(Mesin Pencari Google)





Kista Indung Telur



Definisi Indung Telur (Ovary) dan Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Indung telur (ovary) adalah satu dari suatu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus). Setiap indung telur adalah kira-kira seukuran dan berbentuk suatu almond. Indung-indung telur menghasilkan telur-telur (ova) dan hormon-hormon wanita. Indung-indung telur adalah sumber utama dari hormon-hormon wanita, yang mengontrol perkembangan dari karakteristik-karakteristik tubuh wanita, seperti payudara-payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstrual dan kehamilan. Kista-kista indung telur (Ovarian cysts) adalah struktur-struktur seperti kantong yang tertutup didalam suatu indung telur (ovary) yang mengandung suatu senyawa cairan, berupa gas, atau setengah padat.

Penyebab-Penyebab Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.

Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.

Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.

Keduanya tumor-tumor yang jinak dan ganas dari ovary mungkin juga mengandung kista-kista (cysts). Lebih jauh, kondisi yang dikenal sebagai polycystic ovarian syndrome dikarakteristikan oleh kehadiran dari banyaknya kista-kista didalam kedua indung telur (ovaries).



Alat Steril Botol Susu Bayi