(Mesin Pencari Google)





Radang Borok Usus Besar

(Ulcerative Colitis)



Definisi Radang Borok Usus Besar

Radang borok usus besar adalah suatu peradangan kronis dari usus besar (colon). Colon adalah bagian dari sistim pencernaan dimana sisa-sisa materi disimpan. Rektum adalah ujung (akhir) dari colon yang berbatasan pada dubur (anus). Pada pasien-pasien dengan radang borok usus besar, borok-borok dan peradangan dari lapisan dalam usus besar menjurus pada gejala-gejala dari sakit perut, diare, dan perdarahan rektum.

Radang borok usus besar berkaitan dekat dengan kondisi yang lain dari peradangan usus-usus yang disebut penyakit Crohn (Crohn's disease). Bersama-sama, mereka seringkali dirujuk sebagai penyakit peradangan usus [inflammatory bowel disease (IBD)]. Radang borok usus besar dan penyakit Crohn adalah kondisi-kondisi kronis yang dapat berlangsung bertahun-tahun sampai berdekade-dekade. Mereka mempengaruhi hampir 500,000 sampai 2 juta orang-orang di Amerika. Pria-pria dan wanita-wanita sama-sama dipengaruhinya. Mereka paling umum memulai selama masa remaja dan awal kedewasaan, namun mereka juga dapat mulai selama masa kanak-kanak dan kemudian dalam hidupnya.

Ia ditemukan diseluruh dunia, namun paling umum di Amerika, Inggris, dan Eropa Utara. Adalah terutama paling umum pada orang-orang keturunan Yahudi. Radang borok usus besar jarang terlihat di Eropa Timur, Asia, dan Amerika Selatan, dan jarang pada populasi orang hitam. Unutk sebab-sebab yang tidak diketahui, suatu peningkatan frekwensi dari kondisi ini akhir-akhir ini telah diamati pada negara-negara berkembang.

Penyebab-Penyebab Radang Borok Usus Besar

Penyebab-penyebab dari radang borok usus besar dan penyakit Crohn tidak diketahui. Sampai sekarang, belum ada bukti-bukti yang meyakinkan bahwa dua penyaki-penyakit ini disebabkan oleh infeksi. Kedua-duanya penyakit adalah tidak menular.

Radang borok usus besar dan penyakit Crohn disebabkan oleh aktivitas yang abnormal dari sistim imun didalam usus-usus. Sistim imun terdiri dari sel-sel imun dan protein-protein yang dihasilkan oleh sel-sel ini. Sel-sel dan protein-protein ini melayani untuk mempertahankan tubuh melawan bakteri-bakteri, virus-virus, jamur-jamur, dan penyerang-penyerang asing lainnya yang berbahaya. Pengaktifan sistim imun menyebabkan peradangan dalam jaringan dimana pengaktifan terjadi. Peradangan sebenarnya adalah suatu mekanisme pertahanan yang penting yang digunakan oleh sistim imun. Secara normal, sistim imun hanya diaktifkan ketika tubuh dipaparkan pada penyerang-penyerang yang berbahaya. Pada pasien-pasien dengan penyakit Crohn dan radang borok usus besar, bagaimanapun, sistim imun diaktifkan secara abnormal dan kronis pada ketidakhadiran dari penyerang apa saja yang diketahui. Pengaktifan abnormal yang terus menerus dari sistim imun menyebabkan peradangan dan pemborokan kronis. Kepekaan terhadap pengaktifan abnormal dari sistim imun diturunkan secara genetik. Saudara-saudara tingkat satu (kakak-kakak baik laki maupun wanita, anak-anak, dan orangtua-orangtua) dari pasien-pasien dengan IBD jadi adalah lebih mungkin mengembangkan penyakit-penyakit ini.



Alat Steril Botol Susu Bayi