Irritable Bowel Syndrom



Gejala-Gejala IBS

Tujuan utama dari saluran pencernaan adalah untuk mencerna (memecah) dan menyerap (memasukan kedalam aliran darah) makanan. Dalam rangka untuk memenuhi tujuan ini, makanan harus digiling, dicampur, dan diangkut melalui usus-usus, dimana ia dicerna dan diserap. Sebagai tambahan, bagian-bagian makanan yang tidak tercerna dan tidak terserap harus dikeluarkan dari tubuh.

Pada penyakit-penyakit fungsional dari saluran pencernaan, fungsi-fungsi penggilingan, mencampur, mencerna, dan penyerapan terganggu pada hanya suatu derajat yang kecil. Fungsi-fungsi ini pada dasarnya dipelihara, kemungkinan karena suatu kelebihan kapasitas yang telah terbentuk dari saluran pencernaan untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini. Fungsi yang paling umum terpengaruh pada penyakit-penyakit ini adalah pengangkutan. Pada lambung dan usus kecil, gejala-gejala dari pengangkutan yang lambat adalah mual, muntah, perut kembung (perasaan perut yang kepenuhan), dan penggelembungan perut (pembesaran). Gejala dari pengangkutan yang cepat biasanya adalah diare. Interpretasi dari gejala-gejala, bagaimanapun, mungkin adalah lebih rumit daripada ini. Contohnya, katakan bahwa seseorang mempunyai pengosongan lambung yang cepatnya secara abnormal. Perasaan dari pengosongan yang cepat ini oleh syaraf-syaraf sensory usus secara normal membuat suatu respon syaraf motor untuk memperlambat pengosongan lambung dan pengangktan melalui usus kecil. Jadi, pengosongan lambung yang cepat mungkin memberikan kenaikan pada gejala-gejala dari pengangkutan yang diperlambat.

Pada usus besar (kolon), pengangkutan yang diperlambat secara abnormal atau yang cepat berakibat pada sembelit atau diare. Sebagai tambahan, mungkin ada penigkatan jumlah-jumlah dari lendir yang melapisi feces (tinja) atau suatu perasaan evakuasi yang tidak komplit setelah membuang air besar.

Seperti didiskusikan sebelumnya, sensasi-senssasi normal mungkin diproses dan dirasakan secara abnormal. Suatu kelainan macam ini dapat berakibat pada kembung dan nyeri perut. Sensasi-sensasi yang diproses secara abnormal dari organ-organ pencernaan juga mungkin menjurus pada respon-respon motor yang menyebabkan gejala-gejala dari pengangkutan yang diperlambat atau cepat.

Pengangkutan yang diperlambat dari makanan yang dicerna melalui usus kecil mungkin dirumitkan, contohnya, oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Pada pertumbuhan bakteri yang belebihan, bakteri yang menghasilkan gas yang secara normal dibatasi pada usus besar bergerak keatas kedalam usus kecil. Disana, mereka terpapar pada jumlah-jumlah yang lebih besar dari makanan yang tidak tercerna daripada di usus besar, yang mereka rubah menjadi gas. Pembentukan gas ini dapat memperburuk kembung dan/atau penggelembungan perut dan berakibat pada jumlah-jumlah dari kentut yang meningkat dan diare.

Saluran pencernaan mempunyai hanya sedikit cara-cara merespon pada penyakit-penyakit. Oleh karenanya, gejala-gejala seringkali adalah serupa tidak perduli apakah penyakit-penyakitnya adalah fungsional atau bukan fungsional. Jadi, gejala-gejala dari keduanya penyakit-penyakit pencernaan fungsional dan non-fungsional adalah mual, muntah, kembung, penggelembungan perut, diare, sembelit, dan nyeri. Untuk sebab ini, ketika penyakit fungsional sedang dipertimbangkan sebagai suatu penyebab dari gejala-gejala, adalah penting bahwa kehadiran dari penyakit non-fungsional dikeluarkan (ditiadakan). Nyatanya, pengeluaran dari penyakit-penyakit non-fungsional biasanay adalah lebih penting dalam mengevaluasi pasien-pasien yang dicurigai mempunyai penyakit fungsional. Ini adalah begini, pada bagian yang besar, karena tes-tes untuk mendianosis penyakit fungsional adalah kompleks, tidak tersedia secara siap, dan seringkali sangat tidak dapat dipercayai. Berlawanan dengannya, tes-tes untuk mendiagnosis penyakit-penyakit non-fungsional adalah tersedia secara luas dan sensitif (mampu untuk mendiagnosis kebanyakan kasus-kasus).



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah