(Mesin Pencari Google)





Fibroid Kandungan

(Uterine Fibroids)



Definisi Fibroid-Fibroid Kandungan (Uterine Fibroids)

Uterine fibroids (juga dirujuk sebagai uterine leiomyomata, uterine leiomyomas, atau uterine myomas) adalah tumor-tumor jinak yang memulai didalam kandungan (uterus). Meskipun mereka tersusun dari serat-serat otot halus (smooth muscle) yang sama seperti dinding kandungan (myometrium), mereka adalah banyak kali lebih rapat daripada myometrium yang normal. Uterine fibroids biasanya adalah bundar atau setengah bundar dalam bentuknya.

Uterine fibroids seringkali digambarkan berdasarkan pada lokasi mereka didalam kandungan (uterus). Subserosal fibroids berlokasi dibawah serosa (selaput pelapis pada bagian luar dari organ). Ini seringkali nampak terlokalisir pada permukaan luar dari kandungan atau mungkin menempel pada permukaan luar oleh suatu pedicle. Submucosal (submucous) fibroids berlokasi didalam rongga kandungan dibawah pelapis dari kandungan. Intramural fibroids berlokasi didalam dinding yang berotot dari kandungan (uterus).

Mengapa Wanita-Wanita Mengembangkan Uterine Fibroids dan Berapa Umum Mereka ?

Kita tidak mengetahui persisnya mengapa wanita-wanita mengembangkan tumor-tumor ini. Kelainan-kelainan genetik, perubahan-perubahan dalam ekspresi faktor pertumbuhan (protei-protein yang terbentuk dalam tubuh yang mengarahkan kecepatan dan luas dari perkembangbiakan sel), kelainan-kelainan dalam sistim vaskuler (pembuluh darah), dan respon jaringan pada luka telah semuanya disarankan memainkan suatu peran dalam perkembangan fibroid-fibroid.

Sejarah keluarga adalah suatu faktor kunci, karena seringkali ada sejarah dari fibroid-fibroid yang berkembang pada wanita-wanita dari keluarga yang sama. Ras (bangsa) juga nampak memainkan suatu peran. Wanita-wanita dari keturunan Afrika adalah dua sampai tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan fibroid-fibroid daripada wanita-wanita dari ras-ras lain. Kehamilan dan meminum obat-obat pencegah kehamilan keduanya mengurangi kemungkinan bahwa fibroid-fibroid akan berkembang. Fibroid-fibroid telah tidak diamati pada gadis-gadis yang masih belum mencapai pubertas (masa remaja), namun gadis-gadis remaja mungkin jarang mengembangkan fibroid-fibroid.

Secara keseluruhan, tumor-tumor ini adalah cukup umum dan terjadi pada sampai dengan 50% dari semua wanita-wanita. Kebanyakan dari waktu, uterine fibroids tidak menyebabkan gejala-gejala atau persoalan-persoalan, dan seorang wanita dengan suatu fibroid biasanya tidak menyadari kehadirannya.



Alat Steril Botol Susu Bayi