(Mesin Pencari Google)





Kanker Esophagus

(Esophageal Cancer)



Efek-Efek Sampingan Perawatan

Efek-efek sampingan dari perawatan kanker tergantung pada tipe perawatan dan mungkin adalah berbeda untuk setiap orang. Dokter-dokter dan perawat-perawat dapat menjelaskan kemungkinan efek-efek sampingan dari perawatan, dan mereka dapat menyarankan cara-cara untuk membantu membebaskan gejala-gejala yang mungkin terjadi selama dan setelah perawatan.

  • Operasi untuk kanker esophagus mungkin menyebabkan nyeri dan kepekaan jangka pendek pada area operasi, namun ketidaknyamanan atau nyeri ini dapat dikontrol dengan obat. Pasien-pasien diajarkan pernapasan khusus dan latihan-latihan batuk untuk mempertahankan paru-paru mereka bersih.
  • Terapi Radiasi mempengaruhi baik sel-sel normal maupun sel-sel yang bersifat kanker. Efek-efek sampingan dari terapi radiasi tergantung sebagian besar pada dosis dan bagian tubuh yang dirawat. Efek-efek sampingan yang umum dari terapi radiasi pada esophagus adalah mulut dan tenggorokan yang kering dan luka; kesulitan menelan; pembengkakan dari mulut dan gusi-gusi; lubang-lubang gigi; kelelahan; perubahan-perubahan kulit ditempat perawatan; dan kehilangan nafsu makan.
  • Kemoterapi, seperti terapi radiasi, mempengaruhi baik sel-sel normal maupun sel-sel yang bersifat kanker. Efek-efek sampingan tergantung sebagian besar pada obat-obat dan dosis spesifik. Efek-efek sampingan yang umum dari kemoterapi termasuk mual dan muntah, nafsu makan yang buruk, rambut rontok, ruam kulit dan gatal, luka-luka mulut dan bibir, diare, dan kelelahan. Efek-efek sampingan ini umumnya hilang secara berangsur-angsur selama periode-periode kesembuhan antara perawatan-perawatan atau setelah perawatan selesai.
  • Terapi Laser dapat menyebabkan nyeri jangka pendek dimana perawatan diberikan, namun ketidaknyamanan ini dapat dikontrol dengan obat.
  • Photodynamic therapy membuat kulit dan mata-mata sangat peka pada cahaya untuk 6 minggu atau lebih setelah perawatan. Efek-efek sampingan yang untuk sementara lainnya dari PDT mungkin termasuk batuk, kesulitan menelan, nyeri perut, pernapasan yang menyakitkan atau sesak napas.
Dokter-dokter dan perawat-perawat dapat menjelaskan kemungkinan efek-efek sampingan dari perawatan, dan mereka dapat menyarankan cara-cara untuk membantu membebaskan gejala-gejala yang mungkin terjadi selama dan setelah perawatan.

Nutrisi Untuk Pasien-Pasien Kanker

Makan dengan baik selama perawatan kanker berarti mendapatkan kalori-kalori dan protein-protein yang cukup untuk mengontrol kehilangan berat badan dan mempertahankan kekuatan. Makan dengan baik seringkali membantu orang-orang dengan kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.

Bagaimanapun, banyak orang-orang dengan kanker esophagus merasa sulit untuk makan dengan baik karena mereka mempunyai kesulitan menelan. Pasien-pasien mungkin tidak merasa ingin makan jika mereka tidak nyaman atau lelah. Juga, efek-efek sampingan yang umum dari perawatan, seperti nafsu makan yang buruk, mual, muntah, mulut yang kering, atau luka-luka mulut, dapat membuat makan menjadi sulit. Makanan mungkin rasanya berbeda.

Setelah operasi, pasien-pasien mungkin menerima nutrisi-nutrisi secara langsung kedalam vena. Cara mendapatkan nutrisi kedalam tubuh ini disebut IV. Beberapa mungkin memerlukan tabung yang memberi makan (tabung plastik yang lentur yang dimasukan melalui hidung ke lambung atau melalui mulut ke lambung) sampai mereka mampu untuk makan sendiri.

Pasien-pasien dengan kanker kerongkongan biasanya didorong untuk makan beberapa kali makanan kecil dan snacks sepanjang hari, daripada mencoba makan makanan besar tiga kali. Ketika menelan adalah sulit, banyak pasien-pasien dapat tetap mencoba makan makanan yang lunak yang dilembabkan dengan saus atau kuah daging. Puddings, ice cream, dan soups adalah bernutrisi dan biasanya adalah mudah untuk ditelan. Adalah mungkin berguna untuk menggunakan blender untuk memproses makanan yang keras. Dokter, ahli diet, ahli nutrisi, atau penyedia perawatan kesehatan lain dapat menasehati pasien-pasien tentang ini dan cara-cara lain untuk memelihara diet yang sehat.



Alat Steril Botol Susu Bayi