(Mesin Pencari Google)





Placenta Previa



Definisi Placenta Previa

Placenta previa adalah penyebab yang paling umum dari perdarahan tanpa rasa sakit pada stadium-stadium kemudian kehamilan (setelah minggu ke-20). Placenta adalah organ sementara yang menghubungkan ibu dan fetus dan mengirim oksigen dan nutrisi-nutrisi dari ibu ke fetus. Placenta berbentuk cakram dan pada masa sepenuhnya berukuran kira-kira tujuh inches dalam diameternya (garis tengahnya). Placenta melekat pada dinding kandungan (uterus). Placenta previa adalah komplikasi yang berakibat dari placenta tertanam dekat pada, atau overlying, saluran keluar dari uterus (kandungan).

Karena placenta kaya dalam pembuluh-pembuluh darah, jika ia tertanam dekat saluran keluar dari kandungan (mulut dari seviks), perdarahan dapat terjadi ketika serviks (leher rahim) melebar atau meregang.

Tipe-Tipe Dari Placenta Previa

Tip-tipe dari placenta previa termasuk:

  • Complete placenta previa terjadi ketika placenta menutupi sepenuhnya bukaan (mulut) dari kandungan ke serviks.
  • Partial placenta previa terjadi ketika placenta menutupi sebagaian mulut serviks
  • Marginal placenta previa terjadi ketika placenta berlokasi berdekatan pada, namun bukan menutupi, mulut serviks.

Istilah placenta yang terletak rendah atau placenta rendah telah digunakan untuk merujuk pada keduanya placenta previa dan marginal placenta previa. Adakalanya, istilah-istilah anterior placenta previa dan posterior placenta previa digunakan untuk lebih jauh menentukan posisi yang tepat dari placenta didalam kandungan seperti ditentukan oleh pemeriksaan-pemeriksaan ultrasound.

Siapa Yang Berisiko Untuk Placenta Previa ?

Placenta previa ditemukan pada hampir empat dari setiap 1000 kehamilan-kehamilan diluar minggu ke 20 dari kehamilan. Wanita-wanita Asia berada pada risiko yang sedikit lebih besar untuk placenta previa daripada wanita-wanita dari bangsa-bangsa lain, meskipun alasan untuk ini tidak jelas. Juga telah diamati bahwa wanita-wanita yang mengandung fetus-fetus pria berada pada risiko yang sedikit lebih besar untuk placenta previa daripada wanita-wanita yang mengandung fetus-fetus wanita.

Risiko mempunyai placenta previa juga meningkat dengan umur keibuan yang meningkat dan dengan jumlah kelahiran-kelahiran sebelumnya. Wanita-wanita yng telah mempunyai placenta previa pada satu kehamilan juga mempunyai risiko yang lebih besar untuk mempunyai placenta previa pada kehamilan-kehamilan berikutnya.



Alat Steril Botol Susu Bayi