(Mesin Pencari Google)





Sel-Sel Induk

(Stem Cells)



Definisi Stem Cells (Sel-Sel Induk)

Stem cells adalah sel-sel yang mempunyai potensi untuk berkembang kedalam bayak tipe-tipe sel yang berbeda atau khusus. Stem cells dapat dipikirkan sebagai sel-sel yang primitif, "tidak khusus" yang mampu untuk membelah dan menjadi sel-sel yang khusus dari tubuh seperti sel-sel hati, sel-sel otot, sel-sel darah, dan sel-sel lain dengan fungsi-fungsi khusus. Stem cells dirujuk sebagai sel-sel "undifferentiated" karena mereka masih belum mewajibkan diri pada tapak perkembangan yang akan membentuk jaringan atau organ yang spesifik. Proses perubahan kedalam tipe sel yang spesifik dikenal sebagai differentiation. Pada beberapa area-area dari tubuh, stem cells membelah secara teratur untuk memperbaharui dan memperbaiki jaringan yang ada. Sumsum tulang dan sistim pencernaan (gastrointestinal tract) adalah area-area contoh dimana stem cells berfungsi untuk memperbaharui dan memperbaiki jaringan.

Contoh yang paling baik dan paling siap dimengerti dari stem cell pada manusia-manusia adalah yang dari telur yang dibuahi, atau zygote. Zygote adalah sel tunggal yang dibentuk oleh persatuan dari sperm dan ovum. Sperm dan ovum setiapnya membawa setengah dari materi genetik yang diperlukan untuk membentuk individu baru. Sekali sel tunggal itu atau zygote mulai membelah, ia dikenal sebagai embryo. Satu sel menjadi dua, dua menjadi empat, empat menjadi delapan, delapan ke enam belas, dan seterusnya; melipatganda secara cepat hingga ia akhirnya menciptakan organisme yang canggih keseluruhannya. Organisme, seseorang, adalah struktur yang ruwet sekali terdiri dari banyak, banyak, milyaran sel-sel dengan fungsi-fungsi bermacam-macam seperti mata-mata anda, jantung anda, sistim imun anda, warna kulit anda, otak anda, dll. Semua dari sel-sel khusus yang membentuk sistim-sistim tubuh ini adalah keturunan-keturunan dari zygote yang asli, stem cell dengan potensi untuk akhirnya berkembang kedalam semua jenis dari sel-sel tubuh. Sel-sel dari zygote adalah totipotent, yang berarti bahwa mereka mempunyai kapasitas untuk berkembang kedalam segala tipe dari sel dalam tubuh.

Proses dengan mana stem cells berkewajiban menjadi differentiated, atau sel-sel khusus adalah kompleks dan melibatkan pengaturan dari ungkapan gen. Penelitian sedang berjalan untuk lebih jauh mengerti peristiwa-peristiwa dan kontrol-kontrol molecular yang perlu bagi stem cells untuk menjadi tipe-tipe sel khusus.

Mengapa Stem Cells Penting ?

Stem cells menghadirkan area yang menggairahkan dalam kedokteran karena potensi mereka untuk memperbaharui dan memperbaiki jaringan yang rusak. Beberapa terapi-terapi sekarang ini, seperti transplantasi sumsum tulang, telah menggunakan stem cells dan potensi mereka untuk regenerasi (pembaharuan) dari jaringan-jaringan yang rusak. Terapi-terapi lain berada dibawah penyelidikan yang melibatkan transplantasi stem cells kedalam bagian tubuh yang rusak dan mengarahkan mereka untuk tumbuh dan differentiate kedalam jaringan yang sehat.



Alat Steril Botol Susu Bayi