(Mesin Pencari Google)





Penyakit Hati Yang

Diinduksi Oleh Obat

(Drug-Induced Liver

Disease)



Steatosis (fatty liver)

Penyebab-penyebab yang paling umum dari akumulasi lemak pada hati adalah alkoholisme dan non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) yang berhubungan dengan kegemukan dan diabetes. Obat-obat mungkin menyebabkan fatty liver dengan atau tanpa hepatitis yang berkaitan. Pasien-pasien dengan fatty liver yang diinduksi obat mempunyai hanya beberapa gejala-gejala, atau tidak ada. Mereka secara khas mempunyai peninggian-peninggian yang ringan sampai sedang pada tingkat-tingkat darah dari ALT dan AST, dan juga mungkin mengembangkan hati-hati yang membesar. Pada kasus-kasus yang berat/parah, fatty liver yang diinduksi obat dapat menjurus pada sirosis dan gagal hati.

Obat-obat yang dilaporkan menyebabkan fatty liver termasuk total parenteral nutrition, methotrexate (Rheumatrex), griseofulvin (Grifulvin V), tamoxifen (Nolvadex), steroids, valproate (Depakote), dan amiodarone (Cordarone).

Pada situasi-situasi tertentu, fatty liver sendiri dapat mengancam nyawa. Contohnya, Reye's syndrome adalah penyakit hati yang jarang yang dapat menyebabkan fatty liver, gagal hati, dan koma. Dipercayai terjadi pada anak-anak dan remaja-remaja dengan influensa ketika mereka diberikan aspirin. Contoh lain dari fatty liver yang serius disebabkan oleh dosis yang tinggi dari intravenous tetracycline atau amiodarone. Herba-herba tertentu (contohnya, herba china Jin Bu Huan, digunakan sebagai obat penenang dan pembebas nyeri) juga dapat menyebabkan fatty liver yang serius.

Sirosis

Penyakit-penyakit hati kronis seperti hepatitis, fatty liver, atau cholestasis dapat menjurus pada necrosis (kematian) dari sel-sel hati. Jaringan parut terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan yang berhubungan dengan sel-sel hati yang mati, dan luka-luka parut yang berat dari hati dapat menjurus pada sirosis.

Contoh yang paling umum dari sirosis yang diinduksi obat adalah sirosis alkohol . Contoh-contoh dari obat-obat yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit hati kronis dan sirosis termasuk methotrexate (Rheumatrex), amiodarone (Cordarone), dan methyldopa (Aldomet).



Alat Steril Botol Susu Bayi