(Mesin Pencari Google)





Encephalitis dan

Meningitis


Definisi Encephalitis

Encephalitis adalah suatu peradangan dari otak. Ada banyak tipe-tipe dari encephalitis, kebanyakan darinya disebabkan oleh infeksi-infeksi. Paling sering infeksi-infeksi ini disebabkan oleh virus-virus. Encephalitis dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit yang menyebabkan peradangan dari otak.

Gejala-Gejala Encephalitis

Gejala-gejala dari encephalitis termasuk demam yang tiba-tiba, sakit kepala, muntah, kepekaan penglihatan pada sinar, leher dan punggung yang kaku, kebingungan, keadaan mengantuk, kecanggungan, gaya berjalan yang tidak mantap, dan mudah terangsang. Kehilangan kesadaran , kemampuan reaksi yang buruk, serangan-serangan, kelemahan otot, demensia berat yang tiba-tiba dan kehilangan memori dapat juga ditemukan pada pasien-pasien dengan encephalitis.

Siapa saja yang mengalami gejala-gejala dari encephalitis harus segera mengunjungi seorang dokter.

Definisi Meningitis

Meningitis adalah suatu peradangan dari selaput-selaput (yang disebut meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (spinal cord). Meningitis mungkin disebabkan oleh banyak virus-virus dan bakeri-bakteri yang berbeda. Ia juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit yang dapat memicu peradangan dari jaringan-jaringan tubuh tanpa infeksi (seperti systemic lupus erythematosus dan penyakit Behcet)

Gejala-Gejala Meningitis

Gejala-gejala dari meningitis, yang mungkin tampak secara tiba-tiba, seringkali termasuk demam yang tinggi, sakit kepala yang berat dan gigih (persisten), leher kaku, mual, dan muntah. Perubahan-perubahan pada kelakuan, seperti kebingungan, ngantuk, dan kesulitan untuk berjaga/bangun, adalah gejala-gejala yang penting. Pada bayi-bayi, gejala-gejala dari meningitis adalah seringkali jauh kurang spesifik dan mungkin termasuk mudah terangsang atau kecapaian, penyusuan yang buruk, dan demam.

Beberapa tipe-tipe dari meningitis dapat mematikan jika tidak segera dirawat. Siapa saja yang mengalami gejala-gejala dari meningitis harus segera mengunjungi seorang dokter.

Definisi Encephalomyelitis

Encephalomyelitis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada peradangan dari keduanya yaitu otak dan spinal cord. Encephalomyelitis dapat disebabkan oleh suatu keragaman dari kondisi-kondisi yang menjurus pada iritasi dari otak dan spinal cord. Diantara penyebab-penyebab umum dari encephalomyelitis adalah virus-virus yang menginfeksi jaringan-jaringan syaraf (contohnya, virus herpes zoster). Orang-orang dengan encephalomyelitis dapat memperlihatkan kombinasi-kombinasi dari beragam gejala-gejala dari encephalitis atau meningitis.

Mendiagnosis Encephalitis dan Meningitis

Encephalitis atau meningitis disarankan ketika gejala-gejala yang digambarkan diatas hadir. Dokter mendiagnosis encephalitis atau meningitis setelah melengkapi suatu sejarah yang menyeluruh (menanyakan pada pasien pertanyaan-pertanyaan) dan pemeriksaan. Pemeriksaan termasuk pengaturan-pengaturan siasat khusus untuk mendeteksi tanda-tanda peradangan dari selaput-selaput yang mengelilingi otak dan spinal cord (meninges). Berdasarkan pada sejarah dan pemeriksaan, dokter menyarankan tes-tes khusus untuk lebih lanjut membantu dalam menentukan diagnosis.

Tes-tes yang digunakan dalam mengevaluasi individu-individu yang dicurigai mempunyai encephalitis atau meningitis termasuk evaluasi darah untuk tanda-tanda dari infeksi dan kemungkinan kehadiran dari bakteri-bakteri, scanning otak (seperti MRI scan), dan analisa cairan spinal.

Suatu lumbar puncture adalah metode yang paling umum untuk memperoleh suatu contoh dari cairan dalam spinal canal (cerebrospinal fluid atau CSF) untuk pemeriksaan. Suat lumbar puncture (LP) adalah pemasukan dari sebuah jarum kedalam cairan didalam spinal canal. Ia diistilahkan suatu "lumbar puncture" karena jarumnya masuk kedalam bagian lumbar (bagian yang lebih bawah dari tulang belakang). Jarum melewati diantara bagian-bagian yang bertulang dari spine sampai ia mencapai cairan cerebral spinal. Suatu jumlah yang kecil dari cairan kemudian diambil dan dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan. Evaluasi dari cairan spinal biasanya adalah perlu untuk diagnosis yang pasti dan untuk membantu membuat keputusan-keputusan perawatan yang optimal (seperti pilihan antibiotik-antibiotik yang tepat).

Diagnosis dikonfirmasikan oleh hasil-hasil cairan spinal yang abnormal.



Alat Steril Botol Susu Bayi