META Name="Description" Content="Mengenal Penyakit Hyperkalsemia, Gejala, Diagnosis, Perawatan dan Obat-Obatan" />



Hyperkalemia



Obat-Obat

Suplemen-suplemen potassium, pengganti-pengganti garam yang mengandung potassium dan obat-obat lain dapat menyebabkan hyperkalemia.

Pada individu-individu yang normal, ginjal-ginjal yang sehat dapat beradaptasi pada pemasukan potassium oral yang berlebihan dengan meningkatkan ekskresi potassium urin, jadi mencegah perkembangan dari hyperkalemia. Bagaimanapun, memasukan terlalu banyak potassium (melalui makanan-makanan, suplemen-suplemen, atau pengganti-pengganti garam yang mengandung potassium) dapat menyebabkan hyperkalemia jika ada disfungsi ginjal atau jika pasien meminum obat-obat yang mengurangi ekskresi potassium urin seperti ACE inhibitors dan diuretics hemat potassium.

Contoh-contoh dari obat-obat yang mengurangi ekskresi potassium urin termasuk:

  • ACE inhibitors,
  • ARBs,
  • NSAIDs,
  • diuretics hemat potassium seperti:
    • spironolactone (Aldactone),
    • triamterene (Dyrenium), dan
    • trimethoprim-sulfamethoxazole (Bactrim).

Meskipun hyperkalemia yang ringan adalah umum dengan obat-obat ini, hyperkalemia yang parah biasanya tidak terjadi kecuali obat-obat ini diberikan pada pasien-pasien dengan disfungsi ginjal.

Mendiagosa Hyperkalemia

Darah diambil dari vena (seperti tes-tes darah lainnya). Konsentrasi potassium darah ditentukan dalam laboratorium. Jika hyperkalemia dicurigai, electrocardiogram (ECG atau EKG) seirngkali dilakukan, karena ECG mungkin menunjukan perubahan-perubahan yang khas untuk hyperkalemia pada kasus-kasus yang sedang sampai berat/parah. ECG akan juga mampu untuk mengidentifikasi aritmia-aritmia jantung yang berakibat dari hyperkalemia.

Merawat Hyperkalemia

Perawatan dari hyperkalemia harus dibedakan untuk setiap orang berdasarkan pada penyebab yang mendasari hyperkalemia, keparahan dari gejala-gejala atau penampakan dari perubahan-perubahan ECG, dan keadaan kesehatan keseluruhan dari pasien. Hyperkalemia yang ringan biasanya dirawat tanpa rawat inap terutama jika pasiennya sehat, ECG normal, dan tidak ada kondisi-kondisi lain yang berhubungan seperti acidosis dan perburukan fungsi ginjal. Perawatan darurat adalah perlu jika hyperkalemia parah dan telah menyebabkan perubahan-perubahan pada ECG. Hyperkalemia yang parah paling baik dirawat di rumah sakit, seringkali di ICU (intensive care unit), dibawah pengamatan irama jantung yang terus menerus.

Perawatan dari hyperkalemia mungkin termasuk apa saja dari tindakan-tindakan berikut, sendirian atau dalam gabungan:

  • Diet yang rendah potassium (untuk kasus-kasus yang ringan).
  • Menghentikan obat-obat yang meningkatkan tingkat-tingkat potassium darah.
  • Pemasukan secara intravena dari glucose dan insulin, yang memajukan pergerakan dari potassium dari ruang extracellular balik kedalam sel-sel.
  • Kalsium intravena untuk sementara melindungi jantung dan otot-otot dari efek-efek hyperkalemia.
  • Pemasukan sodium bicarbonate untuk menetralkan acidosis dan untuk memajukan pergerakan dari potassium dari ruang extracellular balik kedalam sel-sel.
  • Pemasukan diuretic untuk mengurangi penyimpanan-penyimpanan total potassium melalui sekresi potassium yang meningkat dalam urin. Adalah penting untuk mencatat bahwa kebanyakan diuretics meningkatkan ekskresi potassium ginjal. Hanya diuretics hemat potassium yang disebutkan diatas mengurangi ekskresi potassium ginjal.
  • Obat-obat yang menstimulasi beta-2 adrenergic receptors, seperti albuterol dan epinephrine, juga telah digunakan untuk memandu potassium balik kedalam sel-sel.
  • Obat-obat yang dikenal sebagai cation-exchange resins, yang mengikat potassium dan menjurus pada ekskresinya via saluran pencernaan.
  • Dialysis, terutama jika tindakan-tindakan lain telah gagal atau jika gagal ginjal hadir.

Perawatan dari hyperkalemia secara alamiah juga termasuk perawatan dari penyebab-penyebab apa saja yang mendasari (contohnya, penyakit ginjal, penyakit adrenal, pembinasaan jaringan) dari hyperkalemia.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah