Pulmonary Embolism


Merawat Pulmonary Embolism

Tujuan-Tujuan Perawatan

Tujuan-tujuan utama dari perawatan pulmonary embolism (PE) adalah untuk:

  • Menghentikan bekuan darah dari menjadi lebih besar
  • Memcegah pembentukan bekuan-bekuan baru

Perawatan mungkin termasuk obat-obat untuk mengencerkan darah dan memperlambat kemampuannya untuk membeku. Jika gejala-gejala anda mengancam nyawa, dokter mungkin memberikan anda obat untuk melarutkan bekuan secara lebih cepat. Jarang, dokter mungkin menggunakan operasi atau prosedur yang lain untuk mengangkat bekuan.

Tipe-Tipe Spesifik Perawatan

Obat-Obat

Anticoagulants (AN-te-ko-AG-u-lants), yang adalah obat-obat pengencer darah, mengurangi kemampuan darah anda untuk membeku. Mereka digunakan untuk menghentikan bekuan-bekuan darah dari menjadi lebih besar dan untuk mencegah pembentukan bekuan-bekuan. Mereka tidak menghancurkan bekuan-bekuan darah yang telah terbentuk. (Tubuh melarutkan kebanyakan bekuan-bekuan dengan waktu.)

Anticoagulants dapat diambil sebagai suatu pil, suatu suntikan, atau melalui suatu jarum atau tabung yang dimasukan kedalam suatu vena (yang disebut suntikan intravenous, atau IV). Warfarin diberikan dalam suatu bentuk pil. Coumadin® adalah suatu nama merek yang umum untuk warfarin. Heparin diberikan sebagai suatu suntikan atau melaui suatu tabung IV.

Dokter anda mungkin merawat anda dengan keduanya heparin dan warfarin pada saat yang bersamaan. Heparin bekerja secara cepat. Warfarin memakan waktu 2 sampai 3 hari sebelum ia mulai bekerja. Sekali warfarin mukai bekerja, biasanya heparin akan dihentikan.

Wanita-wanita hamil biasanya dirawat hanya dengan heparin, karena warfarin adalah berbahaya untuk kehamilan.

Jika anda mempunyai deep vein thrombosis, perawatan dengan anticoagulants biasanya berlangsung untuk 3 sampai 6 bulan.

Jika anda terlah mempunyai bekuan-bekuan darah sebelumnya, anda mungkin memerlukan suatu periode perawatan yang lebih panjang. Jika anda sedang dirawat untuk penyakit yang lain, seperti kanker, anda mungkin memerlukan untuk mengkonsumsi anticoagulants selama faktor-faktor risiko untuk pulmonary embolism hadir.

Efek-efek sampingan yang paling umum dari anticoagulants adalah perdarahan. Ini terjadi jika obat mengencerkan darah anda terlalu banyak. Efek sampingan ini dapat mengancam nyawa. Adakalanya, perdarahan dapat terjadi internal (dalam). Ini adalah mengapa orang-orang yang dirawat dengan anticoagulants biasanya menerima tes-tes darah yang teratur. Tes-tes ini disebut tes-tes PT dan PTT, dan mereka mengukur kemampuan darah untuk membeku. Tes-tes ini juga membantu dokter memastikan anda mengkonsumsi jumlah obat yang benar. Kunjungi dokter anda segera jika anda mudah memar atau berdarah.

Thrombin inhibitors adalah suatu tipe yang lebih baru dari obat anticoagulant. Mereka digunakan untuk merawat beberapa tipe-tipe dari bekuan-bekuan darah untuk pasien-pasien yang tidak dapat mengambil heparin.

Perawatan Darurat

Ketika pulmonary embolism mengancam nyawa, dokte-dokter mungkin menggunakan perawatan-perawatan yang mengeluarkan atau memecahkan bekuan-bekuan didalam pembuluh-pembuluh darah di paru-paru. Perawatan-perawatan ini diberikan di ruang darurat atau di rumah sakit.

Thrombolytics adalah obat-obat yang diberikan untuk melarutkan suatu bekuan darah secara cepat. Mereka digunakan untuk merawat bekuan-bekuan yang besar yang menyebabkan gejala-gejala yang parah. Karena thrombolytics dapat menyebabkan perdarahan yang tiba-tiba, mereka digunakan hanya pada situasi-situasi yang mengancam nyawa.

Pada beberapa kasus-kasus, dokter mungkin menggunakan suatu kateter untuk mencapai bekuan darah. Suatu kateter adalah suatu tabung yang lentur yang ditempatkan didalam suatu vena untuk mengizinkan akses yang mudah pada aliran darah untuk perawatan medis. Kateter dimasukan kedalam selangkangan (paha bagian atas) atau lengan dan disusupkan melaui suatu vena ke bekuan di dalam paru. Kateter mungkin digunakan untuk mengeluarkan bekuan atau memasukan obat untuk melarutkannya.

Jarang, operasi mungkin diperlukan untuk mengangkat bekuan darah.

Tipe-Tipe Lain Perawatan

Ketika anda tidak dapat mengambil obat-obat untuk mengencerkan darah anda, atau ketika anda sedang mengambil pengencer-pengencer darah namun tetap berlanjut untuk mengembangkan bekuan-bekuan, dokter mungkin menggunakan suatu alat yang disebut suatu vena cava filter untuk mencegah bekuan-bekuan berjalan ke paru-paru anda. Penyaring (filter) dimasukan didalam suatu vena besar yang disebut inferior vena cava (vena yang membawa darah dari tubuh kembali ke jantung). Filter menangkap bekuan-bekuan sebelum mereka berjalan ke paru-paru. Ini mencegah pulmonary embolism, namun ia tidak menghentikan pembentukan bekuan-bekuan darah lain.

Graduated compression stockings dapat mengurangi pembengkakan kronis yang mungkin terjadi setelah suatu bekuan darah telah berkembang di sebuah kaki. Pembengkakan kaki disebabkan oleh kerusakan pada klep-klep (valves) di vena-vena kaki. Graduated compression stockings dipakai di kaki-kaki dari busur kaki ke sedikit atas atau bawah lutut. Stocking-stocking ini adalah ketat di pergelangan-pergelangan kaki dan menjadi longgar ketika mereka menaiki kaki. Ini menyebabkan suatu tekanan yang lemah lembut di atas kaki. Tekanan mencegah darah berkelompok dan membeku.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah