Pacemaker

(Pemacu Jantung)



Meningkatkan Denyut Jantung Yang Perlahannya Abnormal

Tidak ada obat yang tersedia dalam bentuk oral (pil) yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk meningkatkan denyut jantung. Sekarang ini, metode satu-satunya untuk secara konsisten meningkatkan denyut jantung adalah penggunaan pacemaker untuk mengirim sinyal-sinyal elektrik untuk menghasilkan denyut-denyut jantung.

Pacemaker-pacemaker sementara biasanya digunakan pertama-tama, terutama jika denyut jantung yang perlahannya abnormal dipercayai adalah transient (berlangsung hanya berhari-hari) dan disebabkan oleh kondisi-kondisi yang dapat dibalikan atau diperbaiki. Pacemaker-pacemaker sementara dapat dengan mudah diputuskan jika denyut jantung kembali normal.

Pacemaker-pacemaker permanen diperlukan jika denyut jantung yang perlahan menjadi kroniki (berlangsung lebih dari beberapa hari) atau dipercayai tidak dapat dibalikan.

Disain Dari Pacemaker-Pacemaker Permanen

Pacemaker permanen mempunyai dua bagian-bagian; kamar pacemaker dan lead(s). Kamar pacemaker mengandung alat pemilihan waktu (timing) untuk menyetel angka denyutan, untaian yang mendeteksi sinyal-sinyal elektrik dari jantung, dan baterai.

Pada beberapa pasien-pasien yang memerlukan pacemaker-pacemaker permanen untuk denyut-denyut jantung yang perlahannya abnormal, fluktuasi-fluktuasi dari denyut jantung dapat terjadi. Pacemaker mampu "mendengar" pada sinyal-sinyal elektrik alami dari jantung. Ketika jantung berdenyut secara normal, pacemaker tidak melakukan apa-apa. Ketika jantung berhenti berdenyut atau berdenyut terlalau perlahan, pacemaker mengambil alih pembangkitan sinyal-sinyal elektrik untuk jantung pada frekwensi yang disetel oleh dokter.

Sementara pacemaker-pacemaker ditempatkan dalam kamar-kamar diluar tubuh dan dapat menggunakan sumber-sumber tenaga listrik luar, pacemaker-pacemaker permanen ditanam didalam tubuh dan oleh karenanya memerlukan baterai-baterai mereka sendiri. Kebanyakan dari kamar-kamar pacemaker-pacemaker permanen modern adalah kecil, dengan berat kurang dari 30 gram. Alat-alat kecil dan berat yang ringan ini menyenangkan untuk dipakai didalam tubuh dan hampir tidak nampak. Baterai-baterai kecil didalam kamar-kamar pacemaker juga bertahan lama. Kebanyakan pacemaker-pacemaker yang ditanam mempunyai baterai-baterai yang akan bertahan 7-10 tahun sebelum perlu diganti.

Kawat-kawat konduksi yang membawa sinyal-sinyal elektrik antara jantung dan pacemaker biasanya terbuat dari platinum. Kawat-kawat ini diisolasi dengan silicone atau polyurethane. Kawat-kawat yang diisolasi ini disebut leads. Beberapa pacemaker-pacemaker hanya mempunyai satu lead, dan disebut pacemaker-pacemaker berkamar tunggal. Yang lain-lain mempunyai dua leads dan disebut pacemaker-pacemaker berkamar dua.

Pacemaker lead dimasukan melalui vena pada dada kedalam jantung. Ujung dari lead ditempatkan dalam hubungan dengan dinding bagian dalam dari atrium kanan atau ventricle kanan, sementara ujung yang lain dari lead dihubungkan ke kamar pacemaker. Lead-lead adalah aman, dan umumnya tidak melukai atau menyebabkan infeksi-infeksi pada vena-vena atau jantung.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah