(Mesin Pencari Google)





Kehamilan Diluar

Kandungan

(Ectopic Pregnancy)



Gejala-Gejala Dari Kehamilan Diluar Kandungan (Ectopic Pregnancy)

Gejala-gejala klasik dari kehamilan diluar kandungan termasuk:

  • nyeri perut,
  • ketidakhadiran dari periode-periode menstruasi (amenorrhea), dan
  • perdarahan vagina.

Wanita mungkin tidak sadar bahwa ia hamil. Gejala-gejala karakteristik ini terjadi pada kehamilan-kehamilan diluar kandungan yang robek (yang disertai oleh perdarahan internal yang parah) dan kehamilan-kehamilan diluar kandungan yang tidak robek. Bagaimanpun, sementara gejala-gejala ini adalah khas untuk kehamilan diluar kandungan, mereka tidak berarti kehamilan diluar kandungan adalah perlu hadir dan dapat mewakili kondisi-kondisi lain. Faktanya, gejala-gejala ini juga terjadi dengan threatened abortion (keguguran) pada kehamilan-kehamilan yang bukan diluar kandungan.

Gejala-gejala dari kehamilan diluar kandungan secara khas terjadi enam sampai delapan minggu setelah periode menstruasi normal yang terakhir, namun mereka mungkin terjadi kemudian jika kehamilann diluar kandungan tidak berlokasi dalam tabung Fallopian. Gejala-gejala lain dari kehamilan (mual, ketidaknyamanan payudara, dan seterusnya) mungkin juga hadir pada kehamilan diluar kandungan. Kelemahan, kepeningan, dan rasa pingsan ketika berdiri dapat mewakili perdarahan internal yang serius dari kehamilan diluar kandungan yang robek/pecah dan memerlukan perhatian medis yang segera.

Mendiagnosa Kehamilan Diluar Kandungan (Ectopic Pregnancy)

Tindakan pertama dalam diagnosis adalah wawancara dan pemeriksaan oleh dokter. Adakalanya, dokter mungkin merasakan massa yang lembut sewaktu pemeriksaan pelvis. Jika kehamilan diluar kandungan dicurigai, gabungan dari tes-tes hormon darah dan ultrasound pelvis dapat biasanya membantu menegakan diagnosis. Transvaginal ultrasound adalah tes yang paling bermanfaat untuk melihat kehamilan diluar kandungan. Pada tes ini, ultrasound probe dimasukan kedalam vagina, dan gambar-gambar pelvis terlihat pada monitor. Transvaginal ultrasound dapat mengungkap kantong kehamilan (gestational sac) pada kehamilan yang normal (intrauterine) atau kehamilan diluar kandungan, namun seringkali penemuan-penemuan tidak konklusif (meyakinkan). Daripada kantong kehamilan yang mengandung embrio yang terlihat, pemeriksaan mungkin hanya mengungkap massa didalam area dari tabung-tabung Fallopian atau ditempat lain yang menyarankan, namun tidak menentukan untuk, kehamilan diluar kandungan. Ultrasound dapat juga menunjukan ketidakhadiran dari kehamilan didalam kandungan (uterus).

Tingkat-tingkat darah beta subunit of human chorionic gonadotrophin (beta HCG) juga digunakan dalam diagnosis dari kehamilan diluar kandungan. Tingkat-tingkat Beta HCG normalnya naik selama kehamilan. Pola yang abnormal dalam naiknya hormon ini dapat menjadi petunjuk pada kehadiran dari kehamilan diluar kandungan. Pada kasus-kasus yang jarang, laparoscopy mungkin diperlukan untuk akhirnya mengkonfirmasi diagnosis dari kehamilan diluar kandungan. Sewaktu laparoscopy, alat-alat penglihat dimasukan melalui sayatan-sayatan kecil pada dinding perut untuk melihat struktur-struktur pada perut dan pelvis, dengan demikian mengungkapkan tempat dari kehamilan diluar kandungan.



Alat Steril Botol Susu Bayi