(Mesin Pencari Google)





Kanker Leher Rahim

(Cervical Cancer)



Perawatan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Peningkatan

Jika biopsi menunjukan bahwa anda mempunyai kanker, dokter anda akan melakukan pemeriksaan pelvic yang seksama dan mungkin mengangkat jaringan tambahan untuk mempelajari luasnya (tingkat) penyakit anda. Tingkat memberitahukan apakah tumor telah menyerang jaringan-jaringan yang berdekatan, apakah kanker telah menyebar dan, jika ya, ke bagian-bagian tubuh yang mana.

Ini adalah tingkat-tingkat dari kanker leher rahim:

  • Tingkat 0: Kanker hanya ditemukan pada lapisan atas dari sel-sel pada jaringan yang melapisi leher rahim. Tingkat 0 juga disebut carcinoma in situ.
  • Tingkat I: Kanker telah menyerang leher rahim dibawah lapisan atas dari sel-sel. Itu ditemukan hanya di leher rahim.
  • Tingkat II: Kanker meluas melewati leher rahim kedalam jaringan-jaringan berdekatan. Ia meluas ke bagian atas dari vagina. Kanker tidak menyerang ke bagian ketiga yang lebih rendah dari vagina atau dinding pelvic (lapisan dari bagian tubuh antara pinggul).
  • Tingkat III: Kanker meluas ke bagian bawah dari vagina. Ia juga mungkin telah menyebar ke dinding pelvic dan simpul-simpul getah bening yang berdekatan.
  • Tingkat IV: Kanker telah menyebar ke kandung kemih, rektum, atau bagian-bagian lain tubuh.
  • Terjadinya kembali kanker: Kanker telah dirawat, namun telah kembali setelah periode waktu yang selama waktu ini tidak dapat terdeteksi. Kanker mungkin timbul kembali pada leher rahim atau pada bagian-bagian lain tubuh.

Untuk mempelajari luasnya penyakit dan menyarankan jalan perawatan, dokter mungkin meminta beberapa dari tes-tes berikut:

  • X-rays dada: X-rays seringkali dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar ke paru-paru.
  • CT scan: Mesin x-ray yang dihubungkan ke sebuah komputer mengambil rentetan dari gambar-gambar yang mendetil (terperinci) dari organ-organ anda. Anda munkin menerima materi kontras melalui suntikan dilengan atau tangan anda, melalui mulut, atau dengan enema. Beberapa orang alergi terhadap materi-materi kontras yang mengandung iodine. Beritahu dokter atau suster jika anda mempunayi alergi. Materi kontras membuat area-area abnormal lebih mudah untuk dilihat. Tumor di hati, paru-paru, atau dimana saja didalam tubuh dapt terlihat pada CT scan.
  • MRI: Magnet yang kuat yang dihubungkan ke sebuah komputer digunakan untuk membuat gambar-gambar yang mendetil dari pelvis dan perut anda. Dokter dapat melihat gambar-gambar ini pada sebuah monitor dan dapat mencetak mereka pada film. MRI dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar. Kadangkala materi kontras membuat area-area abnormal timbul lebih jelas pada gambar.
  • Ultrasound: Alat ultrasound diletakkan pada perut atau dimasukkan kedalam vagina. Alat mengirim gelombang-gelombang suara yang tidak dapat didengar manusia. Gelombang-gelombang memantul pada leher rahim dan jaringan-jaringan berdekatan, dan sebuah komputer menggunakan gema-gema (echoes) menciptakan gambar. Tumor-tumor dapat menghasilkan gema-gema yang berbeda dari gema-gema yang dibuat oleh jaringan-jaringan yang sehat. Gambar dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar.

Perawatan

Banyak wamita-wanita dengan kanker leher rahim ingin mengambil bagian yang aktif dalam membuat keputusan-keputusan tentang perawatan medik mereka. Adalah alami berkeinginan untuk belajar semua yang anda bisa tentang penyakit anda dan pilihan-pilihan perawatan anda. Bagaimanapun, shock dan stres setelah diagnosis dapat membuatnya menjadi susah untuk memikirkan segalanya yang anda ingin tanyakan pada dokter. Adalah seringkali bermanfaat untuk membuat daftar pertanyaan-pertanyaan sebelum janji temu.

Untuk membantu mengingat apa yang dikatakan dokter, anda mungkin membuat catatan atau bertanya apakah anda dapat menggunakan suatu alat perekam (tape recorder). Anda juga mungkin ingin mempunyai seorang anggota keluarga atau teman dengan anda ketika anda berbicara dengan dokter mengambil bagian dalam diskusi, membuat catatan-catatan, atau hanya mendengarkan.

Anda tidak perlu bertanya semua pertanyaan-pertanyaan anda seketika. Anda akan mempunyai kesempatan-kesempatan lain meminta dokter anda untuk menjelaskan hal-hal yang tidak jelas dan untuk bertanya lebih banyak informasi-informasi.

Dokter anda mungkin merujuk anda pada seorang spesialis, atau anda dapat bertanya referensi. Ahli-ahli kandungan (Gynecologists), ahli-ahli kanker kandungan (gynecologic oncologists), ahli-ahli pengobatan kanker (medical oncologists), dan ahli-ahli radiasi kanker (radiation oncologists) adalah spesialis-spesialis yang merawat kanker leher rahim.

Mendapatkan suatu pendapat/pikiran kedua

Sebelum memulai perawatan, anda mungkin ingin pendapat (opini) kedua tentang diagnosis dan rencana perawatan. Banyak perusahaan-perusahaan asuransi menempuh pendapat kedua jika anda atau dokter anda memintanya. Itu dapat memakan beberapa waktu dan usaha untuk mengumpulkan catatan mengenai kesehatan (medical records) dan mengatur untuk menemui dokter lain. Biasanya itu bukanlah persoalan yang memakan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan pendapat kedua. Pada kebanyakan kasus-kasus, penundaan dalam memulai perawatan tidak akan membuat perawatan berkurang efektif. Untuk memastikannya, anda harus diskusi penundaan ini dengan dokter anda. Beberapa wanita-wanita dengan kanker leher rahim memerlukan perawatan yang segera.

Ada sejumlah cara-cara untuk menemukan dokter untuk pendapat kedua:

  • Dokter anda mugkin merujuk anda pada satu atau lebih spesialis-spesialis. Pada pusat-pusat kanker, beberapa spesialis-spesialis seringkali bekerja sama sebagai suatu regu (team).
  • NCI's Cancer Information Service, at 1-800-4-CANCER, dapat memberitahu anda tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.
  • The American Board of Medical Specialties (ABMS) mempunyai dafter dari dokter-dokter yang telah mendapatkan latihan dan telah lulus ujian dalam spesialisasinya. Anda dapat mencari dokter-dokter ini pada http://www.abms.org. (Click on "Who's Certified.")

Persiapan untuk perawatan

Pilihan perawatan tergantung terutama dari ukuran tumor dan apakah kanker telah menyebar. Jika seorang wanita berada pada umur-umur mengandung anak, pilihan perawatan mungkin juga tergantung pada apakah ia ingin hamil suatu ketika.

Dokter anda dapat menguraikan pilihan-pilhan perawatan anda dan hasil-hasil yang diharapkan dari setiap pilihan. Anda dan dokter anda dapat bekerja sama untuk mengembangkan rencana perawatan yang memenuhi keperluan-keperluan medik anda dan nilai-nilai pribadi anda.

Metode-metode perawatan

Wanita-wanita dengan kanker leher rahim dapat dirawat dengan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi radiasi dan kemoterapi, atau kombinasi dari metode ketiga-tiganya.

Pada tingakat manapun dari penyakit, wanita-wanita dengan kanker leher rahim dapat mempunyai perawatan untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lainnya, untuk menghilangkan efek-efek sampingan terapi, dan untuk meringankan persoalan-persoalan emosi dan praktis. Perawatan semacam ini disebut perawatan yang menunjang (supportive care), pengendalian gejala (symptom management), atau perawatan yang meredakan (palliative care).

Anda mungkin ingin bicara pada dokter anda tentang ambil bagian dalam percobaan klinik, studi penelitian dari metode-metode perawatan yang baru.

Operasi

Operasi merawat kanker pada leher rahim dan area yang berdekatan dengan tumor.

Kebanyakan wanita-wanita dengan kanker leher rahim awal mempunyai operasi untuk mengangkat leher rahim (cervix) dan kandungan (uterus) yaitu total hysterectomy. Bagaimanapun, untuk setiap kanker leher rahim dini (tingkat 0), hysterectomy mungkin tidak diperlukan. Cara-cara lain untuk mengangkat jaringan yang bersifat kanker termasuk conization, cryosurgery, operasi laser, atau LEEP.

Beberapa wanita-wanita memerlukan hysterectomy yang radikal. Hysterectomy yang radikal adalah operasi pengangkatan kandungan (uterus), leher rahim (cervix), dan bagian dari vagina.

Dengan salah satu dari hysterectomy total atau radikal, ahli bedah mungkin mengangkat kedua tabung-tabung fallopian dan indung-indung telur (ovaries). Prosedur ini adalah salpingo-oophorectomy.

Ahli bedah mungkin juga mengangkat simpul-simpul getah bening dekat tumor untuk melihat apakah mereka mengandung kanker. Jika sel-sel kanker telah mencapai simpul-simpul getah bening, itu berarti penyakit telah menyebar pada bagian-bagian lain tubuh.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi (juga disebut radiotherapy) menggunakan sinar-sinar yang tinggi energinya untuk membunuh sel-sel kanker. Ia mempengaruhi sel-sel hanya di area-area yang dirawat.

Wanita-wanita mendapat hanya terapi radiasi, dengan kemoterapi, atau dengan kemoterapi dan operasi. Dokter mungkin menyarankan terapi radiasi sebagai ganti dari operasi untuk jumlah yang kecil dari wanita-wanita yang tidak bisa mendapat operasi karean sebab-sebab medis. Kebanyakan wanita-wanita dengan kanker yang meluas melalui leher rahim mendapat terapi radiasi dan kemoterapi. Untuk kanker yang telah menyebar pada organ-organ yang jauh, hanya terapi radiasi sendiri mungkin digunakan.

Dokter-dokter menggunakan dua tipe dari terapi radiasi untuk merawat kanker leher rahim. Beberapa wanita-wanita menerima kedua-dua tipe:

  • External radiation: Radiasi datang dari sebuah mesin besar diluar tubuh. Wanita biasanya mendapat perawatan sebagai seorang pasien luar dalam sebuah rumah sakit atau klinik. Ia menerima external radiation 5 hari setiap minggu untuk beberapa minggu.
  • Internal radiation (intracavitary radiation): Tabung-tabung tipis (juga disebut implants) mengandung unsur radioaktif ditinggalkan di vagina untuk beberapa jam atau sampai 3 hari. Wanita itu dapat tinggal di rumah sakit selama waktu itu. Untuk melindungi yang lain-lainnya dari radiasi, wanita itu tidak boleh menerima tamu-tamu atau dapat menerima tamu-tamu hanya untuk periode waktu yang singkat ketika tabung-tabungnya berada ditempat. Sekali tabung-tabungnya diangkat, tidak ada radioaktif yang tertinggal didalam tubuhnya. Internal radiation dapat diulang dua kali atau lebih melalui beberapa minggu.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obat anti kanker untuk membunuh sel-sel kanker. Ia disebut terapi sistemik (systemic therapy) kerena obat-obat masuk kedalam aliran darah dan dapat mempengaruhi sel-sel diseluruh tubuh. Untuk perawatan kanker leher rahim, kemoterapi biasanya digabungkan dengan terapi radiasi. Untuk kanker yang telah menyebar pada organ-organ yang jauh, hanya kemoterapi sendiri mungkin digunakan.

Obat-obat anti kanker untuk kanker leher rahim biasanya diberikan melalui pembuluh darah. Wanita-wanita biasanya menerima perawatan pada bagian pasien luar dari rumah sakit, di ruang praktek dokter, atau dirumah. Jarang seorang wanita tinggal dirumah sakit selama perawatan.



Alat Steril Botol Susu Bayi