(Mesin Pencari Google)





ENDOMETRIOSIS



Perawatan Endometriosis Secara Operasi

Perawatan secara operasi untuk endometriosis dapat bermanfaat ketika gejala-gejala endometriosis berat/parah atau ketika telah ada respon yang tidak mencukupi pada perawatan medis. Operasi adalah perawatan yang lebih disukai ketika ada distorsi (penyimpangan) anatomi dari organ-organ pelvis atau rintangan dari usus atau saluran kencing. Terapi-terapi secara operasi untuk endometriosis mungkin dikelompokan sebagai konservatif, dimana jaringan kandungan dan indung-indung telur dipertahankan, atau definitif, dimana melibatkan hysterectomy (pengangkatan dari kandungan), dengan atau tanpa pengangkatan dari indung-indung telur.

Operasi konservatif secara khas dilakukan dengan laparoscopy. Endometrial implants mungkin dipotong/dikeluarkan dengan laser. Jika penyakitnya ekstensif (luas) dan anatominya didistorsi (disimpangkan), laparotomy (pembukaan dinding perut via sayatan yang lebih besar) mungkin diperlukan.

Sementara perawatan-perawatan secara operasi dapat sangat efektif dalam mengurangi nyeri, angka kekambuhan dari endometriosis setelah perawatan secara operasi telah diperkirakan setinggi 40%. Banyak dokter-dokter merekomendasikan untuk wanita-wanita yang telah mempunyai operasi untuk endometriosis mengkonsumsi obat-obat oral setelah operasi untuk membantu mempertahankan pembebasan gejala.

Perawatan Ketidaksuburan (Kemandulan) Yang Berhubungan Dengan Endometriosis

Endometriosis lebih umum pada wanita-wanita yang mandul dibanding dengan wanita-wanita yang subur. Bagaimanapun, kondisi ini biasanya tidak secara penuh mencegah konsepsi (penghamilan). Kebanyakan wanita-wanita dengan endometriosis akan masih mampu untuk hamil, terutama mereka yang dengan endometriosis yang ringan sampai sedang. Diperkirakan bahwa sampai dengan 70% dari wanita-wanita dengan endometriosis yang ringan sampai sedang akan hamil dalam tiga tahun tanpa segala perawatan yang spesifik.

Sebab-sebab untuk penurunan dalam kesuburan tidak dimengerti secara penuh, namun mungkin disebabkan oleh keduanya faktor-faktor anatomi dan hormon. Kehadiran endometriosis mungkin melibatkan massa-massa dari jaringan atau luka-luka parut (adhesions) didalam pelvis yang mungkin menyimpangkan struktur-struktur anatomi normal, seperti tabung-tabung Fallopian, yang mengangkut telur-telur dari indung-indung telur. Secara alternatif, endometriosis mungkin mempengaruhi kesuburan melaui produksi hormon-hormon dan senyawa-senyawa lain yang mempunai efek negatif pada ovulasi, pembuahan telur, dan/atau implantasi embrio. Kemandulan yang berhubungan dengan endometriosis lebih umum pada wanita-wanita dengan bentuk-bentuk yang berat dari penyakit.

Opsi-opsi (pilihan) perawatan untuk kemandulan yang berhubungan dengan endometriosis adalah beragam, namun kebanyakan dokter-dokter percaya bahwa perawatan-perawatan secara operasi lebih unggul daripada perawatan-perawatan secara hormon atau medis untuk endometriosis ketika tujuan adalah peningkatan kesuburan. Teknik-teknik reproduksi yang membantu mungkin juga digunakan ketika tepat dalam kombinasi dengan terapi operasi.



Alat Steril Botol Susu Bayi