(Mesin Pencari Google)





Penyakit Degenerasi

Cakram Tulang Belakang

dan Sciatica



Bentuk Tulang Belakang (Spine)

Ruas-ruas tulang belakang (vertebra-vertebra) adalah blok-blok bangunan tulang dari tulang belakang atau tulang punggung (spine). Diantara setiap bagian yang paling besar dari ruas-ruas tulang belakang ada cakram-cakram (discs). Ligamen-ligamen terletak sekitar tulang belakang (spine) dan cakram-cakram (discs). Tulang belakang mempunyai 7 vertebra-vertebra pada leher (cervical vertebrae), 12 vertebra-vertebra pada tulang belakang tengah (thoracic vertebrae), dan 5 vertebra-vertebra pada tulang belakang bawah (lumbar vertebrae). Sebagai tambahan, ditengah pantat dibawah lumbar vertebra yang kelima, adalah sakrum (sacrum) diikuti oleh tulang ekor (coccyx).

Tujuan Tulang Belakang dan Cakram-Cakramnya

Tulang belakang atau kolom vertebra atau tulang punggung yang bersifat tulang dirancang sehingga vertebra-vertebra yang ditumpuk bersama dapat menyediakan suatu struktur pendukung yang dapat digerakkan dimana ia juga melindungi sumsum tulang belakang (spinal cord, jaringan syaraf yang memanjang menuruni kolom tulang belakang dari otak) dari luka. Setiap vertebra mempunyai sebuah spinous process, yang adalah suatu penonjolan tulang dibelakang sumsum tulang belakang (spinal cord) yang melindungi jaringan serat syaraf. Vertebra-vertebra juga mempunyai suatu badan tulang yang kuat didepan dari spinal cord untuk menyediakan suatu platform yang cocok untuk menahan berat.

Cakram-cakram adalah alas-alas yang melayani sebagai bantalan antara setiap badan vertebra yang melayani untuk mengecilkan benturan (dampak gerakan) pada kolom tulang belakang. Setiap cakram dirancang seperti suatu jelly donut dengan suatu komponen pusat yang lebih lunak (nucleus pulposus). Komponen lunak ini dapat pecah atau robek atau burut (herniate) melalui cincin luar yang mengelilinginya (annulus fibrosus) dan mengiritasi jaringan syaraf yang berdekatan. Ligamen-ligamen adalah jaringan-jaringan lunak yang berserat kuat yang melekatkan dengan kuat tulang-tulang. Ligamen-ligamen melekat pada setiap vertebra-vertebra dan mengelilingi setiap cakram-cakram. Ketika ligamen-ligamen luka karena cakram mengalami kemunduran (menua), nyeri lokal pada area yang dipengaruhi dapat diakibatkan.

Definisi Penyakit Kemerosotan Cakram dan Gejala-Gejalanya

Ketika kita menua, isi air dan protein dari tulang rawan tubuh kita berubah. Perubahan ini berakibat pada tulang rawan (cartilage) yang lebih lemah, lebih mudah rusak dan lebih tipis. Karena kedua-duanya cakram-cakram dan persendian yang menumpuk/menyusun vertebra-vertebra (facet joints) adalah sebagian terdiri dari tulang rawan, area-area ini adalah pokok dari kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian melalui waktu (perubahan-perubahan degeneratif atau bersifat kemunduran). Kemunduran/kerusakkan yang berangsur-angsur dari cakram-cakram diantara vertebra-vertebra dirujuk sebagai penyakit kemerosotan cakram. Pemakaian dari tulang rawan facet dan perubahan-perubahan tulang dari persendian yang berdekatan dirujuk sebagai penyakit kemerosotan persendian facet (degenerative facet joint disease atau osteoarthritis dari tulang belakang).

Degenerasi (kemerosotan) dari cakram secara medis dirujuk sebagai spondylosis. Spondylosis dapat terlihat pada tes-tes x-ray atau MRI scanning dari tulang belakang sebagai suatu penyempitan dari ruang cakram yang normal diantara vertebra-vertebra yang berdekatan.

Degenerasi jaringan cakram membuat cakram lebih peka pada turun berok (herniation). Degenerasi cakram dapat menyebabkan nyeri lokal pada area yang dipengaruhi. Tingkat mana saja dari tulang belakang dapat dipengaruhi oleh degenerasi cakram. Ketika degenerasi cakram mempengaruhi tulang belakang leher, ia dirujuk sebagai penyakit cakram servikal (cervical disc disease). Ketika tulang belakang tengah yang dipenbgaruhi, kondisinya dirujuk sebagai penyakit cakram torasik (thoracic disc disease). Degenerasi cakram yang mempengaruhi tulang belakang lumbar dirujuk sebagai lumbago. Lumbago menyebabkan nyeri pada tulang belakang bawah dan adalah umum pada orang-orang yang lebih tua. Degenerasi arthritis (osteoarthritis dari persendian facet) juga adalah suatu penyebab dari nyeri lumbar lokal yang dapat dideteksi dengan tes x-ray sederhana. Nyeri dari degenerasi cakram atau penyakit persendian tulang belakang biasanya dirawat secara konservatif dengan panas intermittent (sebentar-sebentar), istirahat, latihan-latihan rehabilitasi, dan obat-obat untuk menghilangkan nyeri, kejang otot, dan peradangan.



Alat Steril Botol Susu Bayi