Splenomegaly

(Limpa Yang Membesar)



Gejala-Gejala Dari Limpa Yang Membesar

Limpa yang membesar sendiri biasanya tidak menyebabkan gejala; gejala-gejala dari penyakit yang mendasari seringkali adalah sebab pasien mungkin mencari perawatan. Ini mungkin termasuk kelemahan dan kelelahan dari anemia, mudah berdarah dari platelet-platelet yang berkurang dalam aliran darah, atau infeksi-infeksi yang berulang dari fungsi sel darah putih yang buruk.

Bagaimanapun, ketika limpa membesar, ia dapat menekan diafragma, otot yang memisahkan ruang-ruang dada dan perut. Iritasi diafragma mungkin merujuk pada nyeri pundak kiri. Limpa yang membesar juga dapat mendorong maju perut dan menyebabkan anorexia atau kehilangan nafsu makan dan perasaan kekenyangan dini ketika waktu makan.

Karena limpa yang membesar tumbuh diluar perlindungan dari sangkar tulang rusuk ia menjadi lebih mungkin terluka, dengan demikian meningkatkan kesempatan bahwa nyeri perut mungkin terjadi.

Tergantung pada jumlah dari kerusakan limpa setelah luka, dapat terjadi perdarahan kedalam perut dengan penggelembungan (bloating) yang berhubungan, nyeri pada punggung dan pundak, dan tanda-tanda dan gejala-gejala dari shock. Ini dapat termasuk kelemahan, sesak napas, dan kulit yang dingin, lembab dan berkeringat.

Kapan Saya Harus Mencari Perawatan Medis Untuk Limpa Yang Membesar ?

Paling sering, diagnosis dari limpa yang membesar dibuat secara kebetulan oleh dokter. Biasanya tidak ada gejala-gejala yang akan membawa seorang pasien mencari dokter. Bagaimanapun, gejala-gejala yang tidak dapat dijelaskan seperti yang disebutkan diatas harus diselidiki oleh dokter.

Mendiagnosa Limpa Yang Membesar

Paling sering limpa yang membesar ditemukan secara kebetulan pada pemeriksaan fisik oleh dokter. Limpa biasanya adalah cukup kecil untuk bersembunyi dibawah sangkar tulang rusuk pada perut bagian atas. Ujung dari limpa yang membesar dapat dirasakan pada kwadran kiri bagian atas dari perut dan ketika ia berlanjut membesar ujungna bergerak menuju kwadran kanan bagian bawah. Pada beberapa orang-orang yang kurus, limpa dapat dirasakan pada perut namun normal dalam ukurannya. Limpa yang membesar berukuran kira-kira 12 sampai 20 cm (4.5 sampai 8 inches) pada dimensi apa saja sementara limpa yang lebih besar dari 20 cm (8 inches) dipertimbangkan sebagai pembesaran yang parah.

Jika ada kekhawatiran bahwa limpa membesar, tes-tes darah mungkin dipertimbangkan untuk menilai penyebab dari pembesaran. Tes-tes umum mungkin termasuk complete blood cell count (CBC) yang mencari sel-sel dara merah dan putih yang abnormal, peripheral smear untuk menilai tipe-tipe dan bentuk-bentuk dari sel-sel darah atau monospot, jika diagnosis dari infectious mononucleosis sedang dipertimbangkan. Tes-tes lain yang mengevaluasi fungsi hati dan jantung mungkin dipertimbangkan jika secara klinik diindikasikan.

Ultrasound perut, CT, atau MRI dari perut mungkin digunakan untuk mengevaluasi ukuran dari limpa dan untuk mencari kelainan-kelainan lain pada rongga perut yang mungkin dihubungkan dengan splenomegaly.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah