(Mesin Pencari Google)





Cystic Fibrosis


Definisi Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis (CF) adalah penyakit yang diturunkan (diwariskan) dari kelenjar-kelenjar lendir dan keringat anda. Ia mempengaruhi kebanyakan paru-paru, pankreas, hati, usus-usus, sinus-sinus, dan organ-organ seksual anda.

Normalnya, lendir adalah encer/berair. Ia mempertahankan lapisan-lapisan dari organ-organ tertentu tetap lembab dan mencegah mereka mengering atau terinfeksi. Namun pada CF, gen yang abnormal menyebabkan lendir menjadi kental dan lengket.

Lendir terbentuk pada paru-paru anda dan menghalangi saluran-saluran udara. Ini membuat lebih mudah bakteri-bakteri untuk berkembang dan menjurus pada infeksi-infeksi paru berulangkali yang serius. Seiring dengan waktu, infeksi-infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada paru-paru anda.

Lendir yang kental dan lengket dapat juga menghalangi tabung-tabung, atau saluran-saluran pada pankreas anda. Sebagai akibatnya, enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas anda tidak dapat mencapai usus kecil anda. Enzim-enzim ini membantu menguraikan makanan yang anda makan. Tanpa mereka, usus-usus anda tidak dapat menyerap lemak-lemak dan protein-protein sepenuhnya.

Sebagai akibatnya:

  • Nutrisi-nutrisi meninggalkan tubuh anda tanpa dipergunakan, dan anda dapat menjadi kekurangan gizi.
  • Feces-feces anda menjadi sangat besar.
  • Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin-vitamin A, D, E, dan K .
  • Anda mungkin mempunyai gas dalam usus, perut yang membegkak, dan nyeri atau ketidaknyamanan.

Gen-gen yang abnormal juga menyebabkan keringat anda menjadi sangat asin. Sebagai akibatnya, ketika anda berkeringat, tubuh anda kehilangan jumlah-jumlah garam yang besar. Ini dapat mengganggu keseimbangan dari mineral-mineral dalam darah anda. Ketidakseimbangan mungkin menyebabkan anda mendapatkan kedaruratan panas (heat emergency).

CF dapat juga menyebabkan kemandulan (kebanyakan pada pria-pria).

Gejala-gejala dan keparahan dari CF bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang-orang dengan CF mempunyai persoalan-persoalan paru dan pencernaan yang serius. Orang-orang lain mempunyai penyakit yang lebih ringan yang tidak timbul hingga mereka menjadi anak-anak remaja atau kaum dewasa muda.

Kegagalan pernapasan adalah penyebab yang paling umum dari kematian pada orang-orang dengan CF.

Hingga tahun 1980s, kebanyakan kematian dari CF terjadi pada anak-anak dan kaum remaja. Sekarang, dengan perawatan-perawatan yang telah diperbaiki, orang-orang dengan CF hidup rata-rata lebih dari 35 tahun. Penelitian terus menerus mencari:

  • Perawatan-perawatan yang lebih baik
  • Kesembuhan


Alat Steril Botol Susu Bayi