(Mesin Pencari Google)





Colonoscopy


Definisi Colonoscopy

Colonoscopy adalah suat prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterologist) untuk mengevaluasi penampilan dalam dari kolon (usus besar). Ini dikerjakan dengan memasukkan sebuah tabung yang lentur (flexible) yang adalah kira-kira setebal suatu jari tangan kedalam dubur (anus), dan kemudian memajukannya secara perlahan, dibawah kontrol visual, kedalam rektum dan seluruh usus besar. Ia dilaksanakan dengan kontrol visual dari salah satu yaitu melihat melalui alat atau dengan melihat pada sebuah monitor TV.

Mengapa Colonoscopy dilakukan ?

Tes ini mungkin dilakukan untuk suatu keanekaragaman sebab-sebab. Paling sering ia dilakukan untuk menginvestigasi penemuan darah dalam feces (tinja), nyeri perut, diare, suatu perubahan pada kebiasaan-kebiasaan usus besar, atau suatu kelainan yang ditemukan pada x- ray atau suatu CT scan kolon (usus besar). Individu-individu tertentu dengan sejarah polip-polip atau kanker kolon sebelumnya dan individu-individu dengan sejarah keluarga dari penyakit-penyakit berbahaya tertentu atau persoalan-persoalan kolon mungkin dinasehati untuk mempunyai colonoscopy-colonoscopy periodik karena mereka berada pada risiko yang lebih besar dari polip-polip dan kanker kolon.

Persiapan usus yang diperlukan untuk Colonoscopy

Jika prosedurnya adalah sepenuhnya dan akurat, kolon (usus besar) harus dibersihkan sepenuhnya. Pasien-pasien diberikan instruksi-instruksi secara mendetil tentang prosedur pembersihan kolon. Pada umumnya ini terdiri dari suatu volume yang besar dari suatu larutan pembersih khusus atau diet cairan bersih dan laxative-laxative beberapa hari atau enema-enema sebelum pemeriksaan. Instruksi-instruksi ini harus dipatuhi atau prosedurnya mungkin tidak memuaskan dan harus diulang kemudian atau suatu alternatif yang kurang akurat dipilih sebagai gantinya.

Obat-obat atau Diet masa kini sebelum Colonoscopy

Kebanyakan obat-obat harus diteruskan seperti biasanya, namun beberapa mungkin mengganggu pemeriksaan. Adalah terbaik bahwa dokter diinformasikan tentang semua resep saat ini atau obat-obat bebas resep. Produk-produk aspirin, pengencer-pengencer darah (Coumadin, dan seterusnya), obat-obat arthritis, insulin, dan preparat-preparat besi adalah contoh-contoh dari obat-obat yang mungkin memerlukan instruksi-instruksi khusus. Dokter-dokter akan juga ingin sadar akan alergi-alergi pasien dan penyakit-penyakit utama apa saja. Pemeriksa harus disiagakan jika, pada waktu yang lalu, pasien-pasien telah memerlukan antibiotik-antibiotik sebelum prosedur-prosedur operasi atau yang berhubungan dengan gigi. Instruksi-instruksi mungkin juga diberikan untuk menghindari makanan-makanan tertentu untuk beberapa hari sebelum prosedur, seperti makanan-makanan berserabut, makanan-makanan dengan biji-bijian, atau makanan agar-agar merah.

Yang diharapkan selama Colonoscopy

Sebelum prosedur suatu IV dimulai dan pasien diberikan suatu monitor untuk memonitor terus menerus jantung, tekanan darah, dan oksigen dalam darah. Obat sering diberikan melalui vena untuk membuat pasien tertidur dan relax. Jika diperlukan, pasien mungkin menerima dosis-dosis tambahan selama prosedur. Colonoscopy seringkali memberikan suatu perasaan dari tekanan, kejang, dan kembung, bagaimanapun, dengan bantuan obat umumnya dapat ditolerir dengan baik dan jarang menyebabkan nyeri signifikan apa saja.

Pasien-pasien akan berbaring pada sisi kiri mereka atau punggung ketika alatnya dimajukan secara perlahan. Sekali ujung dari kolon (usus besar), atau bagian akhir dari usus kecil, dicapai colonoscope ditarik secara perlahan dan lapisan diperiksa lagi secara hati-hati. Prosedur biasanya memakan waktu 15 sampai 60 menit. Jika seluruh kolon, untuk beberapa sebab, tidak dapat divisualisasi (dilihat), dokter mungkin memutuskan untuk mencobanya di kemudian hari dengan suatu persiapan usus yang lebih baik atau mungkin memutuskan untuk memerintahkan suatu x-ray dari kolon.



Alat Steril Botol Susu Bayi