(Mesin Pencari Google)





Sakit Pinggang /

Punggung


Anatomi Tulang Pinggang (Belakang Bawah)

Langkah pertama untuk mengerti berbagai penyebab dari sakit pinggang adalah mempelajari anatomi dari jaringan-jaringan di area ini. Struktur-struktur penting dari pinggang yang dapat dihubungkan dengan gejala-gejala disana termasuk tulang belakang lumbar (vertebrae), cakram-cakram (discs) diantara vertebrae, ikatan sendi (ligaments) disekitar tulang belakang (spine) dan cakram-cakram (disc), sumsum tulang belakang (spinal cord) dan syaraf-syaraf, otot-otot (muscles) dari pinggang (low back), organ-organ dalam dari pelvis dan perut (abdomen), dan kulit yang menutupi area lumbar.

Tulang belakang lumbar dirancang sedemikian sehingga vertebrae yang disusun (ditumpuk) bersama dapat menyediakan suatu struktur penunjang yang dapat digerakkan dan juga bersamaan dengan itu melindungi sumsum tulang belakang (spinal cord = jaringan syaraf yang meluas kebawah sepanjang kolom tulang belakang dari otak) dari luka. Setiap vertebrae mempunyai sebuah spinous process, suatu tulang yang menonjol dibelakang sumsum tulang belakang (spinal cord), yang melindungi jaringan syaraf sumsum. Mereka juga mempunyai badan yang bertulang kuat didepan spinal cord menyediakan suatu platform yang cocok untuk menunjang berat dari semua jaringan-jaringan diatas bokong. Lumbar vertebrae disusun diatas tulang sacrum diantara bokong (pantat). Pada setiap sisi, sacrum bertemu dengan tulang iliac (iliac bone) dari pelvis membentuk sendi sacroiliac (sacroiliac joint) dari bokong (pantat).

Cakram-cakram adalah bantalan yang bekerja sebagai "bantal" antara setiap vertebrae. Mereka membantu meminimalkan tubrukan dari kekuatan-kekuatan penekan (stres) pada kolom tulang belakang. Setiap cakram dirancang sepeti suatu jelly donut dengan suatu komponen yang lunak ditengah (nucleus pulposus) dan suatu lingkaran luar yang mengelilinginya (annulus fibrosus). Porsi tengah dari cakram dapat robek (herniating) melewati lingkaran luar menyebabkan iritasi jaringan-jaringan syaraf yang berdekatan dan sciatica, yang dijelaskan dibawah.

Ligamen-ligamen adalah jaringan-jaringan lunak yang berserabut yang melekatkan tulang-tulang dengan kuat pada tulang-tulang. Ligamen-ligamen melekat setiap vertebrae dan mengelilingi setiap cakram.

Syaraf-syaraf yang menyediakan sensasi dan menstimulasi otot-otot tulang belakang bawah (low back) begitu juga kaki-kaki (paha-paha, kaki-kaki, dan jari-jari kaki), keluar dari kolom tulang belakang melalui portal-portal yang bertulang yang disebut "foramen".

Banyak kelompok-kelompok otot yang bertanggung jawab pada pelenturan, peregangan, dan pemutaran pinggang, begitu juga menggerakkan kaki-kaki, melekat pada tulang belakang lumbar melalui sisipan-sisipan urat daging (tendon insertions).

Aorta dan pembuluh-pembuluh darah yang mengangkut darah dari dan ke kaki-kaki melewat didepan tulang belakang lumbar (lumbar spine) didalam perut dan pelvis. Mengelilingi pembuluh-pembuluh darah ini adalah kelenjar-kelenjar limpa (lymph glands) dan jaringan-jaringan sistim syaraf diluar kemauan (involuntary nervous system tissues), yang adalah penting dalam mempertahankan kontrol kandung kemih dan usus besar.

Uterus dan ovari adalah struktur pelvis yang penting didepan dari area pelvis wanita. Kelenjar prostat adalah suatu struktur pelvis yang signifikan pada pria. Ginjal-ginjal berada pada tiap sisi dibelakang perut bagian bawah, didepan tulang belakang lumbar.

Kulit diatas area lumbar disuplai oleh syaraf-syaraf yang datang dari akar-akar syaraf (nerve roots) yang keluar dari tulang belakang lumbar (lumbar spine).



Alat Steril Botol Susu Bayi