Peradangan Telinga

Tengah

(Otitis Media)



Faktor-Faktor Risiko Untuk Otitis Media Akut

Infeksi-infeksi pernapasan bagian atas memberikan kecenderungan pada otitis media akut. Paparan pada kelompok-kelompok anak-anak (seperti pada pusat-pusat pengasuhan anak) berakibat pada selesma-selesma yang lebih sering, dan oleh karenanya lebih banyak nyeri-nyeri telinga. Paparan pada udara dengan iritan-iritan, seperti asap tembakau, juga meningkatkan kesempatan otitis media. Anak-anak dengan pembelahan langit mulut (cleft palate) atau Down syndrome adalah mudah mendapat infeksi-infeksi telinga.

Anak-anak yang mempunyai episode-episode otitis media akut sebelum berumur enam bulan cenderung mempunyai lebih banyak infeksi-infeksi telinga kemudian pada masa kanak-kanak.

Gejala-Gejala Otitis Media Akut

Anak-anak muda dengan otitis media mungkin menjadi teriritasi, rewel, atau mempunyai persoalan-persoalan makan dan tidur. Anak-anak yang lebih tua mungkin mengeluh tentang nyeri dan kepenuhan dalam telinga (sakit telinga). Demam mungkin hadir pada anak dari segala umur. Gejala-gejala ini sering dihubungkan dengan tanda-tanda dari infeksi pernapasan bagian atas seperti hidung yang meler atau mampat, atau batuk.

Terbentknya nanah dalam telinga tengah menyebabkan nyeri dan mengurangi vibrasi-vibrasi (getaran-getaran) dari gendang telinga (jadi biasanya ada kehilangan pendengaran sementara selama infeksi).

Infeksi-infeksi telinga yang parah mungkin menyebabkan gendang telinga pecah. Nanah kemudian mengalir dari telinga tengah kedalam kanal telinga. Lubang pada gendang telinga dari kerobekan biasanya sembuh dengan perawatan medik.

Merawat Otitis Media Akut

Perawatan untuk otitis media akut bervariasi tergantung pada umur dan gejala-gejala dari anak. The American Academy of Pediatrics (AAP) dan the American Academy of Family Physicians (AAFP) merekomendasikan berikut:

Rekomendasi-rekomendasi Dari AAP dan AAFP
Umur
Diagnosis Yang Pasti
Diagnosis Yang Tidak Pasti
<6 bulan
Antibiotik-antibiotik
Antibiotik-antiiotik
6 bulan-2 tahun
Antibiotik-antibiotik
Antibiotik-antibiotik jika penyakit parah; *Observasi tanpa pilihan antibiotik jika penyakit tidak parah
≥2 tahun Antibiotik-antibiotik jika penyakit parah; *Pilihan observasi jika penyakit tidak parah *Pilihan observasi tanpa antibiotik-antibiotik

*Observasi adalah pilihan yang tepat hanya ketika follow-up dapat dipastikan dan agen-agen antibakteri dapat dimulai jika gejala-gejala berlangsung lama atau memburuk. Penyakit yang tidak parah diwakili oleh nyeri telinga dan demam yang ringan <39C (102.2F) dalam 24 jam yang lalu. Penyakit yang parah adalah otalgia (nyeri telinga) yang sedang sampai parah atau demam 39C.

Jika antibiotik-antibiotik dimulai, Amoxicillin biasanya direkomendasikan sebagai perawatan garis pertama. Ini biasanya diresepkan untuk 10 hari. Kira-kira 10% dari anak-anak tidak merespon dalam 48-72 jam pertama perawatan, dan terapi antibiotik mungkin harus dirubah. Bahkan setelah perawatan antibiotik, 40% dari anak-anak ditinggalkan dengan beberapa cairan dalam telinga tengah yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran sementara yang berlangsung 3 sampai 6 minggu. Pada kebanyakan anak-anak, cairan ini akhirnya hilang secara spontan dengan sendirinya.

Anak-anak yang mempunyai kekambuhan penyakit-penyakit otitis media mungkin dirujuk pada otolaryngologist (doker THT). Beberapa dari anak-anak ini mungkin mendapat manfaat dari mendapatkan tabung telinga yang ditempatkan (tympanostomy tube) untuk mengizinkan cairan mengalir dari telinga tengah. Sebagai tambahan, jika seorang anak mempunyai gendang telinga yang menonjol dan mengalami nyeri yang parah, prosedur untuk menusuk (membuka) gendang telinga (myringotomy) mungkin direkomendasikan untuk menghilangkan nanah. Gendang telinga biasanya sembuh dalam satu minggu.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah