Multiple Myeloma



Perawatan Pendukung

Multiple myeloma dan perawatannya dapat menjurus pada persoalan-persoalan kesehatan lainnya. Pada stadium apa saja dari penyakit, anda dapat mempunyai perawatan pendukung.

Perawatan pendukung adalah perawatan untuk mencegah atau melawan infeksi-infeksi, untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lain, untk membebaskan efek-efek sampingan dari terapi, dan untuk membantu anda mengatasi perasaan-perasaan yang diagnosis dari kanker dapat membawanya. Anda mungkin menerima perawatan pendukung untuk mencegah atau mengontrol persoalan-persoalan ini dan untuk memperbaiki kenyamanan dan kwalitas hidup anda selama perawatan.

Anda dapat memperleh informasi tentng perawatan pendukung pada NCI's Web site at http://www.cancer.gov/cancerinfo/coping dan dari NCI's Cancer Information Service at 1-800-4-CANCER atau LiveHelp (http://www.cancer.gov/help).

Infeksi-infeksi

Karena orang-orang dengan multiple myeloma mendapatkan infeksi-infeksi dengan sangat mudah, anda mungkin menerima antibiotik-antibiotik dan obat-obat lain.

Beberapa orang-orang menerima vaksin-vaksin terhadap flu dan pneumonia. Anda mungkin ingin berbicara dengan team dokter anda tentang kapan mendapatkan vaksin-vaksin tertentu.

Team dokter mungkin menasehati anda untuk menjauhi kerumunan-kerumunan orang banyak dan dari orang-orang dengan selesma-selesma dan penyakit-penyakit menular lain. Jika infeksi berkembang, ia dapat menjadi serius dan harus dirawat segera. Anda mungkin perlu berdiam di rumah sakit untuk perawatan.

Anemia

Myeloma dan perawatannya daat menjurus pada anemia, yang mungkin membuat anda merasa sangat lelah. Obat-obat atau transfusi darah dapat membantu dengan persoalan ini.

Nyeri

Multiple myeloma seringkali menyebabkan nyeri tulang. Dokter anda dapat menyarankan cara-cara untuk membebaskan atau mengurangi nyeri:

  • Brace (penahan) yang membebaskan nyeri pada leher atau punggung
  • Obat-obat yang melawan nyeri dimana saja didalam tubuh
  • Terapi radiasi dari mesin yang besar yang diarahkan pada tulang
  • Operasi untuk memperbaiki tulang belakang (spinal cord) yang tertekan (terjepit)

Beberapa orang-orang mendapat pembebasan nyeri dari massage atau acupuncture ketika digunakan bersama dengan pendekatan-pendekatan lain. Juga, anda mungkin belajar teknik-teknik relaksasi (pengenduran) seperti mendengarkan musik yang perlahan atau bernafas secara perlahan dan dengan nyaman.

Tulang-tulang yang menipis

Sel-sel myeloma menahan terbentuknya sel-sel tulang yang baru, dan tulang-tulang menjadi tipis dimana saja ada sel-sel myeloma. Dokter anda mungkin memberi anda obat-obat untuk mencegah penipisan tulang dan membantu mengurangi risiko patah tulang. Aktivitas fisik, seperti berjalan, juga membantu mempertahankan tulang-tulang menjadi kuat.

Terlalu banyak calcium dalam darah

Multiple myeloma mungkin menyebabkan calcium meninggalkan tulang-tulang dan memasuki aliran darah. Jika anda mempunyai tingkat yang sangat tinggi dari calcium dalam darah anda, anda mungkin kehilangan nafsu makan anda. Anda juga mungkin merasa mual, gelisah, atau kebingungan. Tingkat calcium yang tinggi dapat juga membuat anda sangat lelah, lemah, terdehidrasi, dan haus. Minum banyak cairan dan meminum obat-obat yang menurunkan calcium dalam darah dapat bermanfaat.

Persoalan-persoalan ginjal

Beberapa orang-orang dengan multiple myeloma mempunyai persoalan-persoalan ginjal. Jika persoalan-persoalannya parah, orang it mungkin memerlukan dialysis. Dialysis mengeluarkan limbah dari darah. Seorang dengan persoalan-persoalan ginjal yang serius mungkin memerlukan transplantasi ginjal.

Amyloidosis

Beberapa orang-orang dengan myeloma mengembangkan amyloidosis. Persoalan ini disebabkan oleh pengumpulan protein-protein yang abnormal dalam jaringan-jaringan tubuh. Penumpukan dari protein-protein dapat menyebabkan banyak persoalan-persoalan, beberapa dari mereka parah. Contohnya, protein-protein dapat menumpuk dalam jantung, menyebabkan nyeri dada dan kaki-kaki yang bengkak. Ada obat-obat untuk merawat amyloidosis.

Nutrisi dan aktivitas fisik

Adalah penting bagi anda untuk memperhatikan diri anda sendiri dengan memakan yang baik, meminum banyak cairan, dan tetap seaktif yang anda bisa.

Anda perlu jumlah kalori-kalori yang benar untuk mempertahankan berat badan yang baik. Anda juga memerlukan protein yang cukup untuk mempertahankan kekuatan anda. Makan yang baik mungkin membantu anda merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.

Bagaimanapun, anda mungkin tidak merasa ingin makan selama perawatan atau segera setelahnya. Anda mungkin tidak nyaman atau lelah. Anda mungkin menemukan bahwa makanan-makanan tidak enak rasanya seperti biasanya. Sebagai tambahan, efek-efek sampingan dari perawatan (seperti nafsu makan yang buruk, mual, muntah, atau luka-luka mulut) dapat membuatnya sulit untuk makan dengan baik. Dokter anda, ahli nutrisi yang terdaftar, atau penyedia perawatan kesehatan lain dapat menyarankan cara-cara untuk mengatasi persoalan-persoalan ini.

Penelitian menunjukan bahwa orang-orang dengan kanker merasa lebih baik jika mereka aktif. Berjalan, yoga, berenang, dan aktivitas-aktivitas lain dapat menjaga anda kuat dan meningkatkan energi anda. Latihan mungkin mengurangi mual dan nyeri dan membuat perawatan lebih mudah untuk ditangani. Ia juga dapat membantu membebaskan stres. Aktivitas fisik apa saja yang anda pilih, pastikan untuk berbicara pada dokter anda sebelum anda memulainya. Juga, jika aktivitas anda menyebabkan anda nyeri atau persoalan-persoalan lain, pastikan untuk memberitahu dokter atau perawat anda tentang itu.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah