(Mesin Pencari Google)





Infeksi Saluran Kencing

Orang Dewasa



Gejala-Gejala UTI

Tidak setiap orang dengan UTI mempunyai gejala-gejala, namun kebanyakan orang-orang mendapat paling sedikit beberapa gejala-gejala. Ini mungkin termasuk dorongan yang sering untuk kencing dan perasaan yang menyakitkan yang membakar pada area kantong kemih atau urethra sewaktu kencing. Adalah tidak luar biasa untuk merasa buruk dimanan-mana -- lelah, gemetar, terkuras -- dan merasakan nyeri bahkan ketika tidak sedang kencing. Seringkali wanita-wanita merasakan tekanan yang tidak menyenangkan diatas tulang pubic, dan beberapa pria-pria mengalami kepenuhan dalam rektum. Adalah umum untuk seseorang dengan infeksi kencing untuk mengeluh bahwa, meskipun dengan dorongan untuk kencing, hanya sejumlah kecil dari urin yang dikeluarkan. Urin sendiri mungkin terlihat seperti susu atau berkabut, bahkan kemerahan jika darah hadir. Normalnya, UTI tidak menyebabkan demam jika ia didalam kantong kemih atau urethra. Demam mungkin berarti bahwa infeksi telah mencapai ginjal-ginjal. Gejala-gejala lain dari infeksi ginjal termasuk nyeri di punggung atau sisi dibawah tulang-tulang rusuk, mual atau muntah

Pada anak-anak, gejala-gejala dari infeksi kencing mungkin terlewatkan atau dianggap disebaban oleh kelainan yang lain. UTI harus dipertimbangkan ketika seorang anak atau bayi nampak teriritasi, tidak makan secara normal, mempunyai demam yang tidak dapat dijelaskan yang tidak menghilang, mempunyai buang air besar yang tidak dapat ditahan, atau tidak tumbuh subur. Tidak seperti kaum dewasa, anak-anak lebih mungkin mempunyai demam dan tidak ada gejala-gejala lain. Ini dapat terjadi pada keduanya anak-anak laki-laki dan perempuan-perempuan. Anak harus dilihat oleh seorang dokter jika ada segala pertanyaan-pertanyaan tentang gejala-gejala ini, terutama perubahan pada pola kencing anak.

Mendiagnosa UTI

Untuk mencari tahu apakah anda mempunyai UTI, dokter anda akan menguji contoh dari urin untuk nanah dan bakteri-bakteri. Anda akan diminta untuk memberikan contoh urin yang "clean catch" dengan mencuci area alat kelamin dan mengambil contoh urin "aliran tengah" dalam kontainer yang steril. Metode mengambil contoh urin ini membantu mencegah bakteri-bakteri sekitar area alat kelamin masuk kedalam contoh dan membingungkan hasil-hasil tes. Biasanya, contoh dikirim ke laboratorium, meskipun beberapa tempat-tempat praktek dokter dilengkapi untuk melakukan pengujian.

Pada tes analisa urin, urin diperiksa untuk sel-sel darah putih dan merah dan bakteri-bakteri. Kemudian bakteri-bakteri ditumbuhkan dalam biakan dan diuji terhadapa antibiotik-antibiotik yang berbeda untuk melihat obat mana yang paling baik menghancurkan bakteri-bakteri. Tindakan terakhir ini disebut tes kepekaan.

Beberapa mikroba-mikroba, seperti Chlamydia dan Mycoplasma, dapat dideteksi hanya dengan biakan-biakan bakteri yang khusus. Seorang dokter mencurigai satu dari infeksi-infeksi ini ketika seorang mempunyai gejala-gejala dari UTI dan nanah dalam urin, namun biakan standar gagal utuk menumbuhkan bakteri-bakteri apa saja.

Ketika infeksi tidak hilang dengan perawatan dan terlacak pada strain yang sama dari bakteri-bakteri, dokter mungkin memerintahkan beberapa tes-tes untuk menentukan apakah sistim anda normal. Satu dari tes-tes ini adalah intravenous pyelogram, yang memberikan gambar-gambar x-ray dari kantong kemih, ginjal-ginjal, dan ureter-ureter. Zat pewarna buram yang terlihat pada film x-ray disuntikan kedalam vena, dan rentetan x-rays diambil. Film menunjukan garis bentuk dari saluran kencing, mengungkap bahkan perubahan-perubahan kecil pada struktur-struktur saluran.

Jika anda mempunyai infeksi-infeksi yang kambuh, dokter anda juga mungkin merekomendasikan pemeriksaan ultrasound, yang memberikan gambar-gambar dari pola-pola gema (echo) dari gelombang-gelombang suara yang dipantulkan dari organ-organ dalam. Tes bermanfaat yang lain adalah cystoscopy. Cystoscope adalah alat yang terbuat dari tabung yang berongga dengan beberapa lensa-lensa dan sumber cahaya, yang mengizinkan dokter untuk melihat bagian dalam dari kantong kemih dari urethra.



Alat Steril Botol Susu Bayi