(Mesin Pencari Google)





Sakit Perut


Definisi Sakit Perut

Sakit perut adalah sakit yang dirasakan pada perut. Perut adalah suatu area anatomis yang dibatasi diatas oleh batas bagian bawah dari tulang-tulang rusuk dan diafragma, dibawah oleh tulang pelvik (pubic ramus), dan disetiap samping oleh panggul-panggul. Meskipun sakit perut dapat datang dari jaringan-jaringan dinding perut yang mengelilingi rongga perut (seperti kulit dan otot-otot dinding perut), istilah sakit perut umumnya digunakan untuk menggambarkan sakit yang berasal dari organ-organ didalam rongga perut. Organ-organ dari perut termasuk lambung, usus kecil, usus besar (colon), hati, kantong empedu, dan pankreas.

Adakalanya, sakit mungkin dirasakan pada perut meskipun itu datangnya dari organ-organ yang berdekatan pada, namun tidak dalam, rongga perut. Contohnya, kondisi-kondisi dari paru-paru bagian bawah, ginjal-ginjal, dan kandungan atau indung-indung telur (ovari-ovari) dapat menyebabkan sakit perut. Pada sisi lain, adalah juga mungkin untuk sakit dari organ-organ dalam perut dirasakan diluar perut. Contohnya, sakit dari peradangan pankreas mungkin dirasakan di belakang (punggung). Tipe-tipe yang belakangan ini disebut sakit "yang dirujukan" karena sakitnya tidak berasal dari lokasi dimana ia dirasakan. Agaknya, penyebab sakit berlokasi jauh dari dimana ia dirasakan.

Penyebab Sakit Perut

Sakit perut disebabka oleh peradangan (contohnya, radang usus buntu atau appendicitis, divertikulitis, kolitis ), oleh peregangan atau penggelembungan dari suatu organ (contohnya, halangan/rintangan dari usus, halangan dari pembuluh/saluran empedu oleh batu-batu empedu, pembengkakan hati dengan hepatitis), atau oleh kehilangan penyediaan darah pada suatu organ (contohnya, iskemik kolitis).

Untuk membuat hal-hal menjadi ruwet, bagaimanapun, sakit perut juga dapat terjadi tanpa peradangan, penggelembungan atau kehilangan penyediaan darah. Suatu contoh yang penting dari tipe sakit yang belakangan ini adalah irritable bowel syndrome (IBS). Tidak jelas apa yang menyebabkan sakit perut pada IBS, namun dipercayai disebabkan oleh kontraksi-kontraksi abnormal dari otot-otot usus (contohnya, kejang atau spasm) atau syaraf-syaraf dalam usus yang sensitifnya secara abnormal yang menimbulkan sensasi-sensasi yang menyakitkan yang tidak memadai (visceral hyper-sensitivity). Tipe-tipe sakit yang belakangan ini seringkali dirujuk sebagai sakit fungsional karena tidak ada penyebab-penyebab sakit yang jelas telah ditemukan - paling sedikit tidak sekarang.



Alat Steril Botol Susu Bayi