Pembengkakan Nodus

Limfa



Gejala-Gejala Pembengkakan Nodus Limfa

Gejala-gejala dari nodus-nodus limfa yang membengkak bervariasi secara luas. Seseorang dapat sepenuhnya bebas dari gejala-gejala (asymptomatic) dan hanya ditemukan ketika mereka tercatat oleh seorang dokter sewaktu suatu pemeriksaan umum fisik.

Adakalanya, nodus-nodus limfa yang membengkak dapat menjadi sangat peka, menyakitkan, dan menjelekkan.

Lebih penting, gejala-gejala lain yang berhubungan dengan suatu penyakit yang mendasarinya yang menemani pembengkakan nodus limfa mungkin adalah lebih signifikan dan secara klinik relevan daripada pembengkakan nodus limfa sendirian. Contohnya, gejala-gejala seperti demam, keringat-keringat malam hari, kehilangan berat badan, atau bukti dari infeksi-infeksi lokal (sakit gigi, luka tenggorokan) mungkin menyediakan petunjuk-petunjuk yang bernilai dalam menentukan penyebab dari pembengkakan nodus limfa.

Mendiagnosis Pembengkakan Nodus Limfa

Nodus-nodus limfa yang membengkak yang lebih dekat pada permukaan tubuh umumnya didiagnosis oleh pemeriksaan seorang dokter dan merasakan area-area yang diketahui mempunyai pergabungan dari nodus-nodus limfa, contohnya, nodus-nodus limfa yang bengkak dibawah lengan-lengan (axillary lymph nodes), nodus-nodus limfa yang bengkak di sisi-sisi leher (cervical lymph nodes), atau nodus-nodus limfa yang bengkak di selangkangan (inguinal lymph nodes). Nodus-nodus yang bengkak ini dapat terlihat dan dirasakan secara mudah.

Waktu-waktu yang lain, nodus-nodus limfa yang lebih dalam dapat terlihat pada studi-studi imaging, seperti CT scan (computed tomography), dari bagian-bagian tubuh yang berbeda.

Amandel-amandel dibelakang tenggorokan adalah juga nodus-nodus limfa, dan mereka adalah satu yang paling terlihat dalam tubuh.

Mendiagnosis penyebab dari nodus-nodus limfa yang bengkak mungkin adalah menantang pada waktu-waktu. Komponen yang paling penting dari mengevaluasi pembengkakan nodus limfa adalah suatu sejarah medis keseluruhan dan suatu pemeriksaan fisik sepenuhnya oleh seorang dokter. Dokter mungkin bertanya pada anda tentang gejala-gejala seperti luka tenggorokan, demam dan menggigil, kelelahan, kehilangan berat badan, suatu daftar yang komplit dari obat-obat, aktivitas seksual, sejarah vaksinasi, perjalanan-perjalanan baru-baru ini, sejarah kanker dari pasien sendiri dan keluarganya jika ada, dan seterusnya.

Suatu kelompok dari nodus-nodus limfa pada suatu area tertentu dari tubuh bereaksi pada gangguan-gangguan pada daerah umum itu. Jika ada suatu infeksi spesifik di daerah dari nodus limfa yang bengkak, itu mungkin adalah kemungkinan besar penyebab dari pembengkakan. Contohnya, suatu infeksi dari kaki atau beberapa penyakit-penyakit seksual yang ditularkan dapat menyebabkan pembengkakan dari nodus-nodus limfa di daerah selangkangan.

Dokter-dokter biasanya menguji nodus-nodus limfa dengan merasakan mereka dan menggolongkan mereka berdasarkan pada seperti apa rasanya nodus-nodus limfa. Mereka dapat digolongkan, contohnya, sebagai:

  • besar atau kecil,
  • peka atau tidak peka,
  • menetap atau bergerak (mobile),
  • keras atau lunak, atau
  • kokoh atau elastis.

Karakteristik-karakteristik ini dapat berguna dalam menyarankan penyebab dari pembengkakan nodus limfa. Contohnya, suatu nodus limfa yang keras, tidak peka, tidak bergerak mungkin lebih banyak adalah karakteristik dari suatu kanker yang menyebar ke nodus itu. Pada sisi lain, suatu nodus limfa yang lunak, peka, dapat bergerak dapat lebih mungkin mewakili suatu infeksi.

Jika nodus limfa yang membesar dicurigai berhubungan dengan suatu kanker, maka suatu biopsi dari nodus limfa mungkin menentukan tipe kanker. Contohnya, suatu nodus limfa yang bengkak disekitar tulang selangka (supraclavicular lymph node), mungkin menandakan kanker paru pada seseorang yang mungkin mempunyai petunjuk-petunjuk klinik lain yang menyarankan kanker paru.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah