(Mesin Pencari Google)



PANKREAS



Didalam perut (abdomen) ada suatu kelenjar besar, pankreas, yang bagian terbesarnya adalah exocrine dan fungsi pencernaan, namun dimana satu persen yang penting terdiri dari kira-kira satu juta rumpun sel-sel yang disebut pulau-pulau kecil Langerhans (islets of Langerhans). Pulau-pulau kecil Langerhans ini memproduksi dua hormon utama yang mengontrol penanganan dari bahan-bahan bakar glukosa dan asam lemak didalam tubuh. Setelah makan ketika gula darah naik, ini akan langsung menyebabkan pelepasan insulin dari sel-sel beta dari pulau-pulau kecil langerhans. Insulin mengurangi produksi glukosa didalam hati dan mendorong pengambilan dan pemakaian oleh jaringan-jaringan. Dengan cara yang sama, itu mengurangi pelepasan dari asam-asam lemak dan glycerol dari jaringan adipose (adipose tissue). Produksi insulin yang tidak cukup oleh pulau-pulau langerhans sebagai jawaban atas glukosa menjurus pada suatu peningkatan tingkat-tingkat gula darah dan pada penampilan glukosa didalam air seni, karena tubulus renal (ginjal) tidak mampu untuk menyerap kembali dengan sepenuhnya jumlah glukosa yang meningkat yang telah disaring. Ini adalah gangguan produksi hormon yang terjadi pada diabetes mellitus. Hormon pankreas lainnya, glukagon, dari sel-sel alfa pulau-pulau kecil langerhans, mempunyai efek yang berlawanan dengan insulin didalam hati, dan meningkatkan produksi glukosa.

Kontrol dari bahan-bahan bakar didalam tubuh kemudian adalah suatu tindakan-tindakan keseimbangan dari dua hormon-hormon ini, dan dari hormon-hormon andrenalin, norandrenalin, hormon pertumbuhan, kortisol dan hormon-hormon tiroid. Ini mengizinkan suatu suplai dari bahan-bahan bakar yang terkontrol dan teratur kepada semua sel-sel untuk metabolisme dan pertumbuhan dibawah semua keadaan-keadaan.



Definisi Pankreatitis

Pankreatitis adalah suatu peradangan pada pankreas. Pankreas adalah suatu kelenjar yang besar dibelakang perut dan dekat pada usus duabelasjari (duodenum). Duodenum adalah bagian atas dari usus kecil. Pankreas mengeluarkan enzim-enzim pencernaan kedalam usus kecil melalui suatu pipa yang disebut saluran pankreas (pancreatic duct). Enzim-enzim ini membantu mencerna lemak-lemak, protein-protein, dan karbohidrat-karbohidrat dalam makanan. Pankreas juga mengeluarkan hormon-hormon insulin dan glukagon kedalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh menggunakan glukosa yang diambil dari makanan sebagai energi.

Secara normal, enzim-enzim pencernaan tidak menjadi aktif sampai mereka mencapai usus kecil, dimana mereka mulai mencerna makanan. Namun jika enzim-enzim ini menjadi aktif didalam pankreas, mereka mulai "mencerna" pankreas itu sendiri.

Pankreatitis akut terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama suatu periode waktu yang singkat dan umumnya hilang sendiri. Pankreatitis kronis tidak hilang sendiri dan berakibat pada suatu pengrusakkan/destruksi lambat dari pankreas. Kedua bentuk dapat menyebabkan komplikasi-komplikasi yang serius. Pada kasus-kasus berat, perdarahan, kerusakan jaringan, dan infeksi dapat terjadi. Pseudocysts, akumulasi-akumulasi cairan dan puing-puing jaringan , dapat juga berkembang. Dan enzim-enzim dan racun-racun dapat masuk kedalam aliran darah, melukai jantung, paru-paru, dan ginjal-ginjal, atau organ-organ lain.

Penyebab Pankreas Akut

Beberapa orang mendapat lebih dari satu kali serangan dan sembuh total darinya setiap kali, namun pankreatitis akut dapat menjadi suatu penyakit berat yang membahayakan nyawa dengan banyak komplikasi-komplikasinya. Sekitar 80,000 kasus-kasus terjadi di Amerika setiap tahun; 20 percent darinya berat. Pankreatitis akut terjadi lebih sering pada pria daripada wanita.

Gejala-Gejala Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut umumnya mulai dengan sakit pada perut bagian atas yang dapat berlangsung beberapa hari. Sakitnya kemungkinan berat dan mungkin menjadi konstan —hanya pada perut— atau mungkin mencapai belakang dan area-area lainnya. Itu mungkin tiba-tiba dan intensif atau mulai sebagai suatu sakit yang ringan yang memburuk ketika memakan makanan. Seseorang dengan pankreatitis akut seringkali kelihatan dan merasa sangat sakit. Gejala-gejala lain dapat termasuk:

  • perut yang membengkak dan perih
  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Denyut nadi yang cepat

Kasus-kasus berat dapat menyebabkan dehidrasi dan tekanan darah rendah. Jantung, paru-paru, atau ginjal-ginjal dapat gagal. Jika terjadi perdarahan pada pankreas, goncangan (shock) dan kadangkala kematian mengikutinya.



Alat Steril Botol Susu Bayi