(Mesin Pencari Google)





Gangguan Mata


Apakah Eye Floaters Berbahaya ?

Eye floaters dapat menyebalkan, namun mereka sendiri tidak berbahaya. Kebanyakan dari eye floaters disebabkan oleh perubahan-perubahan penuaan yang normal didalam mata. Bagaimanapun, seseorang yang mengembangkan gejala-gejala eye floaters harus diperiksa oleh dokter mata untuk memastikan bahwa tidak ada kelainan yang berhubungan dengan mata yang memerlukan perawatan. Penimbulan yang mendadak dari banyak eye floaters atau timbulnya eye floaters yang berhubungan dengan kilasan-kilasan cahaya (flashing lights) dapat menandakan robekan retina yang memerlukan perawatan untuk mencegah pelepasan retina (retinal detachment). Tabir/tirai atau awan pada penglihatan atau kehilangan penglihatan samping mungkin adalah gejala yang berhubungan dengan retinal detachment.

Diagnosis Eye Floaters

Ketika anda pergi ke dokter mata anda dengan gejala eye floaters, ia pertama-tama akan menanyakan pertanyaan mengenai mereka. Dokter mata akan memeriksa penglihatan anda, melihat pada depan mata anda dengan lampu celah, dan kemudian meneteskan tetes mata kedalam mata untuk memperlebar pupil. Setelah pupil diperlebar, retina dan vitreous akan diperiksa dengan sinar-sinar yang terang dari ophthalmoscope. Dokter mata akan mampu melihat eye floaters sendiri dan akan mampu memberitahukan anda apakah ada kelainan-kelainan apa saja yang berhubungan dengan mata yang memerlukan tes-tes atau perawatan-perawatan yang lebih jauh.

Bisa Hilangkah Eye Floaters ?

Kebanyakan eye floaters berkurang pada ukuran dan kegelapannya dengan waktu. Beberapa dari ini disebabkan oleh penyerapan yang nyata dari floater melalui proses-proses alamiah didalam mata. Eye floaters juga dapat bergeser dalam posisinya didalam mata, berakibat pada efek bayangan yang lebih sedikit. Sebagai tambahan, syaraf-syaraf didalam otak beradaptasi dan seringkali menjadi terbiasa dengan kehadiran eye floaters, mengabaikan mereka dalam cara yang mirip pada perasaan anda yang hanya merasakan sepatu anda pada kaki anda jika anda memikirkan tentang itu. Eye floaters akhirnya bertendensi menjadi lebih sedikit menyebalkan.

Menghilangkan Eye Floaters

Tidak ada metode-metode yang aman dan terbukti untuk menghilangkan gejala-gejala eye floaters disebabkan oleh vitreous syneresis atau posterior vitreous detachment. Kebanyakan akan memudar melalui waktu dan menjadi lebih berkurang menyebalkan atau dirasakan. Belajar teknik-teknik relaksasi dapat mempercepat adaptasi pada eye floaters yang gigih.

Dapatkah Obat-obatan menghilangkan Eye Floaters ?

Meskipun jamu-jamu tertentu, vitamin-vitamin, dan produk-produk yang mengandung iodine telah dipuji sebagai efektif dalam mengurangi eye floaters, tidak satu dari ini pun telah terbukti efektif dalam percobaan-percobaan klinis. Pada kasus-kasus tidak umum dimana eye floaters disebabkan oleh sel-sel darah putih didalam vitreous dari peradangan atau infeksi, obat-obat anti peradangan atau aitibiotik-antibiotik yang sesuai akan mengurangi jumlah sel-sel darah putih. Tidak ada obat-obat oral atau tetes mata yang bernilai untuk mengurangi tipe yang umum dari eye floaters.

Dapatkah Eye Floaters dihilangkan melalui Operasi ?

Pemecahan dari eye floaters dengan penggunaan dari laser YAG telah dianjurkan oleh beberapa orang, namun tidak ada bukti bahwa ini efektif. Penggunaan laser juga menghadapkan pada risiko-risiko signifikan pada penglihatan dari mata yang jika tidak adalah mata yang sehat. Vitreous sendiri juga dapat diangkat dengan operasi oleh prosedur yang disebut vitrectomy. Ini melibatkan beberapa irisan kedalam mata dan dicadangkan untuk situasi-situasi yang mana ada sejumlah besar dari darah yang tidak menghilang atau puing-puing peradangan didalam mata. Operasi dari yang manapun seharusnya tidak dilaksanakan pada pasien-pasien dengan tipe yang umum dari eye floaters dalam kaitan dengan vitreous syneresis atau posterior vitreous detachment.



Alat Steril Botol Susu Bayi