PANKREAS



Batu-Batu Empedu dan Pankreatitis

Batu-batu empedu dapat menyebabkan pankreatitis dan mereka umumnya memerlukan pemusnaan secara operasi. Ultrasound atau suatu CAT scan dapat mendeteksi batu-batu empedu dan kadangkala dapat memberikan suatu gambaran dari beratnya pankreatitis. Kapan operasi batu empedu dapat dijadwalkan akan tergantung dari berapa beratnya pankreatitis. Jika pankreatitisnya ringan, operasi batu empedu mungkin dilaksanakan dalam waktu kira-kira satu minggu. Kasus-kasus yang lebih berat dapat berarti operasi batu empedu ditunda untuk waktu satu bulan atau lebih.

Setelah batu-batu empedu dikeluarkan dan peradangan menghilang, pankreas umumnya balik ke normal.

Pankreatitis Kronis

Jika luka pada pankreas berlanjut, pankreatitis kronis mungkin dapat berkembang. Pankreatitis kronis terjadi ketika enzim-enzim pencernaan menyerang dan merusak pankreas dan jaringan-jaringan didekatnya, menyebabkan luka parut dan sakit. Penyebab umum dari pankreatitis kronis adalah penyalahgunaan alkohol bertahun-tahun, namun bentuk kronis mungkin juga dapat dipicu oleh hanya satu serangan akut, terutama jika saluran-saluran pankreas rusak. Saluran-saluran yang rusak menyebabkan peradangan pankreas, perusakkan jaringan-jaringan, dan terbentuknya jaringa-jaringan parut.

Pada umumnya, alkoholisme bukan satu-satunya penyebab dari pankreatitis kronis. Penyebab-penyebab utama dari pankreatitis kronis adalah:

  • alkoholisme
  • saluran pankreas yang terhalang atau menyempit karena luka berat (trauma) atau terbentuknya pseudocysts
  • penyebab tidak diketahui yang diwariskan/diturunkan (idiopathic)

Kerusakan dari penyalahgunaan alkohol mungkin tidak tampak untuk waktu bertahun-tahun, dan kemudian seseorang dapat mendapat suatu serangan tiba-tiba dari pankreatitis. Pada sampai 70% dari pasien-pasien dewasa, pankreatitis kronis kelihatannya disebabkan oleh alkoholisme. Bentuk ini lebih umum pada pria daripada wanita dan seringkali berkembang pada umur antara 30 dan 40 tahun.

Pankreatitis yang diwariskan umumnya mulai pada masa kanak-kanak namun mungkin tidak terdiagnose untuk beberapa tahun. Seseorang dengan pankreatitis warisan umumnya mempunyai gejala-gejala khas yang datang dan pergi melalui waktu. Episode-episode berlangsung dari 2 hari sampai 2 minggu. Suatu faktor penentu dalam mengdiagnose pankreatitis warisan adalah dua atau lebih anggota keluarga dengan pankreatitis didalam lebih dari satu generasi. Perawatan untuk serangan-serangan individu umumnya adalah sama seperti untuk pankreatitis akut. Sakit apa saja atau persoalan-persoalan nutrisi dirawat sama seperti untuk pankreatitis akut. Operasi seringkali dapat meringankan sakit dan membantu menangani komplikasi-komplikasi.

Penyebab-penyebab lain pankreatitis kronis adalah:

  • kondisi-kondisi sejak lahir seperti pancreas divisum
  • cystic fibrosis
  • tingkat kalsium yang tinggi didalam darah (hypercalcemia)
  • tingkat yang tinggi dari lemak-lemak didalam darah (hyperlipidemia atau hypertriglyceridemia)
  • beberapa obat-obatan
  • kondisi-kondisi tertentu autoimmune


Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah