(Mesin Pencari Google)





Cervical Dysplasia



Mengklasifikasi Cervical Dysplasia

Cytologic analysis (tes-tes screening)

Analisa Pap smear dan laporan-laporan semuanya berdasarkan pada sistim terminologi medis yang disebut Bethesda System yang dikembangkan di National Institutes of Health (NIH) di Bethesda, Maryland pada tahun 1988 dan dimodofikasi pada tahun 2001. Kategori-kategori utama untuk Pap smears yang abnormal yang dilaporkan pada sistim Bethesda adalah sebagai berikut:

  1. ASC-US: Singkatan ini berdiri untuk atypical squamous cells of undetermined significance. Kata "squamous" menggambarkan sel-sel yang tipis dan rata yang terletak pada permukaan dari cervix. Satu dari dua pilihan-pilihan ditambahkan pada akhir dari ASC: ASC-US, yang berarti undetermined significance, atau ASC-H, yang berarti tidak dapat meniadakan HSIL (lihat bawah).
  2. LSIL: Singkatan ini berdiri untuk low-grade squamous intraepithelial lesion. Ini berarti perubahan-perubahan karakteristik dari dysplasia ringan diamati pada sel-sel cervical.
  3. HSIL: Singkatan ini berdiri untuk high-grade squamous intraepithelial lesion. Dan merujuk pada fakta bahwa sel-sel dengan derajat yang parah dari dysplasia terlihat.

Histologic analysis (biopsi-biopsi cervical)

Ketika perubahan-perubahan prakanker terlihat pada biopsi-biopsi jaringan dari cervix, istilah cervical intraepithelial neoplasia (CIN) digunakan. "Intraepithelial" merujuk pada fakta bahwa sel-sel abnormal hadir didalam jaringan lapisan, atau epithelial dari cervix. "Neoplasia" merujuk pada pertumbuhan abnormal dari sel-sel.

CIN dikelompokan menurut luasnya pada mana sel-sel abnormal, atau dysplastic, terlihat pada jaringan pelapis cervix:

  • CIN 1 merujuk pada kehadiran dari dysplasia yang dibatasi pada dasar ketiga dari lapisan cervix, atau epithelium (dahulu disebut dysplasia ringan). Ini dipertimbangkan sebagai low-grade lesion (luka derajat rendah).
  • CIN 2 dipertimbangkan sebagai luka derajat tinggi (high-grade lesion). Ia merujuk pada perubahan-perubahan sel dysplastic yang dibatasi pada dasar duapertiga dari jaringan pelapis (dahulu disebut dysplasia sedang atau moderat).
  • CIN 3 juga adalah luka derajat tinggi (high grade lesion). Ia merujuk pada perubahan-perubahan prakanker pada sel-sel yang mencakup lebih besar dari duapertiga dari ketebalan pelapis cervix, termasuk luka-luka ketebalan penuh yang dahulunya dirujuk sebagai dysplasia dan carcinoma yang parah ditempat asal.


Alat Steril Botol Susu Bayi