Perdarahan Dalam

(Internal Bleeding)



Tanda-Tanda Dan Gejala-Gejala Dari Perdarahan Dalam (Internal Bleeding)

Gejala-gejala dari perdarahan internal tergantung pada dimana perdarahan berlokasi, berapa banyak perdarahan telah terjadi, dan struktur-struktur dan fungsi-fungsi apa dalam tubuh yang dipengaruhi. Darah diluar sistim sirkulasi (jantung dan pembuluh-pembuluh darah) adalah sangat mengiritasi pada jaringan-jaringan, menyebabkan peradangan dan nyeri. Contoh-contoh dari beberapa situasi-situasi perdarahan internal didaftar dibawah.

Perdarahan Intracranial dari trauma atau dari aneurysm yang bocor seringkali menyebabkan nyeri namun mungkin juga hadir dengan fungsi mental yang berubah. Hasil-hasil pemeriksaan neurological mencakup dari pemeriksaan hampir normal sampai kebingungan sampai koma. Gejala-gejala dari stroke, termasuk kelemahan, berbicara yang menyatu, dan kehilangan penglihatan, mungkin juga dihubungkan dengan perdarahan intracerebral. Tanda-tanda dan gejala-gejala tergantung pada dimana dan berapa banyak darah ada di otak. Jika perdarahan berlanjut, gejala-gejala menjadi progresif dan lebih mudah untuk dikenali.

Perdarahan Intra-abdominal mungkin tersembunyi dan hadir hanya dengan nyeri, namun jika ada cukup kehilangan darah, pasien mungkin mengeluh kelemahan, kepala yang ringan, sesak napas, dan gejala-gejala lain dari shock dan tekanan darah yang berkurang. Sekali lagi, gejala-gejala tergantung pada dimana di perut perdarahan terjadi.

  • Jika ada perdarahan pencernaan, pasien mungkin memuntahkan darah yang merah terang, atau ia telah ada di lambung untuk suatu periode waktu, muntahan mungkin terlihat seperti warna kopi. Feces-feces mungkin berdarah atau mereka mungkin hitam dan ber-ter, sekali lagi tergantung pada lokasi perdarahan pada saluran pencernaan.
  • Jika perdarahan internal menyebabkan darah tumpah kedalam peritoneum, dapat terjadi jumlah yang signifikan dari nyeri dengan gerakan apa saja, dan perut dapat menjadi tegang dan terasa kaku disentuh.
  • Adakalanya perdarahan intra-abdominal akan berjejak menuju kulit dan dapat dinilai pada pemeriksaan fisik. Tanda Cullen adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada penampakan dari pememaran yang mengelilingi umbilicus. Tanda Grey-Turner adalah memar pada sisi-sisi.

Darah yang terlihat pada urin mungkin disebabkan oleh perdarahan internal di tempat mana saja didalam saluran kencing, dari ginjal sampai kantong kemih. Seringkali infeksi-infeksi kantong kemih berhubungan dengan darah dalam urin namun sebab-sebab lain perlu dipertimbangkan berdasarkan pada gejala-gejala tertentu serta umur dan sejarah medis pasien, terutama laki-laki yang mungkin telah mempunyai operasi prostat. Laki-laki dan wanita-wanita yang telah mempunyai terapi radiasi mungkin mengembangkan peradangan dari dinding kantong kemih yang dapat menyebabkan jumlah perdarahan yang signifikan.

Perdarahan mungkin terjadi dalam sekali didalam otot-otot setelah luka, dan jarang, compartment syndrome mungkin terjadi. Jika sampai begitu banyak perdarahan terjadi sehingga pembentukan tekanan didalam otot adalah lebih besar dari tekanan darah pasien, darah tidak dapat memasuki sel-sel otot, dan mereka mulai mati. Gejala-gejala termasuk nyeri yang hebat, kesulitan menggerakan sendi-sendi dibawah luka, dan kehilangan sensasi. Paling umum ini terlihat pada tulang kering dan lengan bawah dan mungkin atau mungkin tidak berhubungan dengan tulang yang patah.

Perdarahan mungkin juga terjadi kedalam sendi-sendi, menyebabkan nyeri yang signifikan dan kehilangan batasan dari gerakan. Ini paling sering terlihat pada pasien-pasien yang berada pada obat-obat anti-penggumpalan (anti-coagulation). Luka mungkin atau mungkin tidak diperlukan untuk menyebabkan perdarahan.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah