Blog Informasi Kesehatan anda dan Keluarga

Pengertian Hipertensi dan Resikonya Dalam Kehidupan

0

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah kondisi kronis di mana adanya tekanan darah yang terjadi pada area sekitar dinding arteri atau pembuluh darah bersih yang semakin meningkat. Kejadian ini lebih dikenal dimasyarakan dengan sebutan “pembunuh diam-diam” karena jarang adanya gejala awal yang cukup jelas. Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui apakah Anda kini telah memiliki penyakit hipertensi yaitu dengan mengukur seberapa tekanan darah dalam diri Anda.

Jika Anda belum pernah melakukan pemeriksaan dan tidak mengetahui seberapa nilai tekanan darah Anda, cobalah untuk meminta kepada dokter atau puskesmas untuk memeriksanya. Kami menyarankan kepada seluruh wanita ataupun pria dewasa sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah mereka minimal setiap empat tahun sekali.

hipertensi pengertian dan resikonya

Pada tahun 2013, badan Riset Kesehatan Dasar atau yang disingkat dengan Riskesdas menunjukkan kalau para penderita hipertensi yang memiliki range usia di atas 18 tahun telah mencapai angka 24,7 persen dari total keseluruhan penduduk negara Indonesia. Penderita hipretensi dengan jenis kelamin perempuan jumlahnya lebih banyak 6 persen dibanding pasien dengan jenis kelamin laki-laki.

Sedangkan pasien yang telah terdiagnosis oleh layanan kesehatan hanya mencapai angka 9,4 persen. Tentu saja ini berarti masih sangat banyak penderita hipertensi yang ternyata tidak memiliki jangkauan dan terdiagnosa oleh para pelayanan kesehatan dan juga tidak mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan anjuran para dokter. Hal tersebut yang akhirnya membuat penyakit hipertensi menjadi salah satu penyumbang kematian dengan angka tertinggi di negara Indonesia diatasnya aborsi dengan menggunakan cara menggugurkan kandungan dengan bahan alami yang berbahaya.

Risiko Mengidap Hipertensi

90 persen kasus,penyebab penyakit hipertensi belum dapat dipastikan. Seiring dengan semakin bertambahnya usia pasien, kemungkinan jika Anda akan mengalami hipertensi juga akan ikut meningkat. Dibawah ini kami jabarkan beberapa faktor yang mungkin saja dapat memicu dan juga dapat memengaruhi adanya peningkatan risiko terhadap penyakit hipertensi.

  • Pria atau wanita yang berusia di atas 64 tahun.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Orang yang mengkonsu garam berlebihan.
  • Memiliki keturunan keluarga dengan hipertensi.
  • Jarang berolahraga.
  • Kurang makan buah dan sayuran.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.
  • Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).

Leave A Reply

Your email address will not be published.