Warna-Warna Feces


Perdarahan Usus Merubah Warna Feces

Satu proses internal yang penting yang dapat merubah warna feces adalah perdarahan kedalam usus-usus. Feces mungkin berubah jadi hitam karena perubahan-perubahan kimia pada hemoglobin dalam darah disebabkan, sebagian, oleh aksi dari enzim-enzim usus, terutama jika perdarahannya lebih cepat dan ada sejumlah besar hemoglobin didalam usus-usus. Perubahan warna ke hitam juga adalah lebih mungkin jika perdarahan terjadi di usus bagian atas karena ada lebih banyak waktu untuk perubahan-perubahan kimia pada hemoglobin terjadi ketika darah berjalan melalui usus-usus.

Feces yang hitam yang disebabkan oleh perdarahan juga adalah "lengket" (ber-ter) dan tercium bau. Karakteristik-karakteristik yang terakhir ini membantu membedakan feces-feces hitam yang disebabkan oleh perdarahan dari feces-feces hitam yang disebabkan oleh proses pencernaan dari obat-obat yang mengandung besi atau bismuth, contohnya, bismuth subsalicylate (Pepto Bismol).

Pada sisi lain, perdarahan yang terjadi pada bagian bawah dari usus-usus, terutama pada usus besar (colon), kemungkinannya menyebabkan feces-feces yang berwarna merah atau maroon karen waktunya sedikit untuk terjadinya perubahan-perubahan kimia pada hemoglobin.

Hal-Hal Lain Yang Dapat Menyebabkan Perubahan-Perubahan Warna Dari Feces

Proses internal lain yang mungkin merubah warna dari feces namun yang adalah kurang umum daripada perdarahan adalah penyakit pancreatic. Pankreas mengeluarkan enzim-enzim kedalam usus-usus yang membantu pencernaan dari lemak, protein, dan Karbohidrat-karbohidrat. Ketika enzim-enzim pankreas tidak hadir dalam usus, lemak tidak sepenuhnya dicerna. Jika isi dari lemak yang tak tercerna adalah cukup tinggi, feces mungkin menjadi warna kekuning-kuningan. Feces juga nampak "berminyak" dan tercium bau. Penyakit-penyakit pankreas yang paling umum yang menyebabkan ini adalah tumor-tumor pankreas yang menghalangi saluran pankreas yang melaluinya enzim-enzim mencapai usus-usus dan pankreatitis kronis, biasanya disebabkan oleh kerusakan dari pemasukan alkohol yang berlebihan, yang menghancurkan kemampuan pankreas untuk membuat enzim-enzim. Jika ada keduanya darah dan lemak yang tak tercerna dalam feces, feces mungkin menjadi warna perak.

Beberapa unsur-unsur yang dimakan dapat merubah warna feces. Obat-obat yang mengandung besi dan bismuth, contohnya, Pepto Bismol, merubah feces menjadi hitam. Beets dan kemungkinan beberapa sayur-sayuran dan buah-buahan merah lain dapat merubah feces menjadi warna kemerahan. Zat-zat pewarna makanan yang digunakan untuk mewarnai makanan-makanan juga mungkin mewarnai feces.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah