Blog Informasi Kesehatan anda dan Keluarga

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

0

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita – Sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh kita, ternyata menjaga kesehatan alat reproduksi juga sangat diperlukan. Kesehatan memang salah satu elemen penting yang menunjang kehidupan. Dengan kesehatan semua aktivitas yang perlu dilakukan dapat dilakukan secara maksimal. Dan demikian sebaliknya tanpa kesehatan dijamin tak akan ada sesuatupun yang bisa dilakukan.

Dalam hal apa saja kesehatan memang menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Tak hanya soal kesehatan tubuh saja melainkan kesehatan reproduksi wanita juga sama halnya penting diperhatikan supaya reproduksi sehat dan semua aktivitas bisa berjalan sesuai rencana. Dengan selalu menjaga kesehatan reproduksi wanita yang sehat tentu saja hubungan intim bersama pasangan juga akan lebih harmonis. Organ reproduksi yang sehat juga salah satu penentu kualitas keturunan yang dihasilkan.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi wanita, disini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda tentang apa saja cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang perlu dilakukan diantaranya :

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

  • Jika Anda sedang buang air besar atau mungkin sedang buang air kecil ada baiknya jika Anda basuh dengan air untuk membersihkannya. Air bersih tentunya. Gunakan air yang mengalir karena akan sangat aman untuk organ kewanitaan Anda. Hal ini akan menjaga kesehatan alat reproduksi kalian dari berbagai virus penyakit.
  • Ketika Anda sedang mengalami masa menstruasi rasanya itu seperti cara menggugurkan kandungan yang cukup membuat kalian merasa tidak nyaman di bagian perut bawah, sangat dianjurkan atas Anda untuk menjaga kebersihan organ intim secara penuh. Salah satu caranya adalah Anda jaga kebersihan dengan selalu mengganti pembalut minimal dua sampai dengan tiga kali dalam sehari.
  • Anda upayakan dapat menghindari untuk memasukkan jari tangan ke dalam organ kewanitaan karena hal ini akan dapat mematikan bakteri yang punya manfaat bagi organ kewanitaan. Selain itu akibat kalau Anda memasukkan jari atau doutching dapat menimbulkan infeksi pada vagina.
  • Upayakan untuk Anda hindari menggunakan sabun tanpa rekomendasi dokter karena hal ini dapat menimbulkan masalah iritasi bahkan dapat menyebabkan organ kewanitaan menjadi kering.
  • Jika memang Anda melakukan hubungan suami istri ada baiknya untuk Anda biasakan diri membersihkan organ kewanitaan setelahnya. Dengan Anda bersihkan organ kewanitaan Anda kurang lebih sekitar setengah jam setelah melakukan hubungan suami istri. Hal ini dapat membantu untuk menghindari diri Anda dari infeksi kandung kemih.
  • Waspada ketika terjadi keputihan merupakan suatu keharusan. Keputihan ini merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap wanita akan tetapi hal ini juga akan menjadi sesuatu yang berbahaya jika memiliki syarat sebagai keputihan patologis pada wanita. Ketika terjadi keputihan ada baiknya untuk Anda langsung atasi dengan membersihkan area kewanitaan dan gunakan panty liner yang tepat. Kalau keputihan yang terjadi secara berkelanjutan ada baiknya Anda konsultasikan kepada dokter.

Itulah sedikit informasi yang kali ini dapat kami berikan untuk Anda tentang Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita. Terapkan dan jaga selalu kesehatan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.