(Mesin Pencari Google)





Splenomegaly

(Limpa Yang Membesar)



Definisi Limpa Yang Membesar

Limpa (spleen) adalah organ yang berlokasi pada kwadran kiri bagian atas dari perut tepat dibawah diafragma dan terlindung dibawah tulang-tulang rusuk kiri bagian bawah.

Limpa mempunyai beberapa fungsi-fungsi yang penting yang melibatkan sel-sel darah dalam tubuh.

  1. Ia menyaring darah dan mengeluarkan sel-sel darah merah yang tua dan rusak, bakteri-bakteri, dan partikel-partikel lain ketika mereka lewat melalui jaringan yang ruwet dari pembuluh-pembuluh darah didalam limpa.
  2. Ia menghasilkan lymphocytes, tipe dari sel darah putih yang menghasilkan antibodi-antibodi dan membantu sistim imun.

Sistim penyaringan adalah bagian dari bubur merah sementara bubur putih dari limpa mengandung sel-sel yang berfungsi imun.

Normalnya, limpa adalah organ kecil kira-kira ukuran kepalan tangan yang kecil atau jeruk. Splenomegaly menggambarkan situasi dimana limpa membesar dalam ukurannya. (spleen+megaly=pembesaran)

Penyebab-Penyebab Dari Limpa Yang Membesar

Limpa membesar jika ia diminta untuk melakukan pekerjaan yang berlebihan dalam menyaring atau membuat sel-sel darah, jika ada aliran darah yang abnormal padanya, atau jika ia diserbu dengan sel-sel yang abnormal atau endapan-endapan.

Sel-Sel Darah Merah Abnormal: Karena limpa menyaring sel-sel darah abnormal dan mengeluarkan mereka dari sistim sirkulasi, penyakit-penyakit yang berakibat pada sel-sel merah abnormal akan menyebabkan limpa membesar. Penyakit sel sabit (Sickle), thalassemia, dan spherocytosis adalah contoh-contoh dari penyakit-penyakit yang membentuk sel-sel yang berbentuk tidak biasa yang tidak dapat dengan mudah maneuver melalui pembuluh-pembuluh darah yang kecil dan kapiler-kapiler dari tubuh. Jika mereka tidak dikeluarkan oleh limpa, sel-sel abnormal ini dapat menyebabkan gumpalan-gumpalan darah dan mengurangi sirkulasi. Bagaimanapun, mengeluarkan mereka menyebabkan limpa untuk membengkak dan membesar.

Infeksi Virus dan Bakteri: Limpa terlibat dalam pembuatan sel-sel yang melawan infeksi dan bagian dari responya itu adalah membesar. Ini secara umum terlihat pada infeksi-infeksi virus seperti infectious mononucleosis (disebabkan oleh Epstein Barr virus), AIDS dan hepatitis virus. Contoh-contoh dari infeksi-infeksi bakteri yang berhubungan dengan splenomegaly termasuk tuberculosis, malaria, dan anaplasmosis (dahulu dikenal sebagai ehrlichiosis).

Splenic vein pressure/blockage: Darah memasuki limpa melalui arteri limpa dan meninggalkannya melalui vena limpa. Jika tekanan didalam vena meningkat atau jika vena limpa menjadi terhalangi, darah tidak dapat meninggalkan limpa dan ia mungkin membengkak. Karena hubungan pada aliran darah hati, halangan vena sirosis dan portal dapat menyebabkan komplikasi-komplikasi dengan aliran darah vena dari limpa. Gagal jantung kongestif mungkin menyebabkan keduanya hati dan limpa untuk membengkak karena tekanan vena yang meningkat.

Kanker-kanker: Leukemia-leukemia dan keduanya lymphoma Hodgkins dan non-Hodgkins dapat menyebabkan limpa membesar, seperti keberagaman dari tumor-tumor lain dapat termasuk melanoma-melanoma.

Penyakit Metabolik: Penyakit-penyakit metabolik yang memperbesar limpa termasuk penyakit Niemann-Pick, Penyakit Gaucher, dan sindrom Hurler.



Alat Steril Botol Susu Bayi