Penyakit Refluks

Gastro Esofageal

(PRGE)



Komplikasi-Komplikasi PRGE/GERD

Borok-Borok (Ulcers)

Cairan dari lambung yang mengalir balik (refluks) kedalam esofagus merusak sel-sel yang melapisi esofagus. Tubuh merespon dalam cara yang ia biasanya merespon pada kerusakan, yang adalah peradangan (esophagitis). Tujuan dari peradangan adalah untuk menetralkan agen yang merusak dan memulai proses penyembuhan. Jika kerusakannya berjalan dalam kedalam esofagus, borok terbentuk. Borok adalah hanya pecahan pada lapisan esofagus yang terjadi pada area peradangan. Borok-borok dan peradanagn tambahan yang mereka bangkitkan mungkin mengikis kedalam pembuluh-pembuluh darah esofagus dan menimbulkan perdarahan kedalam esofagus.

Adakalanya, perdarahannya parah dan mungkin memerlukan:

  • transfusi-transfusi darah,
  • prosedur endoskopi (dimana tabung dimasukan melalui mulut kedalam esofagus untuk melihat tempat perdarahan dan untuk menghentikan perdarahan), atau
  • perawatan operasi.

Penyempitan-Penyempitan

Borok-borok dari esofagus sembuh dengan pembentukan luka-luka parut (fibrosis). Dengan berjalannya waktu, jaringan parut menyusut dan menyempitkan lumen (rongga dalam) dari esofagus. Penyempitan yang ditinggalkan luka parut ini disebut penyempitan (stricture). Makanan yang ditelan mungkin tersangkut dalam esofagus sekali penyempitan menjadi cukup parah (biasanya ketika ia menyempitkan lumen esofagus ke garis tengah dari 1 cm). Situasi ini mungkin memerlukan pengangkatan makanan yang tersangkut secara endoskopi. Kemudian, untuk mencegah makanan menempel, penyempitan harus diregangkan (diperlebar). Lebih dari itu, untuk mencegah kekambuhan dari penyempitan, refluks juga harus dicegah.

Barrett's esophagus

PRGE/GERD yang sudah berjalan lama dan/atau yang parah menyebabkan perubahan-perubahan pada sel-sel yang melapisi esofagus pada beberapa pasien-pasien. Sel-sel ini adalah bersifat prakanker dan akhirnya menjadi bersifat kanker. Kondisi ini dirujuk sebagai Barrett's esophagus dan terjadi pada kira-kira 10% dari pasien-pasien dengan PRGE/GERD. Tipe dari kanker esofagus yang berhubungan dengan Barrett's esophagus (adenocarcinoma) meningkat dalam frekwensinya. Adalah tidak jelas mengapa beberapa pasien-pasien dengan PRGE/GERD mengembangkan Barrett's esophagus, namun kebanyakan pasien-pasien tidak.

Barrett's esophagus dapat dikenali secara visual pada saat endoskopi dan dikonfirmasikan oleh pemeriksaan mikroskopik dari biopsi-biopsi sel-sel lapisan. Kemudian, pasien-pasien dengan Barrett's esophagus mungkin memerlukan endoskopi-endoskopi pengawasan secara periodik dengan biopsi-biopsi. Tujuan dari pengawasan adalah untuk mendeteksi perubahan-perubahan yang bersifat prakanker sehingga perawatan pencegahan kanker dapat dumulai. Juga dipercayai bahwa pasien-pasien dengan Barrett's esophagus harus menerima perawatan yang maksimum untuk PRGE/GERD untuk mencegah kerusakan lebih jauh pada esofagus. Prosedur-prosedur sedang dipelajari yang mengangkat sel-sel lapisan yang abnormal. Beberapa teknik-teknik endoskopi yang bukan operasi dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel. Teknik-teknik ini adalah menarik karena mereka tidak memerlukan operasi; bagaimanapun, ada komplikasi-komplikasi yang terkait, dan keefektifan jangka panjang dari perawatan masih belum ditentukan. Pengangkatan esofagus secara operasi adalah selalu suatu pilihan.

Batuk Dan Asma

Banyak syaraf-syaraf berada pada esofagus bagian bawah. Beberapa dari syaraf-syaraf ini distimulasi oleh asam yang dialirkan balik (refluks), dan stimulasi ini berakibat pada nyeri (biasanya heartburn). Syaraf-syaraf lain yang distimulasi tidak menghasilkan nyeri. Sebagai gantinya, mereka menstimulasi syaraf-syaraf lain yang membangkitkan batuk. Pada cara ini, cairan yang dialirkan balik dapat menyebabkan batuk tanpa pernah mencapai tenggorokan! Dalam cara yang serupa, pengalira balik kedalam esofagus bagian bawah dapat menstimulasi syaraf-syaraf esofagus yang menghubung ke dan dapat menstimulasi syaraf-syaraf yang pergi ke paru-paru. Syaraf-syaraf ini ke paru-paru kemudian dapat menyebabkan tabung-tabung pernapasan yang lebih kecil untuk menyempit, berakibat pada serangan asma.

Jadi, PRGE/GERD adalah penyebab umum dari batuk yang tidak dapat dijelaskan. Meskipun PRGE/GERD juga mungkin adalah penyebab dari asma, adalah lebih mungkin bahwa ia mempercepat serangan-serangan asma pada pasien-pasien yang telah mempunyai asma. Meskipun batuk kronis dan asma adalah penyakit yang umum, adalah tidak jelas sebagaimana sering mereka diperburuk atau disebabkan oleh PRGE/GERD.

Peradangan Tenggorokan Dan Larynx

Jika cairan yang dialirkan balik dapat melewati sfingter esofagus bagian atas, ia dapat memasuki tenggorokan (pharynx) dan bahkan kotak suara (larynx). Peradangan yang diakibatkannya dapat menjurus pada sakit tenggorokan dan keparauan suara. Seperti dengan batuk dan asma, adalah tidak jelas sebagaimana umum PRGE/GERD bertanggung jawab untuk peradangan tenggorokan dan larynx yang jika tidak tidak dapat dijelaskan.

Peradangan Dan Infeksi Paru-Paru

Cairan yang dialirkan balik (refluks) yang melewati larynx dapat memasuki paru-paru. Refluks dari cairan kedalam paru-paru (disebut aspiration) seringkali berakibat pada batuk dan tercekik. Aspiration, bagaimanapun, dapat juga terjadi tanpa menghasilkan gejala-gejala ini. Dengan atau tanpa gejala-gejala ini, aspiration mungkin menjurus pada infeksi paru-paru dan berakibat pada pneumonia. Tipe pneumonia ini adalah persoalan yang serius yang memerlukan perawatan segera. Ketika aspiration tidak disertai oleh gejala-gejala, ia dapat berakibat pada luka parut dari paru-paru yang perlahan dan progresif (pulmonary fibrosis) yang dapa terlihat pada x-rays dada. Aspiration lebih mungkin terjadi pada malam hari karena itulah ketika proses-proses (mekanisme-mekanisme) yang melindungi terhadapa refluks tidak aktif dan refleks batuk yang melindungi paru-paru juga tidak aktif.

Cairan Dalam Sinus-Sinus Dan Telinga-Telinga Tengah

Tenggorokan berhubungan dengan jalan-jalan lintasan hidung. Pada anak-anak kecil, dua potongan kecil dari jaringan limfa, yang disebut adenoid-adenoid, berlokasi dimana bagian atas dari tenggorokan bergabung dengan jalan-jalan lintasan hidung. Jalan-jalan lintasan dari sinus-sinus dan tabung-tabung dari telinga-telinga tengah (Eustachian tubes) terbuka kedalam belakang dari jalan-jalan lintasan hidung dekat adenoid-adenoid. Cairan yang dialirkan balik yang memasuki tenggorokan bagian atas dapat meradang adenoid-adenoid dan menyebabkan mereka untuk membengkak. Adenoid-adenoid kemudian dapat menghalangi jalan-jalan lintasan dari sinus-sinus dan tabung-tabung Eustachian. Ketika sinus-sinus dan telinga-telinga tengah tertutup dari jalan-jalan lintasan hidung oleh pembengkakan dari adenoids, cairan berakumulasi didalam mereka. Akumulasi cairan ini dapat menjurus pada ketidaknyamanan pada sinus-sinus dan telinga-telinga. Karena adenoid-adenoid menonjol pada anak-anak muda, dan tidak pada kaum dewasa, akumulasi cairan ini dalam telinga-telinga dan sinus-sinus terlihat pada anak-anak dan tidak pada kaum dewasa.



Alat Steril Botol Susu Bayi

5

Milyar

Rupiah

Anda Ingin Penghasilan Yang Legal (5 Milyar Rp ?), Mudah Dan Yang Terpenting Bukan Money Game ?

Klik Website ini :

5 Milyar Rupiah