(Mesin Pencari Google)



Peradangan Telinga

Tengah

(Otitis Media)



Definisi Otitis Media (Peradangan Telinga Tengah)

Otitis media adalah peradangan dari telinga tengah. "Otitis" berarti peradangan dari telinga, dan "media" artinya tengah. Peradangan ini seringkali mulai dengan infeksi-infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan, selesma-selesma atau persoalan-persoalan pernapasan lainnya, dan menyebar ke telinga tengah. Ini dapat disebabkan oleh virus-virus atau bakteri-bakteri, dan dapat menjadi akut atau kronis.

Otitis media akut biasanya adalah dari yang timbulnya cepat dan berdurasi pendek. Otitis media akut biasanya berhubungan dengan akumulasi cairan di telinga tengah bersama dengan tanda-tanda atau gejala-gejala dari infeksi telinga; gendang telinga yang menonjol biasanya disertai dengan nyeri, atau gendang telinga yang berlubang, seringkali dengan aliran dari materi yang bernanah. Demam dapat hadir.

Otitis media kronis adalah peradangan telinga tengah yang gigih, secara khas untuk sedikitnya satu bulan. Ini adalah berbeda dengan infeksi telinga akut (otitis media akut) yang biasanya berlangsung hanya beberapa minggu. Setelah infeksi akut, cairan (effusion) mungkin tertinggal dibelakang gendang telinga (tympanic membrane) untuk sampai dengan tiga bulan sebelum menghilang. Otitis media kronis mungkin berkembang setelah periode waktu yang berkepanjangan dengan cairan (effusion) atau tekanan negatif dibelakang gendang telinga (tympanic membrane). Otitis media kronis dapat menyebabkan kerusakan yang terus menerus pada telinga tengah dan gendang telinga dan mungkin ada aliran yang terus menerus melalui lubang pada gendang telinga. Otitis media kronis seringkali mulai tanpa nyeri dan demam. Tekanan telinga atau telinga yang meletus dapat menjadi gigih untuk berbulan-bulan. Adakalanya kehilangan pendengaran yang tidak kentara dapat disebabkan oleh otitis media kronis.

Berapa Umum Otitis Media Akut ?

Otitis media adalah diagnosis yang paling umum pada anak-anak yang sakit di Amerika. Diperkirakan bahwa 75% dari semua anak-anak mengalami paling sedikit satu episode sebelum berumur tiga tahun.



Alat Steril Botol Susu Bayi