(Mesin Pencari Google)





Cacing Gelang

(Ringworm)


Definisi Cacing Gelang (Ringworm)

Istilah cacing gelang (ringworm) merujuk pada infeksi-infeksi jamur yang berada dipermukaan kulit. Kepercayaan dahulu adalah bahwa infeksi disebabkan oleh suatu cacing, yang adalah bukan. Itu adalah akibat dari infeksi jamur. Meskipun demikian, nama cacing gelang (ringworm) telah melekat. Beberapa dari jamur-jamur ini menghasilkan noda-noda yang bulat, namun kebanyakan tidak. Pada sisi lain, banyak noda-noda bulat adalah bukan dari jamur. Suatu pemeriksaan fisik dari kulit yang terpengaruh, evaluasi dari kikisan-kikisan kulit dibawah mikroskop, dan tes-tes kultur dapat membantu dokter-dokter membuat perbedaan-perbedaan yang memadai/tepat. Suatu diagnosis yang memadai adalah penting untuk perawatan yang sukses.

Istilah medis untuk cacing gelang adalah "tinea." Tinea mendapatkan kita kembali pada cacing-cacing. Tinea adalah nama Latin untuk suatu cacing yang tumbuh. Dokter-dokter menambah kata lain untuk mengindikasikan dimana jamur-jamur berlokasi. Tinea capitis, cotohnya, merujuk pada cacing gelang kulit kepala, tinea corporis pada jamur-jamur tubuh, tinea pedis pada jamur-jamur kaki, dan seterusnya.

Penyebab Cacing Gelang (Ringworm)

Walaupun dunia penuh dengan ragi-ragi, dan jamur-jamur, hanya sedikit yang menyebabkan persoalan-persoalan kulit. Agen-agen ini disebut dermatophytes, yang berarti "jamur kulit". Jamur kulit hanya dapat hidup pada lapisan yang mati dari protein keratin diatas kulit. Mereka jarang menyerang lebih dalam kedalam tubuh dan tidak dapat hidup pada selaput-selaput lendir, seperti yang didalam mulut atau vagina.

Sumber-Sumber Jamur Kulit

Beberapa jamur-jamur hidup hanya pada kulit, rambut, atau kuku-kuku manusia. Yang lain-lain hidup pada hewan-hewan dan hanya mengunjungi manusia-manusia kadangkala. Meski demikian lain-lain hidup di tanah. Adalah seringkali sulit atau tidak mungkin untuk mengidentifikasi sumber jamur-jamur kulit tertentu seseorang.

Panas dan kelembaban membantu jamur tumbuh dan tumbuh dengan subur, yang membuat mereka lebih umum di lekkan-lekukan kulit seperti yang diselangkangan (lipatan paha) atau diantara jari-jari kaki. Ini juga bertanggung jawab untuk reputasi mereka sebagai yang tertangkap dari tempat-tempat mandi air pancur, ruang-ruang ganti baju, dan kolam-kolam renang. Reputasi ini dilebih-lebihkan, meskipun, karena banyak orang-orang dengan "gatal joki" atau "kaki atlit" adalah bukan joki-joki maupun atlit-atlit.



Alat Steril Botol Susu Bayi