(Mesin Pencari Google)





Echocardiogram



Bagaimana Saya Harus Mempersiapkan Diri Untuk Echocardiogram ?

Pada hari tes, makan dan munum seperti biasanya. Konsumsi semua dari obat-obat anda pada waktu-waktu yang biasa, seperti yang diresepkan oleh dokter anda.

Yang Terjadi Selama Tes

Selama tes, anda akan diberikan gown (baju panjang) rumah sakit untuk dipakai. Anda akan diminta untuk melepaskan baju anda dari pinggang ke atas. Cardiac sonographer akan menempatkan tiga elektrode-elektrode (lempengan-lempengn yang kecil, rata dan lengket) pada dada anda. Elektrode-elektrode disambung pada electrocardiograph monitor (ECG atau EKG) yang mempetakan aktivitas elektrik jantung anda.

Sonographer akan meminta anda untuk berbaring pada sisi kiri anda diatas meja pemeriksaan. Ia akan menempatkan wand (disebut transducer gelombang suara) pada beberapa area-area dari dada anda. Wand akan mempunyai jumlah yang kecil dari gel pada ujungnya, yang tidak akan membahayakan kulit anda. Gel digunakan untuk membantu menghasilkan gambar-gambar yang lebih jekas.

Suara-suara adalah bagian dari sinyal Doppler. Anda mungkin atau mungkin tidak mendengar suara-suara selama tes. Anda mungkin diminta untuk merubah posisi-posisi beberapa kali selama pemeriksaan dalam rangka untuk sonographer mengambil gambar-gambar dari area-area yang berbeda dari jantung anda. Anda juga mungkin diminta untuk menahan napas pada saat-saat selama pemeriksaan.

Anda seharusnya tidak merasakan ketidaknyamanan utama selama tes, meskipun anda mungkin merasakan kesejukan dari gel pada transducer dan sedikit tekanan dari transducer pada dada anda.

Tes akan memakan waktu kira-kira 40 menit. Setelah tes, anda dapat berpakaian dan menjalankan aktivitas-aktivitas harian anda. Dokter anda akan mendiskusikan hasil-hasil tes dengan anda.

Yang Saya Harus Lakukan Untuk Persiapan Stress Echo

Jika anda dijadwalkan untuk dobutamine stress echo dan anda mempunyai pacemaker (pemacu jantung), silahkan hubungi dokter anda untuk instruksi-instruksi spesifik. Alat anda mungkin perlu diperiksa sebelum tes.

Pada hari tes, jangan makan atau minum apa saja kecuali air empat jam sebelum tes. Jangan minum atau makan produk-produk kafein (cola, coklat, kopi, teh) 24 jam sebelum tes. Kafein akan mengganggu hasil-hasil dari tes anda. Karena banyak obat-obat tanpa resep mengandung kafein, jangan mengkonsumsi obat-obat bebas resep apa saja yang mengandung kafein 24 jam sebelum tes. Tanya dokter anda, apoteker atau perawat jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan tentang obat-obat yang mungkin mengandung kafein.

Jangan mengkonsumsi obat-obat jantung berikut 24 jam sebelum tes anda kecuali dokter anda mengatakan yang lainnya, atau kecuali obat diperlukan untuk merawat ketidaknyamanan dada:

  • Beta blockers (contohnya, Tenormin, Lopressor, Toprol, atau Inderal)
  • Isosorbide dinitrate (contohnya, Isordil, Sorbitrate)
  • Isosorbide mononitrate (contohnya, Ismo, Imdur, Monoket)
  • Nitroglycerin (contohnya, Deponit, Nitrostat, Nitropatches)

Dokter anda mungkin juga meminta anda untuk menghentikan mengkonsumsi obat-obat jantung lain pada hari tes anda. Jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan apa saja tentang obat-obat anda, tanyakan pada dokter anda. Jangan menghentikan obat apa saja tanpa lebih dahulu berbicara dengan dokter anda.

Jika anda memakai inhaler untuk pernapasan anda, silahkan membawanya pada tes stress echo.



Alat Steril Botol Susu Bayi