Pembengkakan Nodus

Limfa



Merawat Pembengkakan Nodus Limfa

Tidak ada perawatan spesifik untuk nodus-nodus limfa yang membengkak. Umumnya, penyebab yang mendasarinya perlu dirawat, yang mungkin berakibat pada resolusi dari nodus limfa yang bengkak.

Merawat suatu infeksi yang menyebabkan pembengkakan nodus limfa, contohnya, akan berakibat pada pembengkakan nodus limfa yang akan surut. Jika nodus limfa yang bengkak disebabkan oleh suatu kanker dari nodus limfa (lymphoma), maka pembengkakan akan menyurut setelah perawatan lymphoma.

Kapan Saya Harus Mengunjugi Dokter Untuk Pembengkakan Nodus Limfa ?

Jika pembengkakan nodus-nodus limfa berhubungan dengan demam-demam, keringat-keringat malam hari, atau kehilangan berat badan, dan pasien tidak mempunyai infeksi yang nyata apa saja, ia mungkin perlu suatu evaluasi yang menyeluruh oleh seorang dokter.

Juga, orang-orang yang telah dirawat secara tepat untuk suatu infeksi namun mempunyai pembengkakan nodus-nodus limfa yang gigih/persisten mungkin perlu mengunjungi dokternya.

Jika seorang pasien mempunyai suatu kanker yan diketahui, atau telah dirawat untuk satu dimasa lalu dan ia memcatat nodus-nodus limfa yang baru pada area umum dari kanker, ia mungkin perlu memberitahu seorang dokter.

Nodus-Nodus Limfa Umum Yang Mungkin Membengkak

Ada banyak nodus-nodus limfa dewasa di beragam bagian-bagian tubuh yang mungkin membengkak untuk sebab-sebab yang berbeda. Banyak orang-orang dapat biasanya melihat nodus-nodus limfa yang membengkak pada leher, dibelakang telinga, dibawah rahang, diatas tulang selangka (collar bone), dibawah lengan-lengan, dan sekitar selangkangan.

Nodus-nodus limfa yang membengkak pada sisi leher atau dibawah rahang adalah yang paling umum. Mereka mungkin mewakili suatu infeksi disekitar area itu, seperti suatu infeksi gigi atau bisul-bisul, infeksi tenggorokan, penyakit virus, atau infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kebanyakan dari penyebab-enyebab dari nodus-nodus limfa yang membengkak pada area ini adalah tidak berbahaya; bagaimanapun, adakalanya, pembengkakan dari nodus-nodus limfa ini mungkin juga menyarankan suatu kanker di area kepala dan leher.

Nodus-nodus limfa yang membengkak dibelakang telinga mungkin berhubungan dengan suatu infeksi sekitar kulit kepala atau kemungkinan suatu conjunctival (eye) infection.

Nodus-nodus limfa dibawah lengan (axilla) adalah penting secara anatomi pada kanker payudara. Mereka seringkali diuji secara fisik pada pasien-pasien yang menjalani pemeriksaan untuk kanker payudara. Mereka juga memainkan suatu peran yang penting dalam pen-stadiuman (menentukan luasnya) dan memprognosa (memprediksi hasil akhir) dari kanker payudara sewaktu pengangkatan dari jaringan kanker dari payudara. Nodus-nodus limfa ini dapat juga menjadi reaktif dan membesar yang disebabkan oleh suatu trauma pada atau suatu infeksi dari lengan pada sisi yang sama.

Nodus-nodus limfa yang membesar diatas tulang selangka (supraclavicular lymphadenopathy) selalu dipertimbangkan adalah abnormal. Ini umumnya menyarankan suatu kanker dari atau suatu infeksi didaerah yang berdekatan. Contoh-contoh dari ini mungkin termasuk infeksi paru, kanker paru, lymphoma di rongga dada, atau kanker payudara. Adakalanya kanker-kanker yang lebih jauh mungkin menabur benih nodus-nodus limfa ini, seperti kanker-kanker genital atau kanker kolon. Beberapa penyebab-penyebab yang tidak berbahaya dari nodus-nodus limfa yang membengkak diatas tulang selangka (clavicle) dapat termasuk tuberculosis atau sarcoidosis.

Nodus-nodus limfa yang membengkak di selangkangan mungkin adalah normal pada orang-orang muda seperti yang disebut lebih awal. Bagaimanapun, mereka dapat juga berakibat dari beberapa penyakit-penyakit seksual yang ditularkan, kanker-kanker genital, atau infeksi-infeksi dari kaki-kaki pada sisi yang sama.

Komplikasi-Komplikasi Pembengkakan Nodus Limfa

Mungkin ada beberapa komplikasi-komplikasi yang berhubungan dengan nodus-nodus limfa yang membesar. Jika pembengkakan nodus limfa berhubungan dengan suatu infeksi yang tidak dirawat, maka suatu bisul (suatu rongga yang mengandung nanah) mungkin terjadi, yang mungkin memerlukan pengaliran melalui sayatan dan antibiotik-antibiotik. Kulit yang mendasari nodus limfa yang membesar mungkin juga menjadi terinfeksi.

Pada kasus-kasus lain, nodus limfa mungkin menjadi sangat besar dan menekan struktur-struktur lain yang berdekatan dalam tubuh. Ini dapat menjadi suatu persoalan yang serius dan mengerikan yang mungkin memerlukan perhatian medis atau operasi yang segera. Contohnya, nodus limfa dibawah lengan (axilla) dapat menekan pembuluh-pembuluh darah dan syaraf-syaraf yang mensuplai lengan. Suatu nodus limfa yang membesar didalam perut mungkin menekan usus-usus dan menyebabkan suatu halangan/rintangan dari usus-usus.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah