(Mesin Pencari Google)





Degenerasi Makula

Macular Degeneration


Definisi Degenerasi Makula Yang Berkaitan Dengan Umur

Degenerasi makula yang berkaitan dengan umur atau Age-related macular degeneration (AMD) adalah suau penyait yang dihubungkan dengan penuaan (menjadi tua) yang secara berangsur-angsur merusak penglihatan tengah yang tajam. Penglihatan tengah diperlukan untuk melihat obyek-obyek secara jelas dan untuk pekerjaan-pekejaan setiap hari yang umum seperti membaca dan mengemudi mobil.

AMD mempengaruhi makula, bagian mata yang mengizinkan anda untuk melihat detil yang halus. AMD tidak menyebabkan sakit/nyeri.

Pada beberapa kasus-kasus, AMD maju begitu perlahan sehingga orang-orang mencatat sedikit perubahan pada penglihatan mereka. Pada yang lainnya, penyakit maju lebih cepat dan mungkin menjurus pada suatu kehilangan penglihatan pada kedua mata-mata. AMD adalah suatu penyebab yang memimpin dari kehilangan penglihatan pada orang-oranga Amerika yang berumur 60 tahun dan yang lebih tua.

AMD terjadi dalam dua bentuk: basah dan kering.

Lokasi Makula

Makula berlokasi ditengah (pusat) dari retina, jaringan di belakang mata yang sensitif (peka) sinar. Retina dengan serta merta merubah sinar, atau suatu gambar, kedalam impuls-impuls listrik. Retina kemudian mengirim impuls-impuls ini, atau signal-signal syaraf, ke otak.

Definisi AMD Basah

AMD basah terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah abnormal dibelakang retina mulai tumbuh dibawah makula. Pembuuh-pembuluh darah baru ini cenderung menjadi sangat mudah pecah dan seringkali membocorkan darah dan cairan. Darah dan cairan mengangkat atau menaikkan makula dari tempat normalnya dibelakang mata. Kerusakkan pada makula terjadi secara cepat.

Dengan AMD basah, kehilangan penglihatan tengah dapat terjadi secara cepat. AMD basah juga dikenal sebagai AMD yang telah lanjut. Ia tidak mempunyai tingkatan seperti AMD kering.

Suatu gejala awal dari AMD basah adalah bahwa garis-garis lurus nampak berombak. Jika anda mencatat kondisi ini atau perubahan-perubahan lain pada penglihatan anda, hubungi dokter mata anda segera. Anda memerlukan suatu pemeriksaan pelebaran mata secara lengkap.

Definisi AMD Kering

Pada AMD kering, sel-sel yang peka sinar dalam makula pecah secara perlahan. Dengan kurang berfungsinya makula, penglihatan tengah berkurang. AMD kering seringkali terjadi pada hanya satu mata pada awalnya. Belakangan, mata yang lainnya dapat dipengaruhi. Dokter-dokter tidak ada jalan untuk mengetahui apakah atau kapan kedua mata mungkin menjadi terlibat. Penyebab AMD kering tidak diketahui.



Alat Steril Botol Susu Bayi