Penyakit Jantung Koroner



Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit jantung yang lebih banyak terjadi dibandingkan dengan jenis penyakit jantung lainnya.

PENYEBAB PENYAKIT (sambungan)

MEROKOK

Menghisap rokok mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan risiko terkena penyakit jantung koroner (CHD). Bahan-bahan kimia didalam rokok diserap kedalam aliran darah dari paru-paru dan mengelilingi seluruh tubuh, mempengaruhi setiap sel tubuh. Bahan kimia ini menyempitkan pembuluh darah sementara waktu. Mereka juga membuat keping-keping darah yang disebut platelets menjadi lebih lengket, jadi meningkatkan kemungkinan untuk membentuk gumpalan darah.

Penghisap pipa (pipe) dan lisong (cigar) tidak mempunyai risiko tinggi dari perokok sigaret namun mereka tetap lebih rentan mendapatkan CHD dibanding dengan tidak perokok (non-smokers).

Alasan mengapa dokter menitik beratkan pada pemberhentian merokok anda adalah karena faktor risiko ini dapat di kendalikan oleh anda sendiri.

STRES

Banyak orang yang mendapat serangan jantung menunjuk stres pribadi sebagai penyebabnya, namun sangat menakjubkan sulitnya membuktikan hubungan ini secara ilmiah. Ada beberapa faktor pencetus yang diakui, seperti latihan yang tiba-tiba dan pengalaman emosi yang sangat luar biasa, yang dapat memicu serangan jantung, namun ini adalah hal yang jarang terjadi. Kita juga sering memikirkan bahwa tipe-tipe pribadi tertentu mempunyai risiko yang lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Teori yang menghubungkan penyakit jantung koroner dengan pribadi dengan stres berat pernah sekali dahulu menjadi mode, dan banyak sekali usaha dilakukan untuk meyakinkan orang-orang pekerja keras semasa hidupnya untuk relax. Penelitian modern gagal untuk mengkonfirmasikan penemuan lalu.

PENYAKIT YANG DIHUBUNGKAN KE CHD

Ada dua penyakit yang umum dan penting yang dihubungkan dengan risiko yang lebih tinggi dibanding rata-rata untuk mendapat CHD yaitu tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi menyebabkan stres pada jantung dan sirkulasi darah dan banyak orang tahu bahwa ini dapat menyebabkan stroke. Bagaimanapun di negara Inggris, tekanan darah tinggi bertanggung jawab lebih banyak terhadap terjadinya serangan jantung dari pada stroke, mungkin karena adanya kadar kolesterol yang tinggi di negara ini.

Tekanan tinggi didalam arteri merusak lapisan (lining) dan mempercepat pengembangan dari atheroma. Jantung juga harus bekerja lebih berat untuk memompa darah dibawah tekanan tinggi, tapi ia harus lakukan ini tanpa suplai oksigen yang memadai. Ini akan meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mendapat angina atau serangan jantung. Tekanan tinggi juga bisa meningkatkan risiko mendapat stroke karena kerusakan yang ditimbulkan di pembuluh darah otak.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang tekanan darah tinggi silahkan kunjungi Hipertensi.

Diabetes

Diabetes disebabkan oleh kekurangan (deficiency) dari hormon insulin atau resistensi terhadap hormon insulin, yang merupakan hormon yang penting untuk mengontrol pergerakan glukosa kedalam sel-sel tubuh melalui aliran darah. Diabetes dapat meningkatkan risiko gangguan terhadap banyak sistim sirkulasi termasuk CHD.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang diabetes silahkan kunjungi Diabetes.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah