(Mesin Pencari Google)





Nyeri Dada

(Chest Pain)



Pericarditis

Jantung terisi didalam kantong yang disebut pericardium. Sama seperti pada pleurisy, kantong ini dapat menjadi meradang dan menyebabkan nyeri. Berlawanan dengan angina, nyeri ini cenderung tajam dan disebabkan oleh kantong yang meradang bergesekan dengan lapisan-lapisan luar dari jantung.

Penyebab yang paling umum dari pericarditis adalah penyakit virus atau tidak diketahui (idiopathic). Penyakit-penyakit peradangan dari tubuh (rheumatoid arthritis, systemic lupus erythematosus), gagal ginjal, dan kanker adalah kondisi-kondisi lain yang dapat menyebabkan pericarditis. Trauma, terutama dari luka-luka roda setir mobil pada kecelakaan-kecelakaan kendaraan dapat menyebabkan pericarditis.

Nyeri dengan pericarditis adalah kuat, tajam, cenderung memburuk ketika berbaring, dan hilang dengan menyandar maju kedepan. Karena nyerinya dapat menjadi begitu parah, menyebar ke langan atau leher, dan menyebabkan beberapa sesak napas, ia adakalanya disalah artikan sebagai angina, pulmonary embolus, atau aortic dissection. Gejala-gejala yang berhubungan termasuk demam dan malaise (rasa tidak enak badan).

Sejarah bermanfaat dalam membuat diagnosis, mencari penyakit virus baru-baru ini dan menanyakan tentang sejarah medis masa lalu. Pemeriksaan fisik mungkin mengungkap pergesekan ketika mendengarkan suara-suara jantung.

Electrocardiogram mungkin menunjukan perubahan-perubahan konsisten dengan pericarditis, namun adakalanya, EKG mungkin meniru serangan jantung akut. Echocardiogram bermanfaat jika ada cairan dalam kantong pericardial yang behubungan dengan peradangan.

Obat anti peradangan seperti ibuprofen adalah perawatan untuk pericarditis. Menunjukan penyebab yang mendasarinya akan juga mengarahkan terapi.

Cardiac tamponade adalah komplikasi dari pericarditis. Tekanan dari penumpukan cairan yang berlebihan dalam kantong pericardial adalah begitu besar sehingga ia mencegah darah untuk kembali ke jantung. Diagnosis dibuat secara klinis dengan tiga serangkai dari (Beck's triad):

Perawatan adalah menempatkan jarum kedalam pericardium untuk menarik keluar cairan dan/atau operasi untuk membuka jendela dalam pericardium untuk mencegah penumpukan cairan dimasa depan.



Alat Steril Botol Susu Bayi