(Mesin Pencari Google)





Infeksi Saluran Kencing

Orang Dewasa



Introduksi Infeksi Saluran Kencing (urinary tract infection, UTI)

Infeksi-infeksi saluran kencing adalah persoalan kesehatan yang serius yang mempengaruhi jutaan orang-orang setiap tahun.

Infeksi-infeksi saluran kencing adalah tipe yang paling umum kedua dari infeksi dalam tubuh. Infeksi-infeksi saluran kencing atau urinary tract infections (UTIs) bertanggung jawab untuk kira-kira 8.3 juta kunjungan-kunjungan ke dokter setiap tahun. Wanita-wanita adalah terutama mudah mendapat UTI-UTI untuk sebab-sebab yang masih belum dimengerti dengan baik. Satu wanita dalam lima mengembangkan UTI dalam kehidupannya. UTI-UTI pada pria-pria adalah tidak seumum seperti pada wanita-wanita namun dapat menjadi sangat serius ketika mereka terjadi.

Sistim urin (urinary system) terdiri dari ginjal-ginjal, ureter-ureter, kantong kemih, dan urethra. Elemen-elemen kunci pada sistim adalah ginjal-ginjal, sepasang organ yang berwarna coklat keunguan yang berlokasi dibawah tulang-tulang rusuk ke arah tengah dari punggung. Ginjal-ginjal mengeluarkan cairan dan pembuangan-pembuangan yang berlebihan dari darah dalam bentuk urin, mempertahankan keseimbangan yang stabil dari garam-garam dan senyawa-senyawa lain dalam darah, dan menghasilkan hormon yang membantu pembentukan sel-sel darah merah. Tabung-tabung yang sempit yang disebut ureter-ureter mengangkut urin dari ginjal-ginjal ke kantong kemih, organ seperti kantong dalam perut bagian bawah. Urin disimpan dalam kantong kemih dan dikosongkan melalui urethra.

Dewasa rata-rata mengeluarkan kira-kira satu setengah quart urin setiap hari. Jumlah dari urin bervariasi, tergantung pada cairan-cairan dan makanan-makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Volume yang terbentuk pada malam hari adalah kira-kira setengah dari yang terbentuk di siang hari.

Penyebab-Penyebab UTI

Normalnya, urin adalah steril. Ia biasanya adalah bebas dari bakteri-bakteri, virus-virus, dan jamur namun mengandung cairan-cairan, garam-garam, dan produk-produk pembuangan. Infeksi terjadi ketika organisme-organisme kecil, biasanya bakteri-bakteri dari saluran pencernaan, melekat pada bukaan dari urethra dan mulai membiak (berlipatganda). Urethra adalah tabung yang mengangkut urin dari kantong kemih keluar tubuh. Kebanyakan infeksi-infeksi timbul dari satu tipe bakteri, Escherichia coli (E. coli), yang normalnya hidup dalam usus besar (colon).

Pada banyak kasus-kasus, bakteri-bakteri pertama berjalan ke urethra. Ketika bakteri-bakteri berlipatganda, infeksi dapat terjadi. Infeksi yang terbatas pada urethra disebut urethritis. Jika bakteri-bakteri bergerak ke kantong kemih dan berlipatganda (berbiak), infeksi kantong kemih, disebut cystitis, terjadi. Jika infeksi tidak segera dirawat, bakteri-bakteri mungkin kemudian berjalan lebih jauh keatas ke ureter-ureter untuk berbiak dan menginfeksi ginjal-ginjal. Infeksi ginjal disebut pyelonephritis.

Mikroorganisme-mikroorganisme yang disebut Chlamydia dan Mycoplasma mungkin juga menyebabkan UTI-UTI pada keduanya pria-pria dan wanita-wanita, namun infeksi-infeksi ini cenderung untuk tetap terbatas pada urethra dan sistim reproduksi. Tidak seperti E. coli, Chlamydia dan Mycoplasma mungkin ditularkan secara seksual, dan infeksi-infeksi memerlukan perawatan dari kedua pasangan.

Sistim urin tersusun dalam cara yang membantu menghindari infeksi. Ureter-ureter dan kantong kemih normalnya mencegah urin berbalik naik menuju ginjal-ginjal, dan aliran urin dari kantong kemih membantu mencuci bakteri-bakteri keluar dari tubuh. Pada pria-pria, kelenjar prostat menghasilkan sekresi-sekresi yang memperlambat pertumbuhan bakteri. Pada kedua jenis kelamin, pertahanan-pertahanan imun juga mencegah infeksi. Namun meskipun dengan penjagaan-penjagaan ini, infeksi masih terjadi.



Alat Steril Botol Susu Bayi