Infeksi Ginjal



Tipe-Tipe Yang Berbeda Dari Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal, atau pyelonephritis, mungkin dikelompokan sebagai infeksi ginjal yang tidak rumit (uncomplicated), yang rumit (complicated), atau yang kronis (jangka panjang).

Infeksi ginjal yang rumit (complicated) merujuk pada keterlibatan ginjal yang parah/berat, contohnya, pembentukan abscess (bisul bernanah), atau gas yang terlihat di ginjal dengan studi imaging, seperti CT scan. Pada situasi-situasi ini, gejala-gejalanya mungkin lebih berat/parah dan kurang merespon pada perawatan-perawatan yang umum.

Infeksi ginjal yang kronis mungkin merujuk pada kekambuhan infeksi ginjal yang dapat menjadi akibat dari batu ginjal yang menghalangi ureter atau kelainan-kelainan struktur lain pada ureter-ureter (contohnya, vesicoureteral reflux, suatu kondisi dimana urin dipaksa balik naik menuju ginjal-ginjal). Kondisi-kondisi ini biasanya berhubungan dengan gejala-gejala yang ringan, namun mereka mungkin berlangsung lebih lama.

Evaluasi dari infeksi ginjal yang rumit dan infeksi ginjal yang kronis secara khas memerlukan evaluasi yang lebih menyeluruh dan pengujian yang lebih ekstensif seperti CT scans dan X-rays.

Bakteri-Bakteri Yang Umum Yang Menyebabkan Infeksi-Infeksi Ginjal

Bakteri-bakteri yang paling umum yang bertanggung jawab untuk infeksi ginjal adalah Escherichia coli (E. coli), yang bertanggung jawab untuk hampir 80% dari kasus-kasus infeksi-infeksi ginjal dan saluran kencing. Bakteri-bakteri umum lainnya adalah Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterococcus, dan Staphylococcus saprophyticus.

Perawatan Infeksi Ginjal

Komponen yang paling penting dari perawatan infeksi ginjal (seperti dengan infeksi bakteri apa saja) adalah inisiasi (dimulainya) antibiotik-antibiotik tepat waktu dibawah petunjuk-petunjuk dari seorang dokter. Jika infeksi ginjal terdiagnosa, maka empiric antibiotic (antibiotik yang akan mencakup seluruh kemungkinan bakteri-bakteri) biasanya diresepkan. Contoh urin dan darah akan diambil dan dikirim ke laboratorium untuk analisa segala pertumbuhan bakteri (pembiakan urin dan darah).

Ketika bakteri yang spesifik diisolasi, antibiotik-antibiotik mungkin ditukar untuk mencakup bakteri tertentu itu. Jika bakteri-bakteri menunjukan resistensi (tidak merespon) pada antibiotik-antibiotik yang pada awalnya diresepkan, maka antibitotik-antibiotik harus ditukar segera ke yang satu dimana organisme mudah kena (peka).

Obat yang lazim dipakai dirumah dengan antibiotik-antibiotik oral dan pemasukan air dan cairan yang cukup biasanya adalah cukup untuk merawat infeksi ginjal dan saluran kencing yang tidak rumit. Bagaimanapun, jika gejala-gejalanya berat/parah (mual dan muntah yang tidak terkontrol yang berakibat pada ketidakmampuan untuk meminum obat-obat) atau infeksinya sulit untuk di kontrol dengan obat oral rutin yang lazim dipakai dirumah untuk infeksi ginjal, maka opname di rumah sakit mungkin diperlukan untuk menerima antibiotik-antibiotik intravena, hidrasi intravena, dan pengendalian gejala-gejala secara agresif. Pada kasus-kasus infeksi ginjal yang rumit opname rumah sakit mungkin juga perlu.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah