(Mesin Pencari Google)





Pertumbuhan Kandungan

(Uterine Growths)



Definisi Adenomyosis

Adenomyosis adalah pertumbuhan dari jaringan kandungan dari satu lapisan tertentu kandungan (kelenjar-kelenjar endometrial) kedalam lapisan "yang salah" (lapisan otot, disebut myometrium). Ia adalah kondisi yang tidak berbahaya, namun ia dapat membesarkan kandungan yang mempresentasikan sebagai pertumbuhan. Adenomyosis adalah serupa pada endometriosis, yang adalah pertumbuhan dari sel-sel yang serupa pada yang dari bagian dalam kandungan (sel-sel endometrial), pada lokasi diluar kandungan. Pada adenomyosis, pertumbuhan abnormal dari sel-sel endometrial terjadi didalam lapisan otot dari kandungan.

Penyebab dari adenomyosis tidak dimengerti dengan baik. Beberapa peneliti-peneliti percaya bahwa operasi-operasi sebelumnya pada kandungan (termasuk kelahiran-kelahira Cesarean) dapat menyebabkan sel-sel endometrial (lapisan kandungan) untuk menyebar dan tumbuh pada lokasi yang abnormal (laisan otot dari dinding kandungan). Kemungkinan lain adalah bahwa adenomyosis timbul dari jaringan-jaringan dalam dinding kandungan sendiri yang mungkin telah mengendap disana selama perkembangan dari kandungan.

Adenomyosis adalah lebih umum setelah kelahiran anak.

Gejala-Gejala Dari Adenomyosis

Adenomyosis mungkin tidak menghasilkan segala gejala-gejala, meskipun beberapa wanita-wanita mungkin mengalami:

  • perdarahan yang berlebihan,
  • periode-periode menstruasi yang menyakitkan,
  • perdarahan diantara periode-periode, dan
  • hubungan seksual yang menyakitkan.

Mendiagnosa Adenomyosis

Diagnosis yang benar dari adenomyosis hanya mungkin dengan pemeriksaan mikroskopik aktual dari jaringan kandungan. Ini berarti bahwa ia akhirnya didiagnosa setelah hysterectomy. Adakalanya hasil-hasil dari pemeriksaan fisik dan/atau pemeriksaan ultrasound mungkin menyarankan kehadiran dari adenomyosis.



Alat Steril Botol Susu Bayi