Blog Informasi Kesehatan anda dan Keluarga

Diet Paleo : Cara, Manfaat dan Resiko Menjalankan Diet Paleo

0

Diet Paleo merupakan jenis diet yang mengharuskan anda mengkonsumsi makanan-makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang hidup di zaman Paleolitik, yaitu sejarah manusia yang hidup sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, atau lebih singkatnya “zaman purba”. Diet jenis ini juga memiliki nama atau istilah lain seperti ‘diet zaman batu’ atau ‘diet manusia purba’. Apapun namanya, selama diet tersebut menguntungkan untuk kesehatan dan diduga cocok untuk anda, kenapa anda tidak mencobanya?

Seperti yang kita tahu bahwa manusia purba zaman dahulu tidak mengkonsumsi makanan cepat saji seperti halnya di zaman sekarang. Para pelaku diet Paleo seringkali memasukkan jenis makanan seperti kacang-kacang, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging, dan akar tanaman ke dalam menu harian mereka. Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang perlu anda hindari jika anda ingin mengikuti diet jenis ini.

Selama 30 tahun terakhir ini, diet paleo mendapatkan lebih banyak popularitas terutama karena asupan makanannya yang bisa diterima oleh masyarakat dunia modern dalam beberapa tahun terakhir ini. Menariknya, diet paleo ini bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek – meskipun banyak diantara pelakunya mulai ‘ketagihan’ dan menjalankannya dalam jangka waktu yang panjang, sama halnya seperti seorang vegetarian.

Cara Diet Paleo

Jika anda ingin memutuskan untuk memulai melakukan diet paleo, tentunya terdapat beberapa makanan yang bisa anda konsumsi setiap hari, serta beberapa makanan yang harus anda hindari sepenuhnya tanpa pengecualian – setidaknya sampai anda mencapai target waktu yang diinginkan.

Diet Paleo - Cara, Manfaat, dan Efek Samping

Adapun beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi diantaranya:

  • Daging dan ikan, termasuk daging sapi, daging ayam, salmon, kerang, dll.
  • Telur
  • Sayuran seperti kale, paprika, bawang merah, bawang putih, dan wortel selain digunakan sebagai cara menggugurkan kandungan dapat juga dijaddikan sebagai bahan alami untuk melakukan diat paleo.
  • Hampir semua buah-buahan (yang umum anda temukan di pasaran) bisa anda konsumsi.
  • Akar tanaman atau umbi-umbian seperti ubi jalar, lobak, dll.
  • Kacang-kacangan (nuts) dan biji-bijian.
  • Bumbu dan garam, selain minyak nabati sehat.

Adapun beberapa makanan yang harus anda hindari sepenuhnya adalah:

  • Makanan-makanan yang mengandung gula terproses, junk-food, kue manis, permen, es krim, soda, dll.
  • Produk yang terbuat dari gandum dan produk kacang-kacangan (legume).
  • Produk susu dan berbagai macam produk lainnya yang mengandung lemak trans, seperti margarin dan minyak terhidrogenasi.
  • Semua jenis pemanis buatan dan berbagai macam makanan yang telah diolah, diubah, atau diganti secara kimiawi.

Manfaat Menjalani Diet Paleo

Meskipun memang mengesalkan karena tidak bisa lagi mengkonsumsi beberapa makanan yang mungkin telah menjadi favorit anda sedari kecil, tetapi efek dari diet jenis ini tidak kalah menguntungkannya untuk anda. Seperti yang kita tahu bahwa tujuan diet memang untuk membuat tubuh kita terjauh dari penyakit, menurunkan berat badan, atau bahkan membuat tubuh anda menjadi sehat secara keseluruhan. Dan tentu saja, akan kami bahas secara lebih detail di bawah ini.

Kesehatan Mental

Kebanyakan makanan yang anda konsumsi berdasarkan diet paleo memiliki beberapa kandungan lemak dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda, dimana keduanya telah dikenal mampu meningkatkan kesehatan mental anda dengan mengatur keseimbangan hormon dan mencegah anda terkena penyakit neurodegeneratif.

Kesehatan Pencernaan

Sudah jelas terlihat bahwa diet jenis ini sangatlah tinggi akan asupan sayuran mentah dimana memiliki kadar serat yang sangat tinggi. Dengan begitu, makanan-makanan jenis ini bisa membantu meningkatkan dan memperbaiki kesehatan pencernaan anda dengan merangsang gerakan peristaltik serta mencegah gejala mengesalkan yang berhubungan dengan gangguan perut seperti konstipasi, perut kembung, perut kram, dan sakit perut.

Mencegah Atau Berkurangnya Alergi

Dengan menghilangkan beberapa makanan olahan yang mengandung banyak bahan aditif, pemanis buatan, dan perasa buatan, maka secara alami tubuh anda akan terhindar dari reaksi alergi berlebih sekaligus melatih sistem kekebalan tubuh anda agar kurang sensitif, sehingga mencegah terjadinya alergi.

Mendapatkan Tenaga Ekstra

Dengan mengkonsumsi makanan ‘bersih’ dan sehat melalui diet Paleo, banyak orang telah melaporkan bahwa mereka merasakan kadar tenaga mereka mulai membaik. Hal ini karena diet jenis ini membuat anda menghindari makanan yang mengandung karbohidrat berkualitas rendah, yang seringkali juga bisa membuat gula darah anda melonjak.

Mengurangi Berat Badan

Banyak orang menyalahkan artikan diet sebagai sebatas menurunkan berat badan saja, tetapi faktanya tidak demikian. Sebenarnya, menurunkan berat badan hanyalah satu dari banyaknya manfaat yang bisa anda petik. Dan hal ini memang benar! Dengan mengurangi asupan lemak dan pemanis buatan, anda akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap asupan kalori anda sehingga membantu menurunkan berat badan dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Mencegah Terkena Diabetes

Makanan terproses sangatlah tinggi akan pemanis buatan yang dapat dengan mudah meningkatkan resiko anda terkena diebetes karena berhubungan erat dengan masalah lonjakan gula darah anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, diet Paleo benar-benar melarang anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut demi hasil yang lebih baik.

Resiko Menjalankan Diet Paleo

Kekuatan yang besar datang dengan tanggung jawab yang besar – setidaknya begitulah yang mereka katakan. Begitupun dengan diet Paleo – selain bisa memberikan anda berbagai macam keuntungan, diet jenis ini juga bisa mendatangkan resiko terhadap beberapa orang yang dirasa kurang cocok. Bahkan diantaranya, efek negatif yang diberikan bisa sangatlah berbahaya jika dijalankan dalam jangka panjang.

Jika anda merasakan salah satu gejala parah seperti yang sudah disebutkan di bawah ini, maka merupakan hal yang sangat bijaksana jika anda mengurungkan atau menghentikan aktivitas diet anda tersebut. Atau untuk lebih aman, segera berkonsultasi dengan pakar diet di sekitar anda.

Diare

Peralihan ‘secara langsung’ dari makanan yang membuat anda sembelit, ke makanan yang bisa melancarkan pencernaan bisa memberikan efek sebaliknya untuk tubuh anda. Sebut saja sakit perut dan diare yang bisa menyerang beberapa orang yang memulai diet zaman batu yang satu ini.

Kelaparan

Dengan menghilangkan beberapa makanan terproses, maka bisa menyebabkan anda terkena kelaparan dan perasaan tidak nyaman di minggu-minggu pertama. Tetapi untuk masalah ini bisa ditangani dengan mudah jika anda telah terbiasa.

Bau Mulut

Saat anda menjalani diet Paleo, maka tubuh anda akan mulai membakar lebih banyak lemak daripada karbohidrat, dimana proses ini disebut dengan ketosis (proses ini juga seringkali berusaha dicapai oleh para pelaku diet ketogenik). Sayangnya, efek samping dari proses ini bisa menghasilkan aseton, yaitu senyawa yang bisa membuat nafas dan mulut anda memiliki aroma kurang sedap selama diet dan proses ketosis tengah berlangsung.

Hipotiroidisme

Mungkin ini efek samping yang paling berbahaya dari daftar yang telah disebutkan di atas. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, maka anda secara drastis akan mengubah komposisi metabolisme anda. Hal ini bisa menyebabkan perlambatan metabolisme, dan pengurangan fungsi hormonal termasuk jenis hormon yang dikendalikan oleh kelenjar tiroid anda. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bicaralah kepada pakar diet atau dokter di sekitar anda sebelum menjalani diet ini agar hipotiroidisme tidak terjadi pada diri anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.