkali

Wanita-Wanita Dengan Vulvodynia: Siapa mempunyainya ?

Wanita dari segala umur, mulai dalam umur belasannya, mungkin mempunyai vulvodynia. Tidak ada konsensus pada berapa banyak wanita-wanita mempunyai vulvodynia. Perkiraan-perkiraan dari wanita-wanita dengan vulvodynia berkisar dari 200,000 sampai 6 juta. Pernah diperkirakan terutama mempengaruhi kulit-kulit putih, wanita-wanita Amerika keturunan Afrika dan Hispanik sekarang diketahui sama terpengaruhnya.

Dampak Fisik Dan Emosi dari Vulvodynia

Vulvodynia dapat mempunyai dampak yang besar pada kehidupan wanita. Ia dapat mengganggu kemampuannya untuk mempunyai seks, latihan, sosialisasi, atau kerja. Studi National Institutes of Health (NIH) menunjukan bahwa kebanyakan wanita-wanita dengan vulvodynia merasa "tidak dapat mengendalikan diri", tidak mampu mempunyai hubungan seks, dan tidak mampu untuk menikmati hidup sepenuhnya. Jika ini adalah benar untuk anda, cari dukungan yang anda perlukan.



Alat Steril Botol Susu Bayi