(Mesin Pencari Google)





Hydrocephalus



Definisi Hydrocephalus

Istilah hydrocephalus diperoleh dari kata-kata Yunani "hydro" berarti air dan "cephalus" berarti kepala. Seperti namanya menyiratkan, ia adalah kondisi dimana karakteristik utama adalah akumulasi cairan yang berlebihan dalam otak. Meskipun hydrocephalus pernah sekali dikenal sebagai "air di otak," "air" sebenarnya adalah cairan cerebrospinal atau cerebrospinal fluid (CSF) - cairan bening yang mengelilingi otak dan sumsum tulang (spinal cord). Akumulasi yang berlebihan dari CSF berakibat pada pelebaran yang abnormal dari ruang-ruang dalam otak yang disebut ventricles. Pelebaran ini menciptakan tekanan yang berpotensi membahyakan pada jaringan-jaringan otak.

Sistim ventricular terbentuk dari empat ventricles yang dihubungkan oleh jalan-jalan lintasan yang sempit. Normalnya, CSF mengalir melalui ventricles, keluar kedalam cistern-cistern (ruang-ruang tertutup yang melayani sebagai reservoir-reservoir) pada dasar dari otak, merendam permukaan-permukaan dari otak dan spinal cord (sumsum tulang), dan kemudian menyerap kembali kedalam aliran darah.

CSF mempunyai tiga fungsi-fungsi mempertahankan hehidupan yang penting: 1) untuk mempertahankan jaringan otak mengapung, bekerja sebagai bantalan atau "peredam goncangan"; 2) untuk bekerja sebagai kendaraan untuk pengantaran nutrisi-nutrisi pada otak dan mengeluarkan pembuangan; dan 3) untuk mengalir antara cranium dan spine (tulang belakang) dan mengkompensasi perubahan-perubahan pada volume darah intracranial (jumlah darah didalam otak).

Keseimbangan antara produksi dan penyerapan (absorpsi) dari CSF adalah sangat penting. Karena CSF dibuat secara terus menerus, kondisi-kondisi medis yang menghalangi aliran atau penyerapannya yang normal akan berakibat pada akumulasi yang berlebihan dari CSF. Tekanan cairan yang berakibat darinya terhadap jaringan otak adalah apa yang menyebabkan hydrocephalus.

Tipe-Tipe Yang Berbeda Dari Hydrocephalus

Hydrocephalus mungkin dibawa sejak lahir atau diperoleh. Hydrocephalus congenital (sejak lahir) hadir pada kelahiran dan mungkin disebabkan oleh kejadian-kejadian atau pengaruh-pengaruh yang terjadi selama perkembangan janin, atau kelainan-kelainan genetik. Hydrocephalus yang diperoleh berkembang pada saat kelahiran atau suatu ketika setelahnya. Tipe hydrocephalus ini dapat mempengaruhi individu-individu dari semua umur dan mungkin disebabkan oleh luka atau penyakit.

Hydrocephalus mungkin juga adalah communicating atau non-communicating. Communicating hydrocephalus terjadi ketika aliran dari CSF terhalang setelah ia keluar dari ventricles. Bentuk ini disebut communicating karena CSF masih dapat mengalir antara ventricles, yang tetap terbuka. Non-communicating hydrocephalus - juga disebut "obstructive" hydrocephalus - terjadi ketika aliran dari CSF terhalang bersama dengan satu atau lebih dari jalan-jalan lintasan sempit yang menghubungkan ventricles. Salah satu dari penyebab-penyebab yang paling umum dari hydrocephalus adalah "aqueductal stenosis". Pada kasus ini, hydrocephalus berakibat dari penyempitan dari aqueduct of Sylvius, jalan lintasan kecil antara ventricles ketiga dan keempat ditengah otak.

Ada dua bentuk lain dari hydrocephalus yang tidak cocok dengan tepat kedalam kategori-kategori yang disebutkan diatas dan terutama mempengaruhi kaum dewasa: hydrocephalus ex-vacuo dan normal pressure hydrocephalus (NPH).

Hydrocephalus ex-vacuo terjadi ketika stroke atau luka traumatic menyebakan kerusakan pada otak. Pada kasus-kasus ini, jaringan otak mungkin benar-benar menyusut. Normal pressure hydrocephalus dapat terjadi pada orang-orang pada segala umur,namun ia adalah paling umum diantara kaum tua. Ia mungkin berakibat dari subarachnoid hemorrhage, trauma kepala, infeksi, tumor, atau komplikasi-komplikasi dari operasi. Bagaimanapun, banyak orang-orang mengembangkan normal pressure hydrocephalus bahkan ketika tidak satupun dari faktor-faktor ini hadir untuk sebab-sebab yang tidak diketahui.



Alat Steril Botol Susu Bayi